Resep Tongseng Daging Kambing Santan
Resep Tongseng Daging Kambing Santan

Resep Tongseng Daging Kambing Santan Yang Sangat Mudah

Posted on

Resep Tongseng Daging Kambing Santan – Tongseng daging kambing santan merupakan salah satu masakan yang berkuah yang kental dengan menggunakan bumbu khas tongseng yang sangat harum dan juga rasanya sangatlah lezat. Resep masakan yang satu ini sangat berbeda dengan resep tongseng solo yang mana kuah dari masakan ini cenderung bening, resep masakan yang akan kita buat kali ini kuahnya lebih kental dan rasanya lebih gurih.

Dengan perpaduan antara bumbu tongseng daging kambing santan yang terbuat dari rempah alami dan kuah yang dicampur dengan santan yang gurih membuat masakan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu maskan spesial untuk keluarga. Apalagi jika kalian dapat mengolah daging kambing tersebut agar tidak berbau pengus ketika dicampurkan dengan bumbu daro rempah alaminya.

Cara untuk membuat masakan ini tidak jauh berbeda dengan resep masakan biasanya. Akan tetapi, ada sedikit bumbu rempah alami yang akan dikurangi dan ada sedikit bumbu rempah yang akan ditambahkan sedikit, agar masakan yang kita buat nanti mempunyai aroma yang harum dan rasanya yang sangat lezat. Resep tongseng daging kambing ini mungkin belum diketahui oleh banyak orang, mungkin masakan ini tidak sepopuler dengan tongseng daging sapi.

Resep Tongseng Daging Kambing Santan
Resep Tongseng Daging Kambing Santan

Akan tetapi, rasa dari resep masakan tongseng daging kambing santan ini tidak kalah dengan resep masakan tongseng yang lainnya. Untuk membuat resep masakan tongseng yang satu ini memanglah sedikit lebih ribet dibandingkan ketika kalian membuat resep gulai kambing atau resep sate kambing. Resep masakan yang menggunakan bahan dasar dari daging kambing merupakan salah saru resep masakan tradisional yang sangat disukai masyarakat.

Rasa dan juga tekstur pada daging kambing yang sangat ungik dan juga bumbu tongseng danging kambing spesial memang tiada duanya. Kalau kalian melihat sekilas bahan yang digunakan untuk membuat tongseng daging kambing santan memang klihatannya sangat mirip dengan gule kambing atau masakan dengan menggunakan bahan dasar daging kambing yang lainnya.

Masakan tongseng ini merupakan masakan yang berasal dari jawa tengah, masakan tongseng yang berasal dari jawa tengah ini memiliki kuah yang lebih pekat dan warnanya hitam. Dengan penggunaan kecap kental manis pada resep tongseng yang menggunakan daging kambing santan ini membuat citarasa yang berbeda dengan masakan yang lainnya. Rasa yang lebih gurih dan manis membuat masakan ini sangat cocok untuk disantap dengan nasi putih.

Masalah yang sering sekali dikeluhkan oleh ibu kalau sedang memasak dengan menggunakan daging kambing adau bau yang tidak sedap dari daging kambing. Memang sering kali ketika kalian memasak dengan menggunakan daging kambing mengalami hal seperti ini. Bau yang tidak sedap dari daging kambing ini sering kali menjadi hambatan. Terutama jika kita mengolah daging kambing menjadi sebuah masakan tongseng ini atau respe masakan yang berkuah lainnya.

Bahan Untuk Membuat Resep Tongseng Daging Kambing Santan

Resep Tongseng Daging Kambing Santan
Resep Tongseng Daging Kambing Santan
  • Bahan yang paling utama dalam memasak masakan ini adalah daging kambing yang segar sebanyak 1 kilogram. Sebaiknya yang akalian gunakan untuk memasak adalah daging kambing pada bagian pahanya agar daging lebih empuk. Potong daging kambing sehingga berbentuk kubus atau kaloan juga bisa memotongnya sesuai selera alian masing-masing.
  • Daun bawang yang masih segar untuk diberikan atau ditaburkan, kalian siapkan sebanyak 2 sampai 3 batang daun bawang.
  • Buah tumat yang masih segar sesuaikan dengan selera kalian.
  • Sayuran kubis kalian potong sesuai dengan selera kalian.
  • Air yang bersih digunakan untuk merebus daging kambingnya sebanyak 2,2 liter.

Bahan Untuk Membuat Tongseng Daging kambing

Resep Tongseng Daging Kambing Santan
Resep Tongseng Daging Kambing Santan
  • Santan yang kental atau kalian juga bisa menggunakan santan yang instan kalian gunakan sebanyak 150 ml saja.
  • Daun salam kalian siapkan sebanyak 4 helai daun
  • Kapulaga kalian siapkan sebanyak 4 buah saja.
  • Kecap kental manis yang mempunyai kualitas bagus kalian sediakan sebanyak 2 hingga 3 sendok makan.
  • Cengkeh kalian siapkan sebanyak 6 buah saja.
  • Daun jeruk purut yang sebelumnya sudah disobek kalian siapkan daun jeruk purut sebanyak 5 helai daun.
  • Lengkuas kalian siapkan sepanjang 4 cm saja. Sebelum dimasak kalian geprek terlebih dahulu.
  • Kayumanis kalian siapkan sebanyak 2 buah saja dan yang mempunyai ukuran 3 cm.
  • Batang serai yang sebelumnya sudah digeprek kalian siapkan sebnayak 2 buah. Kalian bambil pada bagian putih dari batang serai.
  • Gula jawa yang sudah disisir secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2.5 sendok makan
  • Kembang lawang atau bunga pekak kalian gunakan sebanyak 2 pcs saja.
  • Jahe yang memiliki ukuran sedang besar kalian gunakan sebanyak 2 cm. sebelum digunakan sebaiknya kalian geprek.
  • Biji buah pala kalian gunakan sebanyak 2 buah saja. Bisa kalian hilangkan kalau kalian tidak mempunyai biji buah pala.
  • Garam dapur yang mengandung yodium kalian gunakan secukupnya atau sesuai selera kalian bisa gunakan sebanyak 1 sendok makan.

Bahan Atau Bumbu Yang Digunakan Untuk Membuat Resep Tongseng Kambing

Resep Tongseng Daging Kambing Santan
Resep Tongseng Daging Kambing Santan
  • Bawang merah yang mempunyai ukuran sedang besar kalian guankan sebanyak 8 pcs.
  • Bawang putih kating yang mempunayi ukuran sedang besar kalian sediakan saja sebanyak 6 pcs.
  • Kunyit yang mempunyai ukuran sedang kurang lebih kalian siapkan sepanjang 2 cm. Kupas kulit kunyitnya kemudian kalian iris kecil-kecil sebelum ditumis.
  • Jinten kalian gunakan sedikit saja atau kalian guankan sebanyak 4 sendok kecil.
  • Kemiri yang sebelumnya sudah disangrai terlebih dahulu kalian gunakan sebanyak 4 pcs.
  • Cabai merah keriting kalian gunakan sesuai dengan selera atau kalian bisa gunakan sebanyak 3 sampai 4 pcs. Atau kalian bisa menggantinya dengan cabai merah besar kalau tidak suka pedas.
  • Pala kalian guankan sebanyak 0.5 pcs.
  • Merica butiran yang sebelumnya sudah kalian sangrai sebentar kalian gunakan sebanyak 1.5 sendok kecil.
  • Ketumbar butir yang sebelumnya sudah kalian sangrai juga kalian siapkan sebanyak 2 sendok kecil.
  • Minyak kalian gunakan sebanyak kalian butuhkan.

Cara Untuk Membuat Resep Tongseng Daging Kambing Santan

Resep Tongseng Daging Kambing Santan
Resep Tongseng Daging Kambing Santan
  1. Pertama yang harus kalian guankan adalah menghaluskan bumbu tongseng santan nya sampai halus kemudian kalian sisihkan.
  2. Setelah kalian haluskan bumbu tongseng siapkan wajan penggorengan yang mempunyai ukuran besar dengan minyak secukupnya dan kalian tunggu hingga panas.
  3. Setelah wajan tadi panas, kalian masukkan bumbu tongseng yang tadi, kemudian kalian aduk-aduk sebentar sampai bumbu merata dan mulai tercium bau yang harum tumisan bumbu.
  4. Masukkan jahe, dan bahan tongseng lainnya kemudian kalian aduk hingga warnanya berubah dan menjadi harum. Kemudian tambahkan minyak gorengnya supaya nanti bumbu tumisannya tidak gosong.
  5. Masukkan potongan daging kambing yang sebelumnya sudah kalian potong dan dicuci bersih dengan menggunakan wajan yang berisi bumbu tadi, kemudian aduk-aduk kembali hingga bumbunya meresap dan menyusut ke dalam dagingnya.
  6. Tuang 1.1 liter air ke dalam bumbu, kemudian masak kembali dengan menggunakan api sedang kecil sampai dagingnya empuk. Jangan lupa sesekali kalian aduk agar meresap dan rata
  7. Setelah empuk kalian tuang garam dapur mengandung yodium, gula pasir dan air kembali sampai kira-kira didapat kuah yang kalian inginkan atau kurang lebih 2 literan.
  8. Kemudian tuang santan kentalnya bersama dengan daun bawang yang sebelumnya sudah dirajang kemudian aduk-aduk kembali sampai santannya yang tadi matang dan mendidih.

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan kepada kalian tentang Resep Tongseng Daging Kambing Santan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih