Cara Untuk Membuat Siomay Ikan Bandung
Cara Untuk Membuat Siomay Ikan Bandung

Cara Untuk Membuat Siomay Ikan Bandung Bumbu Kacang Yang Mudah

Posted on

Cara Untuk Membuat Siomay Ikan Bandung – Tidak bisa dipungkiri lagi, hampir semua daerah yang ada di Indonesia memiliki warisan kuliner yang berbeda-beda dan rasanya pun unik dan juga lezat. Akan tetapi ada salah satu daerah yang  berada di jawa barat, yaitu kota bandung. Kota bandung ini mempunyai banyak sekali variasi makan yang sangat lezat dan juga sangat enak. Salah satu contoh makanan yang berasal dari bandung adalah makanan yang akan kita buat hari ini.

Makanan yang akan kita buat kali ini adalah siomay ikan bandung. Makanan yang satu ini sudah menjadi makanan yang populer, bahkan saking populernya makanan ini, kita dapat menemukan makanan ini dengan mudah di pusat perbelanjaan atau mal yang berada di daerah kita masing-masing. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar untuk membuat siomay ikan. Jika kalian menginginkan rasa yang empuk dan jika nikmat ada beberapa tips cara untuk membuat siomay ikan tenggiri yang harus diperhatikan dengan teliti.

Untuk membuat siomay ikan bandung kalian bisa menggunakan berbagai jenis ikan lainnya. Salah satu makanan yang berasal dari bandung ini mempunyai kandungan protein, mineral dan juga zat  yang sangat baik bagi tubuh. Cara untuk membuat siomay ikan ini bisa dikatakan gampang-gampang susah. Bagi kalian yang sudah bisa membuat masakan yang satu ini akan terasa lebih mudah untuk mengolah ikan dan juga bumbunya. Untuk membuat siomay ikan ini memerlukan beberapa tips khusus supaya hasil siomaynya baik dan juga kenyal.

Cara Untuk Membuat Siomay Ikan Bandung
Cara Untuk Membuat Siomay Ikan Bandung

Jika tidak mengikuti tips untuk membuatnya kalian bisa saja mendapatkan hasil siomay yang mempunyai tekstur yang tidak terlihat dan lebih keras sehingga siomay yang kalian buat memiliki daya tarik yang kurang menarik. Mungkin kalian juga sudah pernah membeli makanan yang satu ini di penjual yang sedang keliling di sekitar rumah kalian, akan tetapi siomay tersebut masih tercium aroma amis dari ikan tersebut. Hal ini disebabkan karena melakukan kesalahan dalam membuat siomaynya.

Karena dalam pembuatan siomay kali ini ini kita menggunakan bahan dasar dari daging ikan tenggiri, maka sebaiknya kalian memilih daging ikan tenggiri yang mana kualitasnya harus kalian perhatikan. Kalian juga harus memastikan daging ikan yang akan kalian gunakan dalam kondisi yang baik dan masih segar sebelum kalian mencampurkannya dengan bumbu siomay yang lainnya. Sebelumnya kalian harus mencuci daging ikan hingga bersih, bersihkan kotoran yang menempel pada daging ikan sebelum daging tersebut digiling dengan bahan yang lainnya.

Untuk mengurangi bau yang sangat amis dari daging ikan tersebut, kita bisa mencampurkan daging ikan tersebut dengan daging ayam yang sudah digiling sampai halus. Selain kalian menggunakan daging ikan yang segar dan mempunyai kualitas yang baik, ada satu tips lagi dan tips ini sangat bagus agar siomay yang kalian buat nanti memiliki tekstur yang sangat baik.

Bahan-Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Siomay Ikan Bandung Yang Lezat

Cara Untuk Membuat Siomay Ikan Bandung
Cara Untuk Membuat Siomay Ikan Bandung
  • Bahan yang paling utama yang akan dibutuhkan adalah ikan tenggiri yang segar dan mempunyai kualitas bagus yang sudah difillet, kalian gunakan sebanyak 250 gram saja. Kemudian haluskan daging ikan tenggirinya sampai benar-benar halus.
  • Daging ayam yang masih segar untuk campuran utamanya kalian gunakan sebanyak 50 gram saja. Daging ayam juga sebelumnya harus dihaluskan atau digiling sampai daging ayam benar-benar halus.
  • Tepung sagu tani yang sebelumnya sudah kalian ayak halus kalian gunakan sebanyak 125 gram saja.
  • Labu siam yang sebelumnya sudah kalian kukus hingga matang dan dihaluskan kalian gunakan sebanyak 150 gram.
  • Bawang putih yang mempunyai ukuran sedang besar kalian gunakan sebanyak 3 pcs. Kupas kulit bawang putih, lalu cincang bawang sampai benar benar halus.
  • Daun bawang yang sebelumnya sudah dicuci bersih dan kalian rajang halus kalian gunakan sebanyak 1 batang saja.
  • Telur, akan tetapi yang digunakan adalah bagian putihnya saja kalian gunakan sebanyak 2 butir.
  • Gula pasir kalian gunakan secukupnya sesuai selera atau kalian bisa gunakan sebanyak 1 sendok kecil saja.
  • Garam dapur yang mempunyai yodium kalian gunakan secukupnya atau kalian bisa gunakan sebanyak 2 sendok kecil saja.
  • Penyedap rasa kalian gunakan secukupnya kalau suka kalian bisa gunakan sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  • Daun pisang yang sebelumnya sudah kalian olesi dengan minyak untuk alasan siomay saat dikukus.

Cara Yang Mudah dan Praktis Untuk Membuat Siomay Yang Sangat Lezat

Cara Untuk Membuat Siomay Ikan Bandung
Cara Untuk Membuat Siomay Ikan Bandung
  • Langkah yang pertama kali kalian harus mengambil satu wadah yang mempunyai ukuran agak besar sebagai tempat untuk adonan utamanya
  • Kemudian kalian masukkan ikan yang sebelumnya sudah kalian haluskan, daging ayam yang garam dapur, sudah halus, penyedap rasa, gula pasir,  dan putih telur kemudian kalian aduk-aduk sampai semua bahan tadi benar-benar tercampur rata
  • Masukkan daun bawang dan juga labu siam kukusnya ke dalam wadah lalu kalian aduk-aduk lagi atau diuleni sampai semua bahan yang kalian masukkan benar-benar tercampur rata
  • Tuang tepung sagu taninya ke dalam wadah sambil diaduk aduk sampai semuanya merata (tidak perlu diuleni lagi, kalian cukup mengaduk-aduk adonan dengan menggunakan ujung tangan atau dengan spatula)
  • Kemudian kalian siapkan panci kukusan dan sebelumnya kalian alasi dengan menggunakan daun pisang yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak sedikit
  • Ambil adonan yang sudah kalian buat diatas dengan menggunakan sendok atau alat yang lain secukupnya, kemudian bentuk adonan bulat dan letakkan adonan di panci kukusan. Ulangi sampai adonan yang kalian buat habis
  • Masak dan kukus adonan siomay yang kalian buat dan kalian bentuk bulat-bulat diatas sampai benar-benar matang (kurang lebih masak atau kukus selama 20 menit – 30 menit).

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan kepada kalian tentang Cara Untuk Membuat Siomay Ikan Bandung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya. Terima kasih.