Tempat Bersejarah Di Indonesia
Tempat Bersejarah Di Indonesia

Tempat Bersejarah Di Indonesia Yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Tempat Bersejarah Di Indonesia – hai sobat jempoltangan.com. kalian tahu tempat bersejarah yang ada di Indonesia?. Bagi kalian yang belum mengetahui tempat yang sangat bersejarah di Indonesia, kalian tidak perlu khawatir lagi. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi kepada kalian tentang tempat bersejarah di Indonesia. Yuk! Simak lebih lanjut.

Di Indonesia banyak sekali tempat yang sangat bersejarah, dan tempat yang sangat bersejarah tersebut menjadi tempat wisata yang sangat terkenal, karena banyak sekali wisatawan internasional maupun wisatawan local yang tertarik perhatiannya untuk mendatangi tempat bersejarah tersebut. Mereka tidak hanya untuk mendatangi tempat bersejarah saja tetapi mereka juga mempelajari latar belakang dari tempat bersejarah tersebut.

Beberapa Tempat Bersejarah Di Indonesia

  1. Candi Borobudur

Tempat Bersejarah Di Indonesia
Tempat Bersejarah Di Indonesia

Candi Borobudur ini terletak di Magelang, jawa tengah. Candi Borobudur adalah peninggalan dari masyarakat yang beragama budha. Tempat candi Borobudur ini terletak kurang lebih 100 kilometer di sebelah barat daya kota semarang, 86 kilometer di sebelah barat kota Surakarta, dan juga 40 kilometer di sebelah barat laut kota Yogyakarta.

Candi Borobudur ini memiliki bentuk seperti stupa ini di bangun oleh masyarakat yang menganut agama budha Mahayana, candi ini di bangun sekitar tahun 800 masehi pada saat masa pemerintahan wangsa syailendra. Candi Borobudur ini adalah candi budha dan juga monumen yang terbesar di dunia. Dalam pembuatannya belum juga ditemukan bukti yang sangat jelas tentang siapakah yang membangun candi ini dan apa tujuannya membangun candi ini.

Tempat Bersejarah Di Indonesia
Tempat Bersejarah Di Indonesia

Waktu ketika membangun candi borobudur ini dapat diperkirakan dengan perbandingan yaitu antara jenis aksara yang di tulis di kaki tertutup karmawibhangga. Jenis aksara ini pernah digunakan pada prasasti kerajaan pada abad ke 8 dan ke 9.  Dengan aksara tersebut, maka candi Borobudur dapat diperkirakan di buat sekitar tahun 800 masehi.

Dalam kurun waktu tersebut sesuai dengan kurun antara 760 masehi dan 830 masehi, dimana tahun tersebut merupakan masa puncaknya kejayaan wangsa syailendra di jawa tengah. Untuk membangun candi Borobudur diperkirakan membutuhkan waktu 75 tahun sampai 100 tahun, dan candi tersebut benar-benar selesai pada masa pemerintahan raja yang bernama samaratungga pada tahun 825.

Candi Borobudur ini dibuat dengan menggunakan bahan yang paling utama yaitu balok yang terbuat dari abu vulkanik dari gunung merapi yang telah dibekukan.balok yang sudah dibekukan tersebut kemudian di susun dengan membentuk lebih dari 500 arca, candi Borobudur ini dibuat tanpa menggunakan semen sama sekali. Candi Borobudur juga dipenuhi oleh pahatan relief yang mana pahatan tersebut menceritakan tentang perjalanan hidup sang budha.

  1. Candi Prambanan

Tempat Bersejarah Di Indonesia
Tempat Bersejarah Di Indonesia

Candi prambanan atau juga bisa disebut sebagai candi loro jongrang adalah candi hindu yang terbesar dan termegah di Indonesia. Candi prambanan ini di bangun pada abad ke 9 masehi. Candi ini dibuat untuk di persembahkan untuk tiga dewa yang paling utama di agama hindu, yaitu dewa siwa, dewa wisnu, dan juga dewa brahma.

Tetapi menurut prasasti siwagrha nama asli dari candi prambanan yaitu adalah siwagrha yang mana artinya adalah rumah siwa, dan memang ruang yang utama pada candi ini bersemayam patung arca siwa mahadewa yang memiliki tinggi 3 meter, dengan ini menunjukan bahwa candi ini mengutamakan dewa siwa.

Saat membangun candi hindu ini dimulai oleh rakai pikatan. Candi ini dibuat untuk tandingan candi Borobudur dan juga candi sewu, candi sewu ini terletak tidak jauh dengan candi prambanan. Sejarawan lama mengatakan bahwa pembangunan candi prambanan ini sebagai tanda kembalinya kekuasaan dari keluarga sanjaya, hal ini termasuk teori wangsa kembar yang memiliki keyakinan yang berbeda dan mereka saling bersaing.

Tempat Bersejarah Di Indonesia
Tempat Bersejarah Di Indonesia

Wangsa sailendra adalah orang yang menganut agama budha sedangkan wangsa sanjaya adalah orang yang menganut agama hindu. Candi prambanan pertama kalinya dibangun pada tahun 825 masehi oleh rakai pikatan dan kemudian diselesaikan oleh raja lokapala dan juga raja balitung maha sambu.

Dengan berdasarkan peninggalan siwagrha berangka tahun 856 masehi, di dalam prasasti itu tertulis bahwa pembangunan candi ini berlangsung, dikerjakan juga pekerjaan yang umum perubahan tata air untuk memindah aliran sungai yang berada dekat dengan candi tersebut. Sungai yang dimaksud prasasti itu adalah sungai opak yang mana sungai tersebut mengalir dari arah utara menuju arah selatan sepanjang sisi barat candi prambanan. Candi prambanan ini juga mempunyai cerita rakyat yang sangat erat dengannya, yaitu serita roro jonggrang.

  1. Lawang Sewu

Tempat Bersejarah Di Indonesia
Tempat Bersejarah Di Indonesia

Lawang sewu adalah salah satu gedung yang sangat bersejarah di Indonesia. Lawang sewu ini terletak di kota semarang, jawa tengah. Lawang sewu ini dahulunya adalah kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau bisa disebut NIS. Kantor ini dibangun pada tahun 1904 dan kantor ini selesai dibangun pada tahun 1907. Lawang sewu ini terletak di bundaran tugu muda.

  1. Taman Sari

Tempat Bersejarah Di Indonesia
Tempat Bersejarah Di Indonesia

Taman sari merupakan tempat bekas kebun atau taman istana keratin ngayogyakarta hadiningrat. Taman sari ini dibuat pada zaman kerajaan yang di pimpin oleh raja yang bernama sultan hamengku buwono I pada tahun 1758 sampai 1765. Taman sari ini dulunya memiliki luas lebih dari 10 hektar, sekitar 57 bangunan tua contohnya seperti kolam pemandian, jembatan gantung, gedung, pulau buatan, danau buatan, lorong bawah air dan juga kanal air.

Taman sari ini dahulunya membentang dari barat kedharon sampai tenggara magangan. Namun saat ini taman sari hanya berada di barat daya kedhaton saja. Konon, taman sari ini dibuat di peninggalan keratin lama. Yang dibangun oleh susuhanan paku buwono II sebagai tempat untuk beristirahat kereta kuda yang akan pergi menuju imogiri.

Tempat Bersejarah Di Indonesia
Tempat Bersejarah Di Indonesia

Semua biaya untuk membangun bangunan ini di tanggung oleh tumenggung prawirosentiko dan juga seluruh rakyatnya. Saat di tengah pembangunan bangunan ini kemudian diambil alih oleh pangeran notokusumo. Walaupun bangunan atau taman sari ini resmi dipakai sebagai kebun di kerajaan, namun ada beberapa bangunan yang menjadikan taman sari ini juga bisa digunakan sebagai benteng pertahanan yang terakhir jika istana keraton diserang oleh musuh.

Demikian artikel saya tentang Tempat Bersejarah Di Indonesia. Masih banyak lagi tempat yang bersejarah yang kita miliki. Terima kasih sudah membaca artikel Tempat Bersejarah Yang Ada Di Indonesia sampai selesai. Semoga artikel ini menjadi bermanfaat bagi anda yang ingin liburan ke tempat sejarah yang ada di Indonesia.