Jaringan Komputer
Jaringan

Sejarah Lahirnya Jaringan Komputer yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Jaringan Komputer – Hai, apa kabar kalian? Anda sedang berada didalam blog kami, kali ini kita akan membahas tentang sejarah lahirnya jaringan. Mungkin kata jaringan sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Jaringan ini adalah sebuah sistem operasi yang terdiri dari sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama dan terdiri dari suatu jaringan yang terdiri dari titik-titik ynag saling berhubungan satu sama lain tanpa menggunakan kabel atau menggunakan kabel.

Sejarah lahinya jaringan ini berawal dari lahirnya konsep tujuan komputer pada tahun 1940an di Amerika yang dibuat oleh proyek pengembangann komputer MODEL 1 di lab bell dan group riset Univesitas Harvard dan pada saat itu dipimpin oleh Howard Aiken. Pada awal pekerjaan proyek itu hanyalah bertujuan ingin memanfaatkan sebuah komuter yang dipakai bersama. Dalam mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun, dan beberapa program akhirnya bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan atran antrian. Pada saat 1950an mulai berkembanglah jenis komputer hingga tercipta super komputer, maka sebuah komputer melayani beberapa tempat yang telah ada, yang biasa kita sebut dengan terminal. Oleh karena itu, telah ditemukan konsep distribusi proses waktu yang dikenal dengan nama TSS. Untuk pertama kalinya dibentuk jaringan atau network komputer diaplikasikan.

Sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung  dalam suatu jaringan komputer. Saat proses TSS sedang berlangsung, teknologi komputer dengan teknologi telekomunikasi sudah terlihat, ini berawal dari perkembangannya yang sendiri-sendiri. Keputusan yang telah dibuat oleh dapartemen pertahanan Amerika, U.S Defensee Advance Research Projects Agency yang bertujuan untuk mengadakan riset yang mempunyai tujuan menghubungkan komputer dan membentuk sebuah jaringan organik pada tahun 1969.

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET, pada tahun 1970 sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dan dihubungkan dengan jaringan satu sama lain. Sehinggga mereka saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Pada tahun 1970 beban pekerjaan semakin banyak dan harga dari perangkat jaringan komputer semakin mahal. Maka mulailah digunakan konsep proses distribusi. Dalam proses ini beberapa host komputer akan mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang disambungkan pada setiap host komputer. Pada saat distrubusi sudah mutlak dan diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminalnya dalam sebuah satu perintah dari komputer pusat.

 

Jaringan Komputer
Jaringan

Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektronik yang biasanya kita sebut dengan email. Dan juga pada setahun yang lalu untuk ARPANET. Program yang dibuatnya mudah untuk digunakan. Dan langsung terkenal. Pada tahun 1972 ikon @ juga digunakan sebagai lambang penting yang menunjukan “at”. Dan pada tahun 1973 jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas sampai luar Amerika Serikat. Komputer University College di London adalah komputer yang pertama yang ada di luar Amerika Serikat dan sudah menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun 1973. Dua orang yang ahli dalam komputer yaitu Vinton Cerf dan Bob Kahn telah mempersembahkan sebuah ide yang besar. Dan menjadi awal dari pemikiran Internasional Network atau Internet. Dan ide ini di kemukakan pertama kali di Universitas Sussex.

Dan Hari yang bersejarah berikutnya yaitu tanggal 26 Maret 1976. Dan ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik atau email dari Royal Signals and Radar Establishments di Malvern. Dan setelah setahun kemudian, sudah ada lebih dari 100 komputer yang sudah bergabung di ARPANET dan membentuk jaringan atau Network. Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups yang pertama dan diberi nama USENET (user network) pada tahun 1979. France telecom membuat hal baru dan meluncurkan telepon televisi untuk pertama kalinya, yaitu pada tahun 1981. Orang-orang bisa saling bertelepon dan saling berhubungan dengan video link.

Dengan berkembangnya bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, lalu dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui dan diterima oleh semua jaringan. Oleh karena itu, pada tahun 1982 dibentuklah sebuat TCP atau yang dikenal dengan Internet Protocol yang kita kenal sampai saat ini. Di Eropa juga muncul jaringan yang sama dan dikenal dengan EUNET ini hanya meliputi wilayah tertentu saja seperti Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET juga menyediakan jasa surat elektornik dan newsgroup USENET.

jaringan komputer terbaru

Pada tahun 1984, telah di luncurkan sistem penanaman domain atau yang biasa kita sebut dengan DNS. Dan untuk alamat yang sudah tersedia pada jaringan komputer. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang sudah ada melebihi 1000 komputer. Dan pada tahun 1987, komputer yang sudah tersambung pada jaringan berjumlah 10x lipat dan menjadi 10000 lebih. Pada saat tahun 1988, perkembangan jaringan komputer semakin pesat, orang yang mempunyai ide dan juga sekaligus memperkenalkan internet Relay Chat yang biasa terkenal dengan IRC adalah Jarkko Oikarinen.

Internet relay chat ini memungkinkan dua orang atau lebih untuk menjalankan komputer agar bisa berinteraksi langsung dengan cara mengirimkan pesan atau chatting. Dan pada akhirnya, akibatnya setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan berkembang terus hingga 10 kali lipat dari jumlah sebelumnya. Lebih dari 10000 komputer sudah membentuk sebuah jaringan. Pada pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang memiliki banyak sejarah. Karena pada saat itu ketika tim barners lee merancang sebuah program penyuntingan dan penjelajahan dan dapat menjelajahi komputer satu dengan komputer yang lainnya lalu membentuk jaringan lagi. Program ini yang disebut dengan waring wera wanua atau world wide web.

Dan komputer yang saling terhubung juga membentuk jaringan yang melampui sejuta komputer pada tahun 1922. Dan pada tahun yang sama juga muncul istilah surfing atau menjelajah. Dan pada saat 1994, juga bermunculan situs-situs internet mulai tumbuh hingga 3000 alamat halaman dan untuk pertamanya berbelanja melalui internet muncul di situs. Dan pada saat itu juga Yahoo! Didirikan dan juga tahun kelahiranya.

Berikut Contoh Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jaringan komputer secara umum ada 5 jenis, yaitu :

  1. LAN (Local Area Network)
  2. MAN (Metropolitan Area Network)
  3. WAN (Wide Area Network)
  4. Internet
  5. Wireless(Tanpa kabel)

Berikut diaatas adalah awal sejarah jaringan dan jenis jaringan pada komputer, semoga bermanfaat dan terimkasih.