sholat subuh berjamaah
sholat subuh berjamaah

Keutamaan dan Berkah Menjalankan Sholat Subuh Secara Berjamaah

Posted on

Keutamaan Sholat Subuh – Sholat adalah kewajiban bagi seluruh umat islam didunia ini, keutamaan sholat sangatlah banyak, jika kita menghitung nikmat dan keutamaan dari sholat subuh ini, insyaAllah rumah kita tidak mampu untuk menampung seluruh pahala sholat kita. Oleh karena itu, Allah akan memberikan pahala atau pembalasan kita di hari kiamat nanti.

Kali ini kami akan membahas tentang keutamaan sholat subuh, keutamaanya sangatlah besar sekali. Karena sudah jelas dalilnya bahwa sholat yang dilakukan secara berjamaah pahalanya lebih besar daripada dunia dan seisinya. Oleh karena itu, jangan pernah sia-sia kan waktumu ketika solat subuh. Karena di waktu itu juga ada pergantian malaikat yang akan melaporkan atau menyaksikan sholat subuh kita secara langsung.

Setiap umat islam mempunyai kewajiban atau komiten yang telah di tetapkan oleh Allah SWT. Allah SWT telah memberikan hak-haknya kepada manusia, bahkan sebelum kita meminta Allah SWT sudah memberi terlebih dahulu. Waktu subuh adalah waktu dimana Allah akan memberi rezeki di pagi hari, dan jika kita menyia-nyiakan waktu pada subuh akan merasa tidak tenang jiwanya, dan apa yang kita lakukan kurang terbarokahi. Gunakanlah waktu istirahatmu dengan baik, sehingga anda tidak tertinggal sholat subuh berjamaah di masjid.

sholat subuh
sholat subuh berjamaah

Allah SWT memberikan kita beberapa nikmat kepada kita, alangkah baiknya kita selalu bersyukur atas nikmat dan pemberian yang Allah berikan kepada kita. Bangun diwaktu subuh merupakan sebuah nikmat dari Allah SWT. Sebelum sholat subuh hendaklah kita melakukan sholat sunnah terlebih dahulu. Sholat Qobliyah subuh yaitu sholat yang sunah, tapi alangkah baiknya kita mengerjakannya karena akan mendapatkan pahala yang sangatlah besar.

Sholat qabliyah subuh adalah sebuah amalan yang paling di senangi oleh nabi Muhammad SAW. Karena berdasarkan dalil dan sabdanya “ Dua rakaat fajar lebih baik dari pada dunia dan seisinya”. Ketahuilah dunia dan seisinya ini tidak ada apa-apa nya dan tidak bisa menyamai dua rakaat sebelum solat subuh.

Dan sholat sunnah sebelum sholat subuh juga sebab masuknya kedalam surga Allah SWT.  Berdasarkan sabda nabi muhammad saw  ” Barang siapa yang menjaga waktu sholat subuh dan ashar maka akan dimasukan ke dalam surga dan akan dijauhkan dari api neraka” sabda dari Nabi Muhammad SAW ini bukanlah hanya ucapan saja, tapi akan terbukti kelak pada hari kiamat,  maka perbanyaklah amalan kalian.

solat subuh dimasjid
solat subuh dimasjid

Sholat subuh ini mempunyai bacaan yang cukup panjang daripada sholat yang lainnya oleh sebab itu solat subuh juga disebut Quranul Fajr. Kita sebagai umat islam marilah kita memerangi diri kita dari hawa nafsu kita, dan bangkit dari kasur dan beranjaklah untuk menunaikan sholat. Hilangkanlah sifat malas dan lawanlah dengan keras segala sesuatu yang membawamu ke tempat tidur, dingin, malas dan sebagainya.

Menunaikan solat subuh merupakan sebuah tiket yang sangatlah mahal sekali, dan mereka juga ingin mendapatkan persaksian mulia dari para malaikat. Allah SWT telah memberi kesempatan kepada kita, tapi mengapa kita sering membuang kesempatan itu? Marilah sekarang kita rubah pola pikir kita, mari kita hijrah dalam hal kebaikan.  Allah berfirman di waktu fajar, “ Demi fajar, dan amalan yang sepuluh.” (QS. 89:1-2) Allah berfirman demikian karena besarnya keutamaan waktu subuh ini.

Lalu bagaimana dengan mereka yang masih susah untuk bangun sholat subuh? Solusi yang tepat adalah jadikanlah sholat sebagai kedudukan yang paling utama pada kehidupan kita, sehingga ketika kita mengerjakan aktivitas kehidupan kita dan selalu menekankan ibadah sholat, dan bukan malah menyepelekan. Dan alangkah baiknya setelah kita sholat kita menghafal atau mengamalkan hafalan kita.

Jika kita tetap susah bangun hendaklah lakukan untuk menggunakan jam baker untuk membangunkan kita, agar kita tidak terlambat untuk menunaikan ibadah sholat. Tidurlah lebih awal, tujuanya agar kita bisa bangun lebih awal pula. Dan usahakanlah melakukan pekerjaan setelah subuh. Karena Allah SWT membagi rezeki nya pada waktu setelah subuh.

Berikut Manfaat dan Keutamaan Sholat Subuh

Berada di bawah Lindungan Allah.
Berada di bawah Lindungan Allah.

Mendapatkan berkah dari Allah Ta’ala.

Ketika kita mengerjakan sholat secara berjamaah, berkesempatan untuk mendapat berkah dari Allah SWT, dan dibarokahi pada kegiatan yang kita lakukan di waktu pagi, terutama kegiatan wajib yang berjamaah. Seperti sholat subuh.

Mendapat cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.

Pada saat subuh, kondisi langit masih gelap. Dan walaupun ada penerangan lampu yang ada, akan tetapi kondisi itulah yang enjadi waktu yang pas untuk mendapat pahala yang besar dari Allah SWT, dan waktu yang untuk menuju masjid dan menunaikan sholat subuh secara berjamaah, dengan cahaya yang sempurna di hari kiamat nantinya.

Berada dalam jaminan Allah SWT.

Ketika seseorang mengerjakan sholat secara berjamaah, itu artinya seseoarng tersebut melaksanakan shalat subuh dengan sempurna. Maka dia sudah dalam jaminan allah dan perlindungan Allah SWT.

Dibebaskan dari sifat munafik.

Dengan kita melaksanakan sholat subuh secara berjamaah itu, merupakan usaha agar terhindar dan terjauhi dari sifat munafik.

Disaksikan langsung oleh malaikat.

Pada saat kita melaksanakan sholat subuh berjamaah, malaikat akan bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Dan malaikat akan bertemu sholat subuh dan sholat ashar.

Kesempatan untuk melaksanakan shalat sunah Subuh.

Kesempatan yang kita dapatkan dari sholat subuh adalah solat sunnah subuh yang dilakukan sebelum sholat subuh. Sholat sunnah ini mempunyai keutamaan yang luar biasa yaitu lebih baik dari dunia dan seisinya.

Berikut diatas adalah pengertian dan keutamaan menjalankan sholat subuh dan sunnah sebelum sholat subuh, semoga kita bisa belajar menjadi lebih baik, dan merubah pola pikir kita untuk yang lebih baik. Semoga bermanfaat dan terimakasih.