Resep Membuat Gulai Sapi

Resep Membuat Gulai Sapi Yang Lezat dan Sederhana

Posted on

Resep Membuat Gulai Sapi – kali ini saya akan mengajak sobat jempoltangan.com untuk mencoba menu yang baru untuk dihidangkan kepada keluarga tercinta. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba resep olahan makanan yang kaya akan rempah-rempah dan dengan menggunakan bahan dasar dari daging sapi, yaitu gulai sapi.

Kalau kalian melihat kalimat tersebut pastinya kalian sudah mengetahui bahwa resep masakan dengan menggunakan daging sapi ini terinspirasi dan menggunakan bumbu kari yang mana bumbu ini pertama kali di temukan di Negara india. Dengan menggunakan bumbu rempah-rempah yang dapat kita bilang cukup lengkap, resep masakan gulai daging sapi ini mempunyai rasa yang sangat lezat dan juga enak.

Masakan gulai sapi ini lebih lezat lagi jika disantap dengan menggunakan nasi putih yang masih hangat, dan masakan yang satu ini akan terasa lebih nikmat lagi jika kita menyantapnya bersama dengan keluarga yang kita sayangi di rumah. Masakan gulai daging sapi yang satu ini diolah dengan menggunakan banyak sekali jenis rempah-rempah dan juga santan. Bagi kalian yang mempunyai penyakit maag atau yang lainnya, sebaiknya kalian berhati-hati dalam memakan masakan gulai ini.

Resep Membuat Gulai Sapi
Resep Membuat Gulai Sapi

Resep masakan gulai daging sapi yang satu ini bukan berasal dari Negara kita. Resep makanan yang asli adalah dari resep kari yang kemudian dimodifikasi dengan menggunakan bumbu dan juga dengan citarasa orang Indonesia. Resep gulai sapi memakai banyak sekali macam bumbu dari bahan rempah-rempah, sehingga dari aroma yang kita cium sudah bisa menilai kelezatan masakannya.

Masakan ini juga ditambahkan dengan santan yang asli dari parutan buah kelapa langsung, resep makanan gulai sapi yang satu ini sangat cocok untuk disantap bersama keluarga tercinta disaat cuaca sedang dingin atau juga bisa dibuat untuk makan malam. Kuah pada masakan yang satu ini sangatlah kental karena masakan ini menggunakan banyak sekali jenis rempah-rempah dan juga menggunakan santan yang kental.

Banyak orang yang memasak masakan gulai sapi ini dengan menggunakan berbagai macam jeroan, jadi agak membuat khawatir bagi kalian yang menderita penyakit asam urat dan juga kolesterol. Akan tetapi, kalian juga bisa menggunakan daging sapi untuk bahan dasar dari membuat masakan yang satu ini, tanpa kalian harus menggunakan usus, babat dan jeroan yang lainnya.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Gulai Sapi

Resep Membuat Gulai Sapi
Resep Membuat Gulai Sapi
  • Sesuai dengan judul kita hari ini, bahan yang paling utama untuk membuat masakan ini adalah daging sapi bagian has luar kurang lebih 500 grm. Sebaiknya ketika kalian membuat masakan yang satu ini campurkanlah dengan menggunakan jeroan sapi yang lainnya, contohnya seperti usus, babat, dan jeroan sapi yang lainnya.
  • Untuk menghilangkan kotoran yang ada pada jeroan dan juga pada daging sapi kalian tidak perlu mencuci dengan menggunakan air, tetapi kalian cukup merebus jeroan dan juga daging sapi tersebut. Setelah daging dan jeroan sapi direbus, potonglah menjadi kotak-kotak kecil seperti dadu.
  • Lengkuas yang mempunyai panjang 2cm, dan sudah di pukul terlebih dahulu.
  • Kapulaga, kalian gunakan hanya 2 buah kapulaga saja.
  • Batang serai tetapi yang digunakan hanya pada bagian putihnya saja sebanyak 2 biji. Cuci batang serai terlebih dahulu dengan menggunakan air yang mengalir dan kemudian pukul batang serai agar aroma yang dimiliki batang serai tersebut keluar.
  • Daun kunyit, kita menggunakan daun kunyit agar aroma masakan kita lebih harum, kita gunakan hanya 1 lembar saja. Cuci daun kunyit terlebih dahulu dengan menggunakan air yang bersih, kemudian kalian ikat daun serai agar memudahkan kita ketika memasaknya.
  • Daun jeruk purut yang masih segar sebanyak 5 lembar, dengan kita menggunakan daun