jilbab syar'i
jilbab syar'i

Syarat-Syarat Dalam Berjilbab Syar’i

Posted on

jilbab merupakan kewajiban para kaum hawa terutama kaum muslimah, banyak sekali model-model jilbab kaum muslimah yang sudah trending di dalam negeri bahkan sampai mancanegara bahkan banyak sekali acara-acara fashion show yang menampilkan penampilan para wanita dengan pakaian muslimah dan juga jilbab syar’i yang berfariasi lagi unik.

Banyak sekali model jilbab yang trending di zaman ini kalau memang jilbab itu memenuhi syarat dalam agama islam dalam arti menutupi aurat maka hal itu bisa di sebut sebagai jilbab tapi sebaliknya apabila suatu model jilbab tidak menutupi aurat dan tidak sesuai dengan aturan agama islam maka hal ini tidak bisa di sebut sebagai jilbab melainkan hal ini malah disebut sebagai pelecehan dalam islam.

Jilbab syar’i merupakan jilbab yang sesuai dengan ketetapan agama islam yaitu menutupi aurat, karena sangat di wajibkan sekali bagi para kaum muslimah agar bisa menutupi auratnya agar dapat terhindar dari jeleknya dosa kecil yang mungkin saja bisa menjadi besar dan bisa memberatkan dirinya untuk masuk ke dalam surganya Allah, tentunya hal ini menyusahkan diri kita sendiri.

Baca juga : Perempuan yang Ingin Simple Nih! Cara Memakai Jilbab Pashmina Simple

Jilbab syar’i sangatlah penting bagi para kaum muslimah selain membuat dirinya terlihat lebih suci masih banyak sekali manfaat lain dari jilbab syar’i ini sendiri, dalam berjilbab syar’i ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar jilbab kita dapat di sebut sebagai “jilbab syar’i”, berikut :

  1. Menutupi Seluruh Anggota Badan Selain yang Dikecualikan

Menutupi Semua Aurat Wanita
Menutupi Semua Aurat Wanita

Jilbab syar’i merupakan jilbab yang bisa menutupi aurat wanita dalam arti menutupi rambut, dada, leher, dan sekitarnya, dengan begitu semua orang mungkin akan mulai penasaran dengan diri anda bahkan mungkin akan mulai menyukai anda dan senang dengan anda dan itu sudah menjadi point utama bagi anda.

  1. Bukan Sebagai Perhiasan

Bukan Untuk Perhiasan
Bukan Untuk Perhiasan

Jilbab bukanlah perhiasan wanita melainkan kain penutup aurat wanita agar wanita bisa tergindar dari dosa, apabila seorang wanita menganggap jilbab sebagai perhiasan itu berarti niat dia bukanlah untuk menutupi aurat melainkan berniat terlihat canti atau selainnya dan itu merupakan kesalahan fatal karena nabi menyuruh para kaum wanita untuk menutupi auratnya dengan memakai jilbab.

  1. Kainnya Harus Tebal Dan Tidak Tipis

Bahan yang Tebal dan Tidak Tipis
Bahan yang Tebal dan Tidak Tipis

Kain tebal juga merupakan kewajiban bagi muslimah saat memakai jilbab karena apabila seorang wanita muslimah memakai jilbab yang berbahan tipis maka sama saja dia menampakkan auratnya karena kebanyakan kain yang tipis itu transparan alias tembus terlihat apabila terkena sinar matahari dan ini sama saja anda memperlihatkan aurat anda dengan orang di sekitar anda.

  1. Tidak Diberi Parfum atau Wangi-Wangian

Tidak Memakai Parfum dan Wangi-Wangian
Tidak Memakai Parfum dan Wangi-Wangian

 

Salah satu hadist menjelaskan bahwa seorang wanita apabila memakai wewangian parfum atau sejenisnya maka sama saja dia di hukum pernah berzina dan zina merupakan dosa besar yang harus melakukan kafaroh khusus seperti ranjam dan juga jilid.

  1. Bahan Longgar dan Tidak Ketat

    Longgar dan Tidak Ketat
    Longgar dan Tidak Ketat

Bahan longgar merupakan larangan bagi kaum muslimah untuk dipakai karena apapun yang ketan dalam pakaian muslimah itu di hukumi “telanjang” dan apabila kita memakai jilbab yang ketat maka sama saja kita seperti hewan yang telanjang bahkan mereka lebih hina lagi dan itu sudah di sabdakan langsung oleh nabi Muhammad dalam suatu hadist.

Dan mungkin itulah beberapa syarat dari jilbab yang syar’i yang memang wajib di penuhi bagi semua wanita muslimah, semoga bermanfaat.