Sejarah dan Perkembangan Komputer

Sejarah dan Perkembangan Komputer Yang Belum Kalian Ketahui

Posted on

Komputer merupakan sebuah alat yang sudah dikenal banyak orang. Karena alat ini mempu membantu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat dan tepat. Selain itu juga komputer tidak secanggih seperti saat ini, yang ukurannya sangat besar dan berat. Namun jika kita lihat dengan perkembngan zaman maka komputer ini diciptakan semakin canggih sehingga dengan ukuran yang kecil dan ringan sehinga bisa dibawa kemana-mana.

Sejarah dan perkembangan komputer dapat dibagi menjadi lima generasi, tiap-tiap generasi ditetapkan dengan berdasarkan teknologi pengenmbangan yang tujuannya untuk membuat komputer ini bisa beroperasi. Dari tiap teknologi pengembangan ini dapat menghasilkan komputer yang berukuran lebih kecil murah, efisien dibandingkan dengan yang dulu.

Baca Juga : Cara Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Nah, mumpung sekarang sedang membahas tentang sejarah dan perkembangan komputer saya akan memberikan sebuah artikel yang mungkin bisa bermanfaat untuk dan bisa menambah mengetahuan anda tentang sejarah dan perkembangan komputer. langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Komputer Generasi Pertama Tahun 1946-1959

Komputer Generasi Pertama Tahun 1946-1959
Komputer Generasi Pertama Tahun 1946-1959

Komputer generasi pertama ini dibuat pertama kali tahun 1946 dengan menggunakan bentuk tabung vakum sebagai pondasi dasar. Kemudian tabung vakum ini dijadikan sebagai bahan yang tidak begitu efisien karena dapat menghasilkan panas yang berlebihan dan juga perlu mengeluarkan daya listrik yang besar untuk bisa bekerja dengan baik.

Eniac atau electronic numerical integrator and computer ini bisa menjadi salah satu contoh dari komputer generasi pertama yang diciptakan oleh seorang yang bernama Mauchly dan Echert. ENIAC menggunakan 18.000 tabung dengan ukuran sekitar 18.000 kali persegi dan berat hingga 30 ton.

Komputer generasi pertama ini juga menggunakan bahasa mesin, yang mana merupakan bahasa dari pemprograman yang paling dasar untuk bisa dipahami oleh komputer tersebut. Komputer generasi ini juga mempunyai kemampuan yang terbatas untuk memecahkan suatu persoalan yang tidak bisa dipecahkan dalam satu waktu. Untuk melakukan input bisa digunakan kartu berlubang (punched cards) dan pita kertas. Output yang dihasilkan dari sebuah komputer adalah print-out. Meski fungsinya yang terbatas, maka biaya pembuatan komputer generasi pertama ini terbilang relatif fantantis, yaitu sekitar satu juta dollar.

Komputer Generasi Kedua Tahun 1959-1965

Komputer Generasi Kedua Tahun 1959-1965
Komputer Generasi Kedua Tahun 1959-1965

Teknologi transistor bisa menjadi awal dari perkembangan komputer generasi kedua, yang menggantikan peran dari yang sebelumnya yaitu tabung vakum pada komputer generasi pertama. Perkembangan transistor ini bisa melambangakan peningkatan teknologi dimasa depan.

Transistor ini juga mempunyai ukuran yang kecil dan menghasilkan panas yang lebih sedikit dibandingkan dengan tabung vakum. Selain itu juga transistor ini mempunyai tingkat kegagalan yang lebih kecil dibandingkan dengan komputer sebelumnya pada generasi pertama. Sebagai hasilnya transistor mampu menciptakan komputer yang ukurannya lebih kecil, lebih murah, lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi pertama.

Pada komputer generasi ini juga mempunyai pengembangan  yaitu bahasa pemprograman yang sudah dimilikinya. Bahasa mesin yang dulunya digunakan dan digantikan dengan bahasa assembly atau biasa juga disebut bahasa simbolik. Hal ini berarti programmer dapat memberikan sebuah instruksi dengan kata-kata yang mudah dipahami. Disaat yang sama bahasa pemprograman tingkat tinggi juga mulai dikembangkan salah satunya seperti common business-oriented language (CBOL) dan formula translator (FORTRAN). Sejak di gantinya bahasa pemprograman ini bisa memberikan sebuah manfaat untuk komputasi agar bisa lebih cepat dan lebih akurat.

Komputer Generasi Ketiga Tahun 1965-1971

Komputer Generasi Ketiga Tahun 1965-1971
Komputer Generasi Ketiga Tahun 1965-1971

Pada komputer generasi ketiga ini menggunakan komponen Integrated Circuit (ICs) yang menggantikan peran dari komputer generasi kedua yaitu transistor sebagai komponen komputer. transistor pada generasi ini telah di bentuk miniature sehingga satu buah IC terdiri dari beberapa transistor, resistor dan kapasistor.

Pertama kali yang menciptakan IC adalah seorang insiyur listrik yang bernama Jack Kilby yang kemudian dianugerahkan hadiah nobel atas penemuannya tersebut. Bagaimana tidak, dengan penemuannya tersebut memberikan sebuah peningkatan yang disignifikan terhadap kecepatan dan efiesiensi dari sebuah komputer, serta membuat komputer ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan komputer generasi sebelumnya.

Di tahun yang bersamaan banyak pengguna komputer ini dapan berinteraksi dengan menggunakan keyboard dan monitor dengan interface sistem operasi, sebuah kemajuan bila dibandingkan dengan kertas berlubang.

Sebagai hasil dari pengembangan teknologi tersebut, komputer pada waktu itu bisa dijangkau semua public karena harganya yang relatif murah dan bentu ukurannya lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Komputer Generasi Keempat Tahun 1971-Sekarang

Komputer Generasi Keempat Tahun 1971-Sekarang
Komputer Generasi Keempat Tahun 1971-Sekarang

Ini menjadi generasi yang terakhir yang dapat kalian lihat disekeliling anda. Kenapa dikatakan komputer yang terakhir karena Microprosesor adalah konsep utama dibalik generasi ini dalam sebuah satu chip yang terdiri dari ribuan transistor dan elemen sirkuit lainnya yang dihubungkan menjadi satu.

Perkembangan komputer generasi keempat ini tidak lepas dari intel, salah satunya yaitu dari perusaan yang membuat chip yang diciptakan oleh intel 4004 chip yang menjadi langkah awal perkembangan komputer generasi keempat ini. Kemudan digantikan dengan komponen-komponen komputer yang dulunya sebesar satu ruangan, dan kini hanya sebesar kepala tangan saja.

Pada tahun 1971 yang pertama kali membuat IBM yang sudah didesain khusus oleh penggunaan rumah dan tahun 1984 macinthos pertama kali diperkenalkan oleh apple. Jika kita lihat peningkatan yang terjadi pada komputer digenerasi ini menciptakan sebuah ide untuk membuat sebuah jaringan komputer, yang akhirnya mengarah ke perkembangan dan kelahiran internet. Kemajuan besar lainnya yang terjadi di generasi ini adalah diciptakanny Graphical User Interface (GUI), mouse, dan kemajuan yang sangat menakuban lainnya sehingga bisa menghasilkan sebuah komputer jinjing yang dapat dibawa kemana-mana atau biasa disebut dengan laptop.

Komputer Generasi Kelima (Sekarang-Masa Depan)

Komputer Generasi Kelima (Sekarang-Masa Depan)
Komputer Generasi Kelima (Sekarang-Masa Depan)

Komputer generasi kelima ini diperkirakan mempunyai taknologi berdasarkan kecerdasan buatan, dan hal ini masih dalam proses. Tujuannya agar dapat menghasilkan sebuah komputer yang mampu merespon dengan input bahasa yang kita ucakan dan mempunyai kemampuan untuk bisa dipelajari sekitar lingkungan dan bisa menyesuaikan diri sendiri.

Komputer kuatum, molekuler dan nanoteknologi menjadi kunci sukses dengan perkembangan teknologi komputer generasi ini. Jadi boleh dikatakan bahwa komputer generasi ini akan mempunyai banyak kecerdasan layaknya seperti manusia.

Setelah kita lihat perbandingan dari tiap generasi tentu membuat anda kagum karena ats pencapaiannya bisa lebih canggih. Maksud saya coba kita bayangkan apabila komputer saat ini masih sebesar komputer pertama, bisakah anda bayangkan seberapa besar bangunan yang dibutuhkan oleh sebuah perusaaan-perusaan untuk bisa menyimpan komputer? sungguh hal yang tidak masuk akal bukan.

Baca Juga : Inilah Beberapa Pengertian Agama Di Indonesia

Demikianlah artikel pada hari ini saya bisa saya berikan dan semoga artikel ini bisa manambah pengetahuan anda. Apabila artikel saya ini ada kesalahan dalam penulisan dan informasi bisa anda koment dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Seorang Pemuda Yang Ingin Sukses Di Masa Muda