Tanaman Hias Bunga dan Penjelasannya

Posted on

Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman hias. Tanaman hias adalah tanaman yang berfungsi sebagai penghias halaman rumah, penghias  taman, penghias kolam dan masih banyak lagi. Tanaman hias dari dulu sampai sekarang masih trend an masih di gemari oleh masyarakat. Tanaman hias sendiri ada banyak sekali jenisnya, mulai dari tanaman hias daun, tanaman hias pohon, tanaman hias akar, dan tanaman hias bunga.

Tanaman hias sendiri di dalam penjabaran umum yaitu merujuk pada semua tumbuhan, yang mana sengaja di tanamn untuk komponen tanah, kebun rumah, ataupun untuk mempercantik ruangan. Semua jenis tanaman hias memunculkan kesan yang indah pada bagian tubuhnya, mulai dari bunganya, batangnya, dan bagian-bagian lainya.

Dari berbagai jenis tanaman hias, ada yang dapat mengeluarkan aroma yang segar, yang berguna untuk mengharumkan ruangan, ataupun ada jenis tanaman hias yang berguna sebagai alat pengusir nyamuk, dan juga serangga. Nah, dari sekian banyak jenis tanaman hias. Untuk kali ini, saya akan membahas tentang tanaman hias bunga.

Tanaman hias bunga adalah tumbuhan yang mana, tanaman ini mempunyai bentuk bunga yang sangat mempesona bila di lihat secara langsung. Tanaman hias bunga juga mempunyai warna-warna yang menarik, sehingga tanaman hias bunga ini juga bisa menambah keindahan di lingkungan, atau di ruangan tersebut. serta, tanaman hias bunga ini juga akan membuat lingkungan menjadi lebih asri, dan dapat membuat udara menjadi segar. Tanaman hias bunga ini juga dapat di tanam di dalam pot, maupun di lahan tanah.

Jenis dari tanaman hias bunga juga ada banyak sekali. Ada yang di tanam di luar lingkungan, atau di dalam lingkungan. Berikut ini adalah contoh jenis-jenis tanaman hias bunga yang cantik dan indah, berikut adalah jenis-jenisnya:

  1. Bunga Anggrek

    Bunga Anggrek
    Bunga Anggrek

Jenis tanaman hias bunga yang pertama adalah Bunga Anggrek. Bunga anggrek ini adalah termasuk bunga yang sangat populer di Indonesia. Bunga anggrek ini biasanya di gunakan untuk mengungkapkan rasa cinta dan rasa saying terhadap seseorang yang di cintainya. Selain itu, bunga anggrek ini juga dapat di lambangkan sebagai symbol kemewahan dan keindahan selama ratusan tahun lamanya. Bunga anggrek juga mempunyai banyak varietas dengan keindahan yang berbeda-beda pula. Namun, bunga anggrek yang paling cantik yaitu adalah bunga anggrek bulan.

Di Negara Indonesia ini, bunga anggrek ada sekitar 5000-6000 jenis, baik yang di budidayakan, maupun yang tumbuh secara liar di hutan. Namun, jika anda ingin membeli bunga anggrek ini, anda hanya tinggal pergi ke took-toko bunga terdekat di sekitar rumah anda. karena pesona bunga anggrek ini yang sangat indah, sehingga Negara Singapura dan Negara Thailand menjadikan bunga ini sebagai bunga nasional.

  1. Bunga Mawar

    bunga mawar
    bunga mawar

Jenis tanaman hias bunga yang kedua adalah tanaman Bunga Mawar. Bunga mawar adalah jenis bunga yang mana mempunyai keindahan, dan juga keunikan yang sangat khas. Maka dari itulah, bunga ini di juluki sebagai ‘Ratu Bunga’. Bunga ini mempunyai bentuk yang sangat indah pada bagian kelopak bunganya, dan mempunyai aroma yang sangat khas. Bukan hanya itu saja, bunga mawar ini juga bias anya di gunakan sebagai simbol rasa cinta kita pada seseorang yang kita cintai, dan juga yang kita sayangi.

Bunga mawar juga ada banyak sekali jenis dan warnanya. Mulai dari bunga mawar yang berwarna merah, putih, pink, ungu, dan masih banyak lagi. Bunga mawar ini juga sudah masuk kategori sebagai tanaman hias bunga yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Karena, harga dari bunga mawar ini bisa mencapai harga jutaan, bahkan puluhan juta rupiah.

