Mata Katarak
Mata Katarak

Cari Tahu Tanda-Tanda Katarak pada Mata Sejak Dini

Posted on

Tanda-Tanda Katarak pada Mata – Katarak merupakan penyakit yang terjadi pada organ mata dan dapat terjadi pada salah satu mata atau dua mata sekaligus. Biasanya katarak sering terjadi pada orang lanjut usia, entah itu perempuan ataupun laki-laki. Mata yang sehat mempunyai bagian lensa normal yang dapat menjadi area masuknya cahaya sampai ke bagian belakang mata.

Namun, kondisi tersebut tidak dapat terjadi pada penderita katarak. Tidak semua cahaya luar dapat masuk ke bagian belakang mata penderita katarak, karena orang yang menderita katarak memiliki bagian lensa yang lebih buram dari biasanya. hal itulah yang menyebabkan penglihatan mata menjadi agak kabur dan akan semakin parah jika tidak segera diobati. Kesehatan mata pun juga akan menurun seiring berkembangnya katarak ini.

Seseorang yang terserang penyakit katarak biasanya tidak mengetahuinya, karena penyakit katarak ini tumbuh dan berkembang secara perlahan-lahan tanpa memunculkan rasa sakit pada mata yang mulai terkena katarak. Namun, organ mata yang mulai terserang katarak akan mempengaruhi bagian lensa mata, bahkan sedikit demi sedikit akan mempengaruhi penglihatan mata Anda seluruhnya.

Proses Pembentukan Katarak

Tanda-Tanda Katarak Mata
Tanda-Tanda Katarak Mata

Mata yang mulai terkena penyakit katarak pada awalnya akan terlihat layaknya mata normal yang sehat. Akan tetapi, ketika muncul beberapa lapisan putih, maka katarak akan lebih tampak. Lapisan putih yang terus menerus mengumpul pada bagian mata akan menyebabkan penyakit katarak.

Tanda-Tanda Penyakit Katarak

Agar mengetahui organ mata Anda terkena penyakit katarak atau tidak, terdapat tanda-tanda katarak pada mata yang perlu Anda ketahui, di antaranya :

1. Lukisan Pada Mata

Tanda-tanda katarak mata pada awalnya akan berbentuk dalam ukuran yang sangat kecil. Akan tetapi, pada waktu itu biasanya penglihatan mata akan sedikit kabur. Apabila dibiarkan terlalu lama, maka penglihatan akan semakin kabur, akan nampak awan pada mata dan gelap.

Lensa mata akan mengalami perubahan warna dan beberapa orang kerap melihat lensa mata yang tidak fokus. Hal tersebut tejadi karena mata tidak dapat melihat sebuah objek dengan fokus.

2. Lapisan Coklat atau Kuning

Gejala Katarak pada Mata
Gejala Katarak pada Mata

Mata yang terserang penyakit katarak biasanya akan mengalami perubahan warna coklat atau kuning. Hal tersebut akan menyebabkan penderita katarak tidak dapat memandang secara jelas pada saat malam hari. Pada masa tertentu, maka mata juga tidak akan peka pada cahaya lampu. Orang yang mulai terserang katarak biasanya sangat rentan mengalami kecelakaan jika mengemudi pada malam hari.

3. Mata Silau

Pada umumnya, mata yang terserang penyakit katarak tidak kuat melihat cahaya terlalu lama, baik cajaya matahari maupun cahaya lampu. Pada kondisi seperti ini, sebenarnya katarak belum terlalu parah dan dapat diobati dengan beberapa metode. Walaupun metode ini hanya untuk mencegah supaya katarak tidak bertambah semakin parah.

4. Mata Melihat Cincin di Sumber Cahaya

Tanda-tanda katarak pada mata yang selanjutnya yaitu jika mata sudah melihat terdapat banyak cincin di sumber cahaya, maka kondisi tersebut adalah pertanda organ mata yang terserang penyakit katarak.

Hal tersebut disebabkan karena cahaya yang masuk ke organ mata akan menghasilkan lenturan atau difraksi sehingga pantulan cahaya akan mirip seperti cincin pada sumber cahaya. Penderita katarak dengan tanda-tanda seperti ini sering dijumpai karena beberapa masalah kesehatan lain seperti glaukoma, stroke dan diabetes.

5. Pandangan Mata Kabur

Seseorang yang mulai terkena katarak biasanya akan merasakan pandangan buram yang tampak seperti gangguan mata minus atau gangguan lain. Awal mulanya, gejala ini dapat diatasi sesudah memakai kacamata, namun tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama. Penglihatan mata akan tetap buram dan tidak dapat diatasi dengan pemakaian kacamata.

6. Penglihatan Mata Kuning

Seseorang yang terserang penyakit katarak akan merasakan beberapa bayangan yang tertangkap lensa mata berwarna kuning. Beberapa orang yang mulai terkena katarak akan melihat warna layar komputer atau layar televisi mengalami perubahan. Hal tersebut disebabkan karena cahaya yang masuk ke lensa menyebabkan seluruh warna tidak dapat tertangkap dengan baik.

7. Gambar Menjadi Ganda

Seseorang yang terkena katarak akan melihat bahwa seluruh objek yang dipandang mata menjadi ganda atau dua. Kondisi difraksi yang terjadi pada bagian lensa mata menyebabkan penglihatan mata tidak terlihat dalam bentuk dan ukuran yang sebenarnya.

Percobaan ini bisa dilakukan dengan menutup salah satu mata secara bergantian. Apabila kondisinya masih tetap sama, maka kemungkian besar itu adalah gejala katarak yang awal pada mata. Seseorang yang menderita katarak tidak akan membahayakan fisik apabila diketahui sejak dini dan belum memasuki stadium tingkat tinggi.

Penderita katarak yang telah memasuki stadium yang parah akan merasakan sering sakit di bagian kepala, nyeri di sekeliling mata kemudian terjadi peradangan. Kemudian cahaya atau objek yang ditangkap akan menjadi ganda atau berbayang apabila hanya sebelah mata yang terserang katarak.

Selain tanda-tanda katarak diatas, terdapat pula faktor penyebab katarak terjadi yaitu kesehatan tubuh yang semakin menurun seiring bertambahnya umur, terutama organ mata. Hal tersebut disebabkan karena mata merupakan bagian organ terpenting dari seluruh organ tubuh yang bekerja secara maksimal. Waktu istirahat yang dibutuhkan mata terkadang berkurang, sehingga kejernihan, ketebalan, dan tingkat kefokusan mata semakin menurun.

Lensa mata terdiri dari serta protein dan air. Bertambahnya usia juga mempengaruhi kondisi mata seseorang, seperti perubahan pada struktur mata, warna pada lensa mata serta protein dan vitamin yang terkandung pada mata akan semakin menurun dan berkurang. Serat protein pada mata akan menggumpal dan akan menimbulkan noda pada lensa mata.

Jenis-Jenis Penyakit Katarak

Katarak biasanya terjadi karena faktor usia dan sering terjadi pada orang lanjut usia. Namun, ada jenis katarak yang bisa menyerang anak-anak. Berikut ini dua jenis katarak yang perlu Anda ketahui, di antaranya :

  • Katarak Kongenital

Katarak Kongenital biasanya menyerang bayi setelah lahir atau sesaat sesudah lahir. Keadaan seperti ini juga bisa tumbuh berkembang pada anak-anak hingga remaja. Kondisi katarak ini dapat terjadi karena terdapat kelainan kromosom dari orang tua yang menyebabkan timbulnya katarak kecil yang berkembang menjadi lebih besar atau menyebar.

  • Katarak pada Usia Lanjut

Katarak yang satu ini bisa menyebabkan orang lanjut usia tidak dapat memandang dengan jelas. Awal mulanya, seseorang yang menderita katarak masih bisa melihat dengan bantuan cahaya yang lebiih terang dan pemakaian kacamata. Namun, jika katarak telah memasuki tahap yang lebih lanjut, maka katarak dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang parah karena katarak berkembang lebih cepat.