Teknologi Menurut Para Ahli
Teknologi Menurut Para Ahli

Simak Baik-baik, Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Teknologi, mungkin sudah bukan sebuah kata yang asing lagi bagi semua orang? Ya, teknologi merupakan sebuah istilah yang sudah umum yang mungkin semua sudah mengetahuinya yaitu mengenai perkembangan didalam dunia teknik. Karena pada saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat mulai dari perkembangan teknologi informasi, teknologi mesin, sampai dengan teknologi komputer dan masih banyak lagi perkembangan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari manusia.

Pengertian Teknologi
Pengertian Teknologi

Asal Kata Teknologi

Didalam kamus bahasa Indonesia teknologi merupakan hasil serapan dari bahasa inggris yang artinya “technology”. Dengan adanya perkembangan zaman maka kata teknologi sudah umum digunakan untuk segala sesuatu yang mempunyai sifat teknis yang dapat membantu pekerjaan manusia. Selain itu juga teknologi merupakan salah satu hasil dari kebudayaan manusia yang sengaja dibuat untuk mambantu aktivitas sehari-hari mereka. Sebelum itu, teknologi juga bisa diyakini bahwa kata teknologi juga berasal dari bahasa yunani yang artinya technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana seni.

Selain itu juga penggunaan kata “technology” sendiri mulai dikembangkan oleh salah satu ilmuwan sosial asal Negara Amerika, pada awal abad ke 20-an kemudian diperkenalkan sebagai konsep bahasa jerman, yaitu Technik menjadi “technology”. Penggunaan kata dari teknologi ini dikembangkan setelah munculnya revolusi industry di eropa, yang menciptakan banyaknya perubahan yang luar biasa dari segu industry dan juga perburuhan pada masa itu.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Yang saya sudah bilang sebelumnya teknologi pada saat ini sudah berkembang kemana-mana, tidak hanya sebagai sebuah ilmu praktis mengenai hal-hal teknis, akan tetapi dengan berkembangnya teknologi menjadi salah satu pondasi ilmu pengetahuan ilmiah secara luas yang mungkin dengan banyaknya bidang ilmu yang didasari oleh teknologi.

Baca Juga : Daftar Nama Alat Kesehatan Berserta Fungsinya

Informasi ini mulai bermunculan diberbagai macam definisi. Kemudian para ahli memberi pendapat tentang mengenai pengertian dan juga definisi dari teknologi. informasi selegkapnya  anda bisa simak ulasanya dibawah ini menurut pendapat dari beberapa ahli mengenai teknologi yaitu :

  1. Poerbahawadja Harapan

Harapan mengatakan bahwa penggunaan kata teknologi itu dasarnya tertuju pada sebuah ilmu pengetahuan yang sudah diselidiki bagaimana cara kerja di dalam bidang teknik itu, dan ilmu pengetahuan yang digunakan pabrik atau industry tertentu. Definisi ini tentu saja sangat mengacu pada definisi praktis dari teknologi, yang banyak ditemukan pabrik-pabrik dan industry lainnya.

  1. Naisbit (2002)

Naisbit (2002) menyimpulkan pengertian teknologi dari Random House Dictionary. Isi perkataan itu adalah bahwa teknologi itu merupakan sebuah dan juga bentuk objek, serta bahan dan wujud yang bermacam-macam dibandingkan dengan manusia biasanya.

  1. Miarso (2007)

Pendapat lainnya yang didapat oleh Miarso itu tentang teknologi itu adalah bentuk proses yang meningkatkan nilai sehingaa bisa bertambah tinggi. Cara kerjanya yaitu menggunakan produk yang tertentu, yang mana produk itu dihasilkan secara terpisah-pisah dari produk lainnya yang telah ada. secara lengkapnnya bahwa teknologi merupakan salah satu bagian dari sebuah integral yang didapat sebuah sistem tertentu.

  1. Read Bain (1937)

Tepatnya pada tahun 1937-an Read Bain berpendapat mengenai teknologi. Kemudian dicetuskan oleh seorang sosiolog yang berasal dari Negara Amerika, yang bernama Read Bain. Isi pendapatnya itu adalah pada dasarnya teknologi meliputi semua alat, mesin, perkakas, aparat, senjata, perumahan, pakaian, peranti pengangkut dan komunikasi, dan juga keterampilan, yang mana hal ini memungkinkan kita sebagai seorang manusia yang dapat menghasilkan semua itu.

  1. Sardar (1987)

Pada tahun 1987-an, sardar mengungkapkan bahwa yang dinamakan teknologi itu adalah salah satu sarana untuk memecahkan masalah yang medasar dari setiap kehidupan manusia. Tanpa andanya pengguna teknologi, maka masalah yang dihadapi oleh pengguna teknologi itu tidak akan bisa terpecahkan maka sangat penting berguna teknologi ini.

  1. Rogers (1994)

Rogers yang di simpulkas didalam buku yang diterbitkan oleh Seels dan Richey tepat nya pada tahun 1994 dia mengatakan didalam bukunya bahwa pengertian dari teknologi itu suatu rancangan awal langkah dari instrumental agar dapat memperkecil keraguan mengenai hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hasil yang diharapkan.

  1. Saliman dan Sudarsono (1993)

Pendapat lainnya yang didapat oleh tokoh Saliman dan Sudarsono kedua tokoh ini memberikan sebuah definisi tentang teknologi bahwa yang dinamaan teknologi itu adalah sautu ilmu pengetahuan yang dipelajari tentang membangun dan juga industy.

  1. Elul (2007)

Elul dalam sebuah miarso 2007 di berpendapat yang dinamakan teknologi itu adaah keseluruhan dari sebuah metode yang di rasional dengan mengarah yang mempunyai ciri-ciri yang efisiensi dalam setiap bidang yang ada pada kegiatan manusia.

  1. Toynbee (2004)

Toynbee pada tahun 2004 dia mengatakan bahwa teknologi itu adalah ciri-ciri dari adanya sebuah kemuliaan menusia, hal ini sudah dibuktikan dengan adanya perkembangan zaman maka manusia tidak akan bisa hidup hanya untuk makan saja, melainkan juga membutuhkan lebih dari itu. Menurut  Toynbee, bahwa teknologi bisa memungkinkan konstituen non material  apabila dari sebuah kehidupan manusia itu menciptakan sebuah ide atau pemikiran ideal untuk menciptakan sebuah teknologi canggih. jadi teknologi  ini juga perlu proses untuk membentuk sebuah manifestasi dari sebuah kecerdasan yang dimiliki seorang manusia.

  1. Merriam Webster

Merriam Webster juga berpendapat dalam sebuah kamus yang banyak digunakan untuk referensi ilmu, isi ukapan kamus itu dia menyatakan bahwa teknologi merupakan sebuah aplikasi atau konsep penerapan dari ilmu pengetahuan yang sangat praktis. Penerapan praktis inilah yang terkadang bisa di khusukan pada ruang lingkup terntentu.

Baca Juga : Intip Yuk, Kemegahan Kebun Binatang Ragunan

Demikianlah artikel yang saya buat hari ini semoga artikel saya ini bisa menambah wawasan mengetahuan anda. Dan apabila ada kata, penulisan, dan informasi yang salah dalam artikel saya ini anda bisa mengomentari dibawah ini. Terima kasih.

Gravatar Image
Seorang Pemuda Yang Ingin Sukses Di Masa Muda