Sejarah Candi Prambanan
Sejarah Candi Prambanan

Mari Kita Ketahui Tentang Sejarah-sejarah Candi Prambanan

Posted on

Sejarah Candi Prambanan – Candi Prambanan ini yang dapat terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan juga Kecamatan Prambanan, Klaten, dan kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan semarang.

Sejarah Candi Prambanan

Sejarah Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi ini adalah yang termasuk dengan Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu yang terbesar di Indonesia, sekaligus dengan salah satu candi yang sangat terindah di Asia Tenggara. Dan juga dapat menyaingi Candi Borobudur yang dapat merupakan candi Buddha yang terbesar dari Jawa yang pernah dibangun oleh Dinasti Syailendra, maka dari itulah Dinasti Sanjaya yang dapat membangun sebuah Candi Hindu yang tidak kalah megahnya.

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Sejarah Candi Prambanan adalah monument dalam peninggalan kerajaan Mataram Kuna (Dinasti Sailendra) yang berupa dari candi-candi yang dapat tersebar dan juga saling berdekatan. Dalam masing-masing candi yang memiliki karakteristik yang sangat unik dan juga khas, adapun latar belakang dalam keagamaan yang dapat berbeda-beda. Saat itu yang dapat teridentifikasi pada sekitar 68 pada bangunan candi yang ada dalam kawasan Prambanan dan juga sekitarnya.

Legenda Roro Jongrang

Pencipta legenda Roro Jonggrang yang tidak bisa dipisahkan dengan salah satu titik dalam sejarah candi Prambanan dimana yang dapat terjadi di gempa yang sangat besar dan juga dapat meluluhkan candi-candi tersebut. Legenda yang dapat dimulai dengan Pangeran Bandung Bondowoso kemudian dapat menumbuh Raja Boko dan juga dapat menguasai kerajaannya hanya bisa menikahi Roro Jonggrang.

Sejarah Candi Prambanan Kerajaan Pengging dan Boko

Sejarah Candi Prambanan berawal dari suatu ketika pada zaman kerajaan dahulu kala di bumi Nusantara ini. Yang disebut dua kerajaan Hindu yang cukup besar di Pulau Jawa. Kerajaan Pengging dengan rajanya yaitu Prabu Damar Moyo, kerajaan salah satunya yaitu kerajaan Pengging dengan rajanya Prabu Boko.

Sejarah Candi Prambanan Yogyakarta Peperangan Dua Kerajaan

Dapat dikisahkan pada suatu ketika Prabu Boko yang dapat memiliki keinginan untuk dapat memperluas keratonnya dan juga dapat menguasai Kerajaan Pengging yang kala menjadi Kerajaan yang sangat kuat. Ketika adanya perpisahan selesai dan semua kekuatan dapat terhimpun.

Sejarah Berdirinya Candi Prambanan kekalahan Keraton Boko

Bandung Bondowoso tiba di Keraton Boko, kini alangkah terkejutnya dengan melihat Prabu Boko yang mempunyai seorang puteri yang sangat cantik rupawan. Yang dapat melihat dengan kecantikan Roro Jonggrang yang dapat menggoda, Bandung Bondowoso jatuh hati padanya, serta juga dapat berminat untuk mempersunting.

Syarat-syarat yang harus di penuhi oleh Bandung Bondowoso tersebut adalah:

  1. Membuat sebuah sumur Jalatunda
  2. Mendirikan 1000 Candi dalam waktu satu malam

Asal usul Candi Prambanan Pesona Kecantikan Roro Jonggrang

Dan pada akhirnya Sang Pangeran pun dapat bersedia untuk memenuhi kedua persyaratan. Dia dapat membangun sumur yang diminta pada sang putri. Usaha Roro Jonggrang dan juga sang patih tidak dapat berjalan lancar. Bandung Bondowoso akan mengerahkan ilmu kesaktiannya, telah berhasil untuk menyelamatkan diri untuk keluar dari dalam sumur yang telah di timbun.

Sejarah Candi Prambanan Jawa Tengah Siasat Putri Roro Jonggrang

Sejarah Candi Prambanan untuk permintaan membangun 1000 candi di dalam waktu semalam bukanlah perkara yang sangat mudah bagi Bandung Bondowoso meski ia dapat terkenal sangat sakti. Dia dapat mengarahkan untuk segala kekuatan dan juga meminta bantuan para jin-jin untuk dapat membuat 1000 candi untuknya, dan juga para jin yang dapat bersedia untuk membantu.

Sejarah Candi Prambanan Candi Sewu Dan Mitosnya

Para jin yang tiba-tiba dapat berhenti bekerja karena hari yang telah pagi, Bandung Bondowoso juga terkejut dan curiga dengan yang terjadi. Setelah itu Bondowoso dapat memanggil Roro Jonggrang untuk dapat menghitung pada seluruh candi yang telah jadi dibangun. Setelah dapat dihitung pada jumlahnya, ternyata candi pun telah selesai untuk dibuat hanya dengan jumlah 999 buah.

Proses Pembangunan Candi Prambanan

Candi Prambanan Jokjakarta
Candi Prambanan Jokjakarta

Jika dapat di tinjau dari segi yang sangat luas bangunannya, Candi Prambanan inilah memang menjadikan candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Tetapi kini juga masih menjadikan tanda Tanya besar untuk dapat mengenai asal usulnya candi Prambanan yang sebenarnya. Belum dapat diketahui tentang siapa yang dapat memerintahkan pembangunan candi ini dan kapan tepatnya candi ini dibangun.

Sejarah Candi Prambanan dalam Prasasti Shivagrha

Prasasti Shivagrha ini yang dapat bertulisan dengan angka 856 M. dalam Prasasti ini juga terdapat keterangan yang harus menjawab semua dengan rasa penasaran kita. Pada dahulu candi Prambanan ini dapat dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap Dewa Siwa yang tak lain adalah dewa yang terbesar dalam Hindu.

Candi Prambanan Sebagai Pusat Pemerintahan

Kemegahan pada arsitektur candi Prambanan ternyata juga dapat membuat kerajaan Mataram yang dapat dikuasai oleh Dinasti Sanjaya yang sangat tertarik untuk menjadikan candi ini sebagai pusat untuk pemerintahan kerajaan. Yang sangat mirisnya, dalam usia pemindahan tersebut candi Prambanan yang mulai diabaikan dan juga ditinggalkan. Tidak ada juga yang merawatnya hingga pada akhirnya candi Prambanan ini runtuh karena adanya gempa bumi.

Sejarah Candi Prambanan Runtuhnya Candi Prambanan

Dalam perpindahan pemerintah kerajaan Mataram ke Jawa Timur ini dapat menjadikan candi Prambanan runtuh. Adapun alasannya yang dapat memperkuat dengan perpindahan tersebut adalah karena adanya letusan gunung merapi yang berada di sebelah utara candi. Candi Prambanan ini hanya menyisikan sebagai puing-puing adanya akibat gempa yang terjadi pada abad 16.

Tiga Candi Utama di Kawasan Candi Prambanan

  1. Candi syiwa

Candi ini yang menjadikan candi yang pertama dan berada di komplek Prambanan. Ketika itu telah ditemukan setelah ratusan tahun telah terkubur, candi ini yang sudah rusak.

  1. Candi Wisnu

Candi wisnu ini yang menjadikan candi kedua yang telah berada dikomlek Prambanan. Tepatnya candi ini telah di bagian utara candi Siwa dan juga menghadap ketimur. Pada candi ini yang bisa ditemukan sebagai relung yang terdapat arca Dewa Wisnu.

  1. Candi Brahma

Candi Brahma yang merupakan candi yang ketiga yang berada di komplek Prambanan. Tepatnya pada selatan candi Siwa dengan adanya ukuran yang nyaris sama dengan candi Wisnu. Candi Prambanan ini juga terdapat relung arca Dewa Brahma di dalamnya dengan tinggi 2,4 meter dan juga berdiri di atas pedestal.

Demikian dari artikel Sejarah Candi Prambanan ini, jika ada kesalahan dan kekurangan kata saya minta maaf. Terima kasih yang sudah membaca artikel saya.