Seni Budaya
Seni Budaya

Seni Budaya

Posted on

Kata Seni dan Budaya ini merupaka dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan, karena pada setiap seni ini pasti mempunyai kebudayaan yang khas. Dan begitu juga sebaliknya, di dalam kebudayaan ini pasti mempunyai nilai seni yang begitu indah dan tidak ternilai harganya.

Agenda Seni
Agenda Seni

Seni Budaya ini merupakan segala sesuatu yang sudah diciptakan oleh manusia tentang cara hidup yang sedang berkembang secara bersama pada suatu kelompok yang sudah memiliki unsur keindahan secara turun temurun dari generasi ke generasi yang lain. Nah,kalua kita artikan secara terpisah, pengertian dari seni budaya ini adalah sebagai berikut.

Pengertian Seni

Seni secara umum adalah segala sesuatu yang sudah dibuat oleh manusia yang memiliki unsur keindahan yang mamu membangkitkan perasaan orang lain.

Dan istilah dari seni ini berasal dari kata sansakerta dari kata seni inilah yang mempunyai arti persembahan, pemujaan dan pelayanan yang sangat erat dari hubungannya dengan suatu upacara keagamaan yang disebut dengan kesenian.

Pengertian Seni menurut Para Ahli

  1. Aristoteles: seni adalah suatu bentuk yang penampilannya serta pengungkapannya yang tidak pernah menyimpang dari kenyataan. Selain itu juga bisa dikatakan sebagai seni adalah meniru alam.
  2. Ki Hajar Dewantara: menurut Ki Hajar Dewantara seni adalah hasil dari sebuah keindahan yang bisa menggerakkan perasaan yang indah kepada orang yang melihatnya. Oleh karena itu, perbuatan manusia yang tidak bisa dipengaruhi serta menimbulkan perasaan yang indah adalah seni.
  3. Hillary Bel: pengertian seni ini merupakan sebuah istilah yang bisa dipakai untuk semua karya yang bisa menggugah hati siapa saja yang sedang melihatnya dan juga untuk mencaru tahu siapa yang menciptakannya. Dan salah satu contoh nya adalah sebuah kerjainan tangan dari kain flannel.
  4. Sudarmaji: pengertian dari seni ini adalah segala sesuatu dari manifestasi batin serta pengalaman yang sangat estetis dengan menggunakan media garis, bidang, tekstur, warna, volume dan juga gelap terang.

Pengertian Budaya

Budaya adalah suatu cara hidup yang bisa berkembang secara bersama pada suatu kelompok orang dengan menggunakan cara turun-temurun dari suatu generasi ke generasi yang selanjutnya. Dan budaya ini berbentuk dari banyak unsur yang sulit meliputi system politik dan agama, adat, istiadat, pakaian, Bahasa, perkakas, karya seni dan juga bangunan.

Baca Juga: Budaya Sunda

Dan istilah dari budaya atau kebudayaan ini berasala dari Bahasa Sansakerta yaitu buddhayah, yang merupakan sebuah bentuk jamak dari buddhi yang bisa kita artikan dengan hal-hal yang berkaitan dengan budi serta akal manusia itu sendiri.

Pengertian Budaya atau Kebudayaan Menurut Para Ahli

  1. Andreas Eppink: kebudayaan ini sangat mengandung suatu entuk dari keseluruhan pengertian nilai social, norma social, ilmu pengetahuan dan keseluruhan dari striktur-struktur relegius, social, dan masih ada banyak yang lainnya. Selain itu, pengertian dari lainnya adalah segala pernyataan artistic dan intelektual yang menjadi ciri khas dari suatu masyarakat.
  2. Kliucckhohn: pengertian dari budaya ini adalah sebuah system peralatan dan teknologi , system mata pencaharian hidup, system pengetahuan, Bahasa, kesenian, system prganisasi kemasyarakatan, sisten relgi serta upacara keagamaan.
  3. Edward Burnett Tylor: pengertian budaya ini merupakan keseluruhan dari yang kompleks yang berada pada dalamnya yang sudah terkandung dari sebuah kepercayaan, kesenian, moral, pengetahuan, adat istiadat, hukum dan dari kemampuan-kemampuan lain yang dapat seseorang sebagai anggota dari masyarakat.

Pengertian Seni Budaya menurut Para Ahli

  1. Harry Sulastiamto: seni budaya ini adalah suati keahlian yang mengeluarkan ide-ide serta pemikiran yang sangat indah, dan termasuk untuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan dari suasan tersebut, benda atau karya yang bisa menimbulkan rasa yang sangat indah ini sehingga dapat menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.
  2. Ida Bagus Putu Perwita: seni ini adalah sebuah penunjang sarana sebuah upacara adat.
  3. Thyibi: pengertian seni ini adalah sebuah perwujudan rasa seni yang sudah membudaya, dan sudah termasuk dalam sebuah aspek kebudayaan, sudah bisa dirasakan juga oleh orang banyak dalam kurun waktu dan perjalanan sejarah peradaban manusia tersebut.
Gravatar Image
Seorang remaja yang mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang Traveller.