Tanaman Penyerap Polutan

Tahukah Kamu? 9 Tanaman Ini Mampu Menyerap Polusi Udara, Lho!

Posted on

Udara merupakan salah satu sumber daya alam yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Makhluk hidup seperti manusia dan hewan membutuhkan udara untuk bernafas, sedangkan tumbuhan membutuhkan udara untuk berfotosintesis. Udara yang dibutuhkan manusia dan hewan adalah udara yang bersih dan tidak tercemar.

Sebagai manusia kita sering menghabiskan waktu di dalam ruangan. Tahukah kamu, polutan apa saja yang sering dijumpai di dalam ruangan? Polutan itu antara lain formalin yang sering kita jumpia pada karpet, taplak meja dan sebagainya, ada juga benzene yang dapat kita jumpai pada karet, pembersih karpet dan sebagainya, dan masih banyak lagi jenis polutan yang ada di dalam ruangan.

Jika kita menghirup udara yang telah terkontaminasi secara terus- menerus maka kita akan merasa pusing, mual, dan juga iritasi pada mata, hidung,dan juga iritasi pada telinga. Kali ini kami akan memberikan beberapa jenis tanaman yang mampu membersihkan polusi udara yang wajib untuk kalian ketahui!

Tanaman Yang Mampu Membersihkan Polusi Udara.

Dracaena.

Tanaman Penyerap Polutan
Tanaman Penyerap Polutan

Dracaena merupakan tanaman daun yang panjang dan juga lebar. Tanaman yang satu ini memiliki tepian daun yang berwarna putih, merah atau warna krem. Selain sebagai tanaman hias, tanaman ini juga berguna untuk menangkal beberapa polutan yang ada di dalam ruangan anda, misalnya formalin, benzene dan banyak lagi.

Walaupun tanaman inni berukuran mungil, jika dirawat dengan baik tanaman ini dapat tumbuh mencapai 5 meter, lho. Satu lagi, jika kalian mempunyai hewan peliharaan seperti anjing atau kucing usahakan jauhkan peliharaan anda dari tanaman yang satu ini, karena tanaman ini akan beracun bagi peliharaan kesayangan anda.

Krisan.

Tanaman Penyerap Polutan
Tanaman Penyerap Polutan

Tanaman yang satu ini merupakan tanaman musiman yang sering dicari untuk dekorasi rumah, baik untuk dekor outdoor maupun dekor indoor.  Tanaman yang satu ini menjadi tanaman penghisab polutan terbaik, lho. Tanaman ini mampu mengusir benzene, formalin, dan juga xylene yang ada di dalam ruangan anda. Jadi, apakah anda berminat untuk memiliki tanaman penghisab polusi udara ini?

Lidah Buaya.

Tanaman Penyerap Polutan
Tanaman Penyerap Polutan

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk manusia dintaranya mampu menyembuhkan luka bakar dan juga menyuburkan rambut. Selain kedua manfaat itu, lidah buaya juga berfungsi untuk menghisab polutan, seperti formalin dan benzene.

Jika dalam suatu ruangan terdapat banyak polutan maka lidah buaya akan mengeluarkan bitnik- bitnik coklat pada permukaannya. Meskipun berguna untuk menghilangkn polutan yang ada di dalam ruangan, tanaman lidah buaya juga memerlukan sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik.

Lidah Mertua.

Tanaman Penyerap Polutan
Tanaman Penyerap Polutan

Lidah mertua merupakan tanaman penghisab polutn terbaik. Tanaman yang satu ini mampu menyerap formalin, xylene, benzena, dan trichloroethylene. Cara merawatnya pun cukup mudah, karena tanaman yang satu ini tidak perlu terlalu sering disiram, selain itu tanaman ini juga mampu bertahan di kondisi ruangan apapun.

Spider Plant.

Tanaman Penyerap Polutan
Tanaman Penyerap Polutan

Tanaman inni memiliki daun yang panjang dan tipis mirip dengan jarring laba- laba. Cara merawat tanaman ini pun termasuk mudah. Kamu hanya perlu memastikan kalau tanaman ini mendapatkan sinar matahari yang cukup, namun tidak secara langsung. Tanaman ini mampu menyerap formalin dan xylene yng ada di udara.

Sirih Gading.

Tanaman Penyerap Polutan
Tanaman Penyerap Polutan

Sirih gading mempunyai umur hidup yang sangat panjang. Tanaman ini banyak dicari untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Selain karena cantik, tanaman ini sangat bersahabat dengan para penderita asma dan alergi. Tanaman cantik ini juga mampu menyerap formalin dan urea (uap zat sisa fases dan urin).

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman beracun, jadi jauhkan tanaman ini dari anak- anak dan juga hewan peliharaan. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air, sehingga sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan, namun tetap mendapat sinar matahari yang cukup. Kamu dapat meletakkannnya di dalam kamar mandi dan juga garasi.

Lili.

Tanaman Penyerap Polutan
Tanaman Penyerap Polutan

Lili merupakan tanaman yang mudah dan juga hemat dalam perawatannya. Lili juga termasuk tanaman yang mampu menyerap polutan, lho. Ada banyak jeniis lili yang ada di dunia, namun lili yang menyerap polutan terbaik adalah lili jenis Peace Lily, Flamingo Lily, dan Lilyturf, tanaman ini mampu menyerap polutan, seperti ammonia, formalin, benzene, dan trichloroethylene. Jika ingin menjadikannya sebagai tanaman hias, kamu dapat meletakkan bunga lili di tempat yang tidak terkena sinar metahari secara langsung.

Pakis.

Tanaman Penyerap Polutan
Tanaman Penyerap Polutan

Pakis sering ditemui di pekarangan rumah, sebagai tanaman peneduh dan jga sebagai penangkal formalin sisa- sisa gas buangan dari knalpot. Pakis menyimpan banyak kelembapan sehingga dapat menjaga kesejukan udara dan juga angat bermanfaat untuk kulit kering anda. Jika ingin merawat pakis, kamu dapat meletakkannya di tempat yang terkena matahari secara langsung dan jangan lupa untuk sering menyirami daunnya.

Sri Rejeki.

Tanaman Penyerap Polutan
Tanaman Penyerap Polutan

Tanaman yang satu ini memiliki daun yang lebar dan bergelombang. Saat mekar, tanaman ini akan berbuah beri merah, tanaman ini juga mampu menyerap polutan, seperti formalin, trichloroethylene dan juga benzene. Semakin lama, sri rejeki akan semakin baik dalam kinerjanya. Jadi, rawatlah tanaman ini dengan telaten, agar kamu mendapatkan manfaatnya.

Itulah tadi bebebrapa tanaman hias yang mampu menyerap polutan udara. Bagaimana, apakah kamu ingin memilikinya? Jika ingin, jangan lupa  untuk tetap merawatnya dan meletakkannya di tempat yang sesuai, agar kita bisa medapat manfaat dari tanaman tersebut.