Sosial Budaya Indonesia
Sosial Budaya Indonesia

Sosial Budaya

Posted on

Masyarakat Indonesia ini pada dasanya adalah suatu masyarakat atau identitas yang sudah lahir jauh sebelum dari kata Indonesia resmi atau muncul. Dengan adanya proklamasi, sumpah pemuda yang merupakan sebuah moment untuk mempersatukan jajaran pulau yang berada di Indonesia dan sudah menjadi suatu kesatuan dari bangsa dan negara, hal tersebut ini sangat membentuk suatu system dari tatanan masyarakat yang majemuk dan berada beda karena terdiri dari satu masyarakat yang berbeda suku dan bahasanya. Dengan berbagai perbedaan tersebut kita bisa melihat bagaimana system social budaya yang berada di Indonesia ini.

Pengertian Sosial Budaya

Suatu system social budaya yang merupakan suatu totalitas nila, tata social, tata laku manusia itu yang mewujudkan ke dalam pandanan hidup, falsafah Negara dalam berbagai sisi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegaara yang menjadi asa untuk melandasi pola perilaku dan tata struktur masyarakat yang ada.

Baca Juga: Unsur Unsur Budaya

Makna Sistem Sosial Budaya

Jika kita membicarakan mengenai social budaya tentunya kita harus tahu mengenai makna yang terkandung di dalam social budaya dan tidak hanya sekedar pengertian dan secara definitif nya saja. Sebagai suatu totalitas , tatanan nilai dan tat laku manusia dalam bermasyarakat, tentunya kita bisa mengambil sebuah makna bahwa system ini akan berjan dengan adanya sebuah falsafah yang mendasari semuah tingkah laku dari manusia Indonesia, dalam hal ini adaah falsafah Pancasila yang mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam suatu system social budaya ini tidak akan lepas dengan adanya asas yang membangun system ini. Dan adapun asa social budaya yang meliputi, asas kepercayaan terhadapa tuhan yang maha esa, asa kemerdekaan, asa persatuan dan juga asa kesatuan, asa kedaulatan rakyat, asa adil dan makmur.

Keanekaragaman Budaya
Keanekaragaman Budaya

Di dalam suatu masyarakat tidak akan lepas semua dari sebuah system social budaya. System ini sangat memiliki suati pola piker yang menunjukan karakteristik yang sangat khas dalam suatu negara atau bangsa. Di Indonesia ini ada suatu pola pikir system ini yang meliputi, asas kepercayaan terhadapa tuhan yang maha esa, Negara persatuan, demokrasi Pancasila, keadilan social bagi semua rakyat Indonesia dan budi pekerti yang luhur.

Dan idelnya jika dalam tatanan social budaya Indonesia ini mampu mengedepankan cita cita moral rakyat yang luhur yang sangat menghormati kemerdekaan pada tiap penduduk dalam memeluk agama serta kepercayaan dan juga menjamin keberlangsungan pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sehingga akan membentuk suatu kebudayaan nasional yang luhur dan beradab.

Dalam suatu tatanan social budaya ini memiliki banyak fungsi yang sangat penting dalam kehidupan. Yang pertama berfungsi di dalam keluarga sebagai upaya untuk mendidik generasi bangsa menjadi manusia seutuhnya, dalam masyarakat menjadi sebuah organisasi kemsyarakatan yang berfungsi untu mengkader masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang harmonis didalam suatu tatanan berbangasa dan bernegara yang mampu menjadi penyelenggaraan pemerintah yang sangat mementingkan masyarakat banyak.

Dan pada suatu tatanan social budaya ini tidak hanya akan berjalan dengan apa adanya saja namun melalui suatu proses social budaya. Dan proses ini merupakan bentuk dari upaya dalam mengamalkan sebuah Pancasila. Hakikat dari proses ini adalah pembangunan dari keseluruhan rakyat Indonesia dengan dasar Pancasila.

Proses social budaya ini akan sangat membutuhkan tatanan yang sangat kokoh dengan landasan imam dan taqwa kepada tuhan yang maha esa, dengan berbudi pekerti yang luhur, bekerja keras, disipli, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, kreatif dan cinta terhadap tanah air.

Contoh dari Sosial Budaya

Contoh social budaya ini bisa kita lihat dari perilaku masyarakat Indonesia yang masih menjunjun tinggi nilai-nilai yang luhur seperti gotong-royong, perilaku jiwa kesatria, menjalankan musyawarah untuk mufakat dalam berbagai kesemoatan dan menjalankan hidup denga sebuah prinsip prasaja atau hidup yang sederhana. Dengan berbagai contoh tersebut bisa menunjukkan bagaimana seharusnya tatanan social budaya masyarakat Indonesia.