  1. Bunga Melati

    bunga melati
    bunga melati

Jenis tanaman hias bunga selanjutnya adalah Bunga Melati. Bunga melati merupakan termasuk sebagai tumbuhan perdu. Tanaman bunga melati ini biasanya tumbuh secara merambat. Dan, bunga melati ini juga mempunyai banyak jenisnya. Sekarang, bunga melati ini ada sekitar 200 spesies yang tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti Australia, Oseania, Eurasia, dan salah satunya adalah di Indonesia.

Bunga melati ini sangatlah terkenal dengan aromanya yang sangat khas. Pembudidayaan dari bunga melati ini di Negara Indonesia sudah di laksanakan sejak lama sekali. Bahkan, ada salah satu jenis bunga melati, yang mana bunga tersebut di jadikan sebagai simbol nasional, atau dijadikan sebagai “Puspa Bangsa”.

Salah satu jenis bunga yang di jadikan sebagai simbol nasional adalah bunga melati putih yang melambangkan tentang kesucian, kemurahan. Jadi sangat cocok bunga melati ini di jadikan bunga nasional Indonesia ini, karena ada keterkaitan dengan tradisi yang ada di Indonesia ini.

  1. Bunga Kamboja

    bunga kamboja
    bunga kamboja

Jenis tanaman hias bunga selanjutnya adalah Bunga Kamboja. Bunga kamboja ini di temukan pertama kali oleh seorang botanis yang berkebangsaan Negara prancis. Keberadaan bunga kamboja ini di Negara Indonesia menjadikan tempat tumbuhnya itu di tempat yang keramat. Yaitu biasanya tumbuh di pemakaman, atau di tempat yang mana masyarakat menganggap tempat itu keramat.

Meskipun bunga ini tumbuh di tempat yang keramat, bunga kamboja ini juga termasuk kategori sebagai bunga hias. Karena, bunga kamboja ini memepunyai keindahan tersendiri di banding tanaman hias bunga lainya. Bunga kamboja ini juga dapat di manfaatkan sebagai tanaman obat. Karena, di dalam bunga kamboja ini, terdapat kandungan yang sangat berkhasiat. Jika kita mengkonsumsi bunga ini, maka dapat membantu kita meredakan demam, mengatasi radang, dan juga mengurangi rasa sakit.

  1. Bunga Kembang Sepatu

    bunga kembang sepatu
    bunga kembang sepatu

Jenis tanaman hias bunga yang terakhir adalah tanaman Kembang Sepatu. Bunga kembang sepatu adalah jenis bunga yang mana, mempunyai bentuk kelopak yang cantik berwarna merah terang. Bunga kembang sepatu ini merupakan jenis tanaman semak yang berasal dari kawasan Asia Timur. Di Negara kita ini, tanaman ini dapat tumbuh dengan subur, karena tanaman ini tumbuh di iklim tropis. Maka dari itu, tanaman ini sangatlah cocok di jadikan sebagai tanaman hias.

Bunga kembang sepatu ini mempunyai kelopak yang ukuranya itu lumayan besar, dan juga melebar. Selain warna merah, bunga kembang sepatu ini juga mempunyai banyak warna, salah satunya yaitu warna kuning, warna orange, putih, merah tua, dan warna merah jambu. Kalau di daerah sumatera dan di Negara Malaysia, bunga kembang sepatu ini di berikan nama yaitu Bunga Raya. Sementara, di Negara Malaysia, ketika pada tanggal 28 juli 1960, bunga kembang sepatu ini di sahkan sebagai bunga nasional Negara tersebut.

Itulah sedikit informasi tentang jenis-jenis tanaman hias bunga kembang sepatu yang ada di Indonesia. Sebarnya, masih ada banyak sekali jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Jika ada kata yang salah dari artikel saya ini, silahkan anda bisa screen shoot dan koment di bawah. Sekian dari saya. Terima Kasih.

Gravatar Image
Seorang pemuda yang ingin sukses di masa depan,suka mengetik, suka bermain di dunia internet, dan ingin menjadi seorang gamers.