Manfaat Berolahraga
Manfaat Berolahraga

Taukah Kamu? Apa Saja Manfaat Berolahraga?

Posted on

Apakah anda merasa kurang semangat atau lemas dan juga kurang bergairah? Ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh kegiatan kerja anda yang tidak melakukan banyak gerakan atau hanya duduk di tempat kerja anda. Namun anda tak perlu khawatir, dengan anda melakukan banyak olahraga maka tubuh anda akan menjadi lebih bersemangat dan bergairah kembali.

Tak perlu membayar dengan mahal, anda bisa mendapatkan obat yang ajaib hanya dengan melakukan olahraga secara rutin. Dalam berolahraga tidak ada batasan umur, sehingga berapa pun usia anda sekarang anda bisa membuat tubuh anda menjadi lebih sehat. Tidak ada kata terlambat untuk berubah menjadi sehat, ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa dengan anda melakukan aktivitas fisik akan bisa membuat diri anda menjadi lebih sehat dan juga bahagia. Telah ditemukan baru-baru ini, ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa orang yang hidupnya tidak aktif akan lebih berbahaya untuk kesehatan daripada obesitas.

Manfaat Olahraga dari Sisi Kesehatan

Manfaat olahraga bagi kesehatan
Manfaat olahraga bagi kesehatan

Aktivitas fisik atau olahraga pada saat masih kurang mendapat perhatian. Padahal aktifitas fisik atau olahraga ini dapat mengurangi risiko berbagai penyakit yang berbahaya. Manfaat yang bisa anda dapatkan dengan melakukan aktifitas fisik tersebut yaitu antara lain:

  • Mencegah penyakit jantung dan stroke. Dengan anda melakukan aktifitas fisik atau olahraga secara rutin dapat membantu diri anda mencegah penyakit jantung dan stroke. Karena aktivitas fisik tersebut dapat meningkatkan tingkat kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL), menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah dan serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.

Baca Juga: Berbagai Macam Olahraga Lari dan Manfaatnya

  • Mengendalikan diabetes. Selain dapat mencegah penyakit jantung dan stroke dengan olahraga juga dapat membantu anda mengurangi lemak tubuh. Dengan ini olahraga juga dapat mencegah sekaligus mengendalikan diabetes yang tidak perlu lagi asupan insulin. Selain itu, untuk diabetes juga dapat dikendalikan dengan melalui makanan.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan anda secara teratur melakukan aktifitas fisik atau olahraga akan bisa mengurangi beban tubuh. Maka dari itu dengan anda secara teratur sehingga dapat menurunkan tekanan darah anda. Terutama bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi supaya sering melakukan olahraga.
  • Mencegah nyeri punggung. Selain itu olahraga juga dapat meningkatan kekuatan, ketahanan otot dan juga fleksibilitas tubuh. Selain itu, olahraga juga dapat membantu anda mencagah terkena nyeri punggung.
  • Menangkal obesitas. Olahraga yang anda lakukan secara teratur akan mampu menekan lemak yang ada pada tubuh anda yaitu dengan cara membangun massa otot dan juga meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak. Apabila anda olahraga dan juga dilengkapi dengan nutrisi yang sesuai, maka olahraga dapat membantu anda untuk mengendalikan berat badan sekaligus dapat mencegah anda dari obesitas yang menjadi pemicu berbagai penyakit.
  • Menekan risiko osteoporosis. Olahraga angkat beban merupakan salah satu ara untuk membantu pembentukan tulang anda apabila dilakukan dengan teratur. Sekaligus olahraga secara teratur juga dapat mencegah berbagai gangguan yang akan menyerang pada tulang seiring bertambahnya usia seperti osteoporosis.

Manfaat Olahraga untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Manusia
Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Manusia

Manfaat olahraga tidak hanya anda dapat dari sisi kesehatan saja. Namun juga ada beberapa manfaat dari olahraga untuk meningkatkan kualitas hidup. Beberapa manfaat tersebut yaitu diantaranya:

  • Membuat tidur lebih nyenyak. Apakah anda sulit untuk bisa tidur pada saat malam hari atau anda sering terbangun di tengah malam? Dengan anda melakukan olahraga secara teratur maka akan bisa membantu anda bisa tidur lebih nyenyak dan lebih cepat. Namun anda supaya menghindari olahraga terlalu dekat dengan waktu anda tidur.
  • Mengembalikan gairah seksual. Seringkah anda merasa  ingin berhubungan intim anda merasa kurang nyaman atau kurang bergairah? Maka dari itu, mulailah dari sekarang untuk membiasakan berolahraga yang bertujuan untuk mendorong semangat dan juga sekaligus untuk mendapatkan tampilan tubuh yang lebih baik. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan gairah anda khususnya para kaum pria untuk kaum perempuan dan juga berolahraga dapat menekan kemungkinan masalah disfungsi ereksi bagi kaum pria.
  • Menikmati waktu menyenangkan. Olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan. Selain itu, berolahraga juga dapat membantu kita dapat mempererat hubungan dengan sesama teman dan juga keluarga saat kita melakukannya dengan bersama-sama.

Baca Juga: Jenis-jenis Olahraga yang Wajib Anda Ketahui

Olahraga tidak perlu anda lakukan dengan berlama-lama hingga berjam-jam. Jika saat ini anda masih belum terbiasa untuk berolahraga dan juga tidak bisa aktif sepanjang hari, maka dengan anda melakukan peningkatan aktivitas fisik apa pun yang meningkatkan detak jantung anda, maka aktifitas tersebut dapat mencegah penyakit. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa apabila anda berjalan cepat kira-kira selama 1-2 jam per minggu atau sekitar 15-20 menit per hari maka akan dapat menurunkan risiko anda terkena berbagai penyakit.

Berapa lama olahraga yang dibutuhkan oleh tubuh? Secara umum, orang dewasa yang telah berusia 19-64 tahun hanya membutuhkan dua jenis olahraga. Olahraga tersebut yaitu aktivitas aerobik dan juga latihan memperkuat otot. Lama waktu yang dibutuhkan untuk olahraga adalah sekitar 150 menit per minggu atau juga dapat anda bagi menjadi 30 menit per lima hari.

Apa pun jenis olahraga yang anda lakukan, pastikan olahraga tersebut sesuai dengan kebutuhan dan juga dengan kemampuan fisik anda. Selamat berolahraga!