Mantap! Resep Pempek Super Nikmat & Gurih Bisa Anda Coba di Rumah

Posted on
resep pempek
resep pempek

Pempek, siapa sih yang tidak pernah mendengar masakan tersebut? Di setiap pinggir jalan,rumah makan ataupun restoran, pasti sering melihat masakan pempek. Ataupun pedagang kaki lima. Ya, tentu pempek merupakan makanan nikmat dengan tekstur lembut kenyal dan memiliki citra rasa daging ikan yang khas dan gurih . Pempek adalah makanan khas Sumatera Selatan, tepatnya di Palembang. Namun,pempek sekarang tidak hanya di Palembang saja, tapi di setiap sudut wilayah Sumatera Selatan pasti sudah memproduksinya. Pempek ini memiliki citra rasa dan aroma yang khas yaitu terbuat dari ikan belida. Karena harganya cukup mahal dan langka kemudian digantikan dengan ikan tenggiri atau sejenisnya.

Asal usul pempek sudah ada sejak abad ke-16, yaitu ketika para perantau Tionghoa memasuki daerahnya.  Saat itu kesultanan Palembang-Darussalam dipimpin oleh Sultan Mahmud Badaruddin II. Awalnya nama pempek untuk sebutan lelaki atau paman Tionghoa yang biasa dipanggil apek atau pek-pek yang menjual makanan pempek ini atau dulu disebut kelasan. Jadi, buatan kelesan asli dari orang Palembang kemudian dijajakan dengan orang Tionghoa/China.

Saat menjual jajakan kelesan,para pembeli memanggil penjual dengan kata “Pek,Epek” artinya mampir sini! Kemudian panggilan tersebut terkenal akhirnya berubah jajakan tersebut menjadi pempek. Pada sat itu para pembelinya rata-rata anak pemuda. Lalu berkembanglah sampai saat ini.

Pempek sebenarnya terbuat dari ikan belida, karena rasanya enak dan gurih, seiring berjalan waktu harga ikan belida semakin mahal harganya sepadan dengan 1 kg daging sapi. Produksi ikan belida pun semakin langka kemudian digantikan dengan ikan gabus,tenggiri,kakap atau sejenisnya hingga berkembang sampai saat ini. Pempek memiliki variasi yang bermacam-macam. Nah, kali ini saya membuat resep pempek super nikmat dan gurih. Berikut ini!

  • Resep Membuat Pempek

Bahan-bahan membuat pempek :

  1. 200 gr ikan tenggiri atau bisa digunakan dengan ikan lain seperti ikan gabus,ikan kakap dll. (lalu giling)
  2. 200 gr tepung kanji/tepung sagu
  3. 1 ½ sendok teh garam
  4. ½ sendok the gula pasir
  5. Minyak goreng secukupnya
  6. Telur 1 butir
  7. Timun secukupnya

Resep membuat biang :

  1. 150 ml air kaldu ayam bisa juga dengan kaldu ikan
  2. 3 sdm tepung terigu
  3. 2 siung bawang putih, haluskan
  4. 1 batang daun bawang iris tipis-tipis

Resep saos cuko :

  1. ½ kg gula merah,potong-potong
  2. Cabai rawit secukupnya
  3. 100 gr bawang putih
  4. 2 sdm cuka putih atau bisa juga air asam/air jeruk nipis
  5. Garam secukupnya
  6. 1 liter air
  • Cara membuat pempek :

  1. Rebus bahan resep biang tadi sampai mendidih.
  2. Campur ikan yang telah di giling tadi dengan air biang, tuang sedikit demi sedikit, beri garam dan gula secukupnya sampai adonan tersebut terasa.
  3. Tambahkan tepung kanji/tepung sagu secukupnya,tambahkan telur sehingga adonan bisa diuleni ( kenyalnya adonan sesuai selera,semakin kenyal,maka tepung semakin banyak).
  4. Setelah itu adonan dibentuk sesuai selera.
  5. Jika ingin membuat pempek kapal selam, ambil adonan secukupnya bentuklah seperti mangkuk lalu diisi dengan telur ayam mentah kemudian ditutup kembali dengan adonan agar telur ayam tidak bocor.
  6. Setelah pempek siap kemudian rebus hingga mengembang.
  7. Setelah mengembang, angkat dan tiriskan lalu pempek yang sudah matang masukkan ke dalam air dingin.
  8. Kemudian membuat resep saos cuko, rebus semua bahan-bahan saos cuko, lalu sisihkan.
  9. Setelah saos cuko sudah siap kemudian saatnya menggoreng pempek.
  10. Goreng pempek sampai berwarna kuning keemasan, jika sudah matang tiriskan.
  11. Lalu pempek siap dipotong-potong dan sajikan bersama cuko dan mentimun.
  12. Pempek siap disajikan.

Itulah resep membuat pempek super nikmat dan gurih yang bisa Anda coba di rumah, bisa disantap sebagai camilan untuk keluarga ataupun mengisi waktu luang. Semoga bermanfaat.

Selamat Mencoba…