sayuran untuk bayi

Sayuran Untuk Bayi yang Harus Bunda Dan Ayah Ketahui

Posted on

Sayuran Untuk Bayi yang Harus Bunda Dan Ayah Ketahui

Sayuran Untuk Bayi- sayuran adalah makanan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Dan makanan padat yang dianjurkan supaya diperkenalkan kepada bayi, untuk pertama kalinya. Dengan tujuan ini supaya si kecil terbiasa sudah mengkonsumsi sayuran sejak dari kecil.

Seperti yang anda ketahui bahwa anak-anak jarang suka dengan sayuran , karena rasa sayuran itu hambar. Oleh karena itu anda supaya membiasakan anak anda makan sayur pada sejak dini mulai dari sekarang. Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan bisa untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si anak.

Sayuran untuk bayi, bisa anda berikan dalam dengan cara dihaluskan menjadi bubur sehingga mudah untuk dicerna untuk perut bayi. Dalam memperkenalkan sayuran untuk bayi ini, anda bisa memberikan dengan cara bertahap.

Selain itu, anda bisa memberikan sayuran tersebut sesuia porsi yang sesuai jangan berlebihan. Berbagai jenis sayuran kadang sangat disukai oleh bayi, padahal kejadian ini bisa saja si bayi ini tidak suka sayuran sampai dewasa.

Berikut ini beberapa sayuran untuk bayi yaitu, sebagai berikut:

Bayam

bayam
bayam

Sayuran yang pertama yang baik untuk perkembangan si bayi ini adalah bayam. Bayam adalah sejenius sayuran yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak yaitu seperti, vitamin A, mineral, asam folat dan zat besi. Kandungan yang terdapat pada sauran bayam ini sangat berguna untuk otak bayi.

Selain itu, kalau anda sering memberikan si bayi dengan bayam, maka manfaat dari bayam ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit anemia, dan bisa juga untuk menjaga kesehatan sistem pensernaan si bayi. Anda bisa mengolah bayam tersebut dengan cara di haluskan dan bisa juga dicampur dengan bubur.

Brokoli

Brokoli
Brokoli

Yang kedua sayuran untuk bayi yaitu brokoli, brokoli memang memiliki tekstur yang lumayan keras sehingga diolah terlebih daluhu sebelum anda memberikan sayuran ini kepada bayi anda. Dengan cara yaitu anda kukus sampai benar-benat lunak.

Kemudian anda haluskan menggunakan blender, disaring dan anda campurkan kedalam bubur yang mua disantap oleh si bayi. Sayuran brokoli ini sangat kaya dengan kandungan nutrisinya yaitu seperti asam folat, mineral, vitamin A dan sulforatan sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit kanker.

Sayuran brokoli ini mengandung serat larut.  Kandungan asam folat yang terdapat sayur brokoli ini berperan  sangat penting dalam kesehatan bayi dan sistem saraf bisa mencegah bayi dari cacat. Kandungan kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tubuh si bayi dan pada tulang si bayi.

Wortel

wortel
wortel

Sayuran untuk bayi adalah wortel yang sudah tidak diragukan lagi ke populerannya. Wortel merupakan sayuran yang paling favorit dan terpopuler di seluruh dunia. Dan sebenarnya warna wortel ini memamng berbeda-beda, ada yang berwarna putih, orange, kuning bahkan ada yang berwarna merah maroon.

Wortel adalah salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Sayur wortel ini mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan si bayi. Wortel juga mengandung serat, posfor, kalsium dan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan si bayi.

Cara memberikan si kecil wortel anda harus, pertama sayur woirtelnya dikukus terlebih dahulu tunggu beberapa menit. Langsung tiriskan san tunggu hingga dingin terus di haluskan dengan blender supaya tekstur sayur wortel ini  benar-benar halus.

Seledri

seledri
seledri

Banyak orang yang mengetahui beberapa manfaat dari sayuran yang satu ini. Sayur ini adalah seledri, seledri memiliki kandungan mutrisi yang sangat bagus untuk perkembangan si kecil. Sayur seledri ini bisa anda campurkan kedalan bubur si kecil di waktu mau makan.

Kandungan posfor dan kalsium yang terdapat pada sayur seledri ini memang cukup tinggi. Manfaat dari sayur seledri ini adalah bisa menjada kesehatan tulang si kecil, mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil dan bisa juga untuk menunjang pembentukan otat si kecil.

Dalm 100 gram sayur seledri ini terkandung 494 IU vitamin C, dan semakin hijau daun seledri ini semakin tinggi kandungan vitamin  A. Vitamin yang terdapat (lainnya) di sayur seledri ini vitamin C, B1,dan B2. Dan sayur seledri ini juga mengandung senyawa poliasetilena.

Labu Siam

Labu Siam
Labu Siam

Labu siam yang terkenal dengan julukan nama yang lain jipang, dan labu siam ini mengandung kaya akab fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram labu siam ini, mengandung 25 miligram fosfor dan miligram kalisium. Dan sayuran labu siam ini jufa sayuran yang tergolong sangan rendah kalori,kaya mineral dan sangat tinggi serat. Dan manfaat dari sayuran labu siam ini untuk si kecil adalah bisa untuk pertumbuhan si kecil dan baik unutk tulang sikecil.

Manfaat sayuran labu siam ini untuk bayi dan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Sayuran labu siam ini memiliki beberapa kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatansi kecil. Salah satu manfaat labu siam untuk si kecil yaitu dapat membantu mengatasi si kecil dari sembelit dan sangat aman untuk pencernaan si kecil yang belum sempurna.

Tomat

tomat
tomat

Jenis sayuran yang satu ini adalah sayuran yang sangat kaya dengan kandungan likopen yang berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan si kecil. Sayuran tomat ini juga mengandung vitamin C dengan jumlah  yang cukup tinggi. Dan untuk memudahkan si kecil memakan sayuran tomat ini, sebaiknya anda kukus atau bisa anda jus.

Nah, itu tadi yang di atas adalah beberapa sayuran yang baik untuk si kecil. Dan para ahli kesehatan meyarankan kepada ayah bunda supaya memberikan si kecil dengan sayuran terlebih dahulu dari pada buah-buahan. Demikian artikel yang kami buat, semoga bisa bermanfaat. Dan jika ada kata-kata yang kurtang pas kami minta maaf…., sekian dan terima kasih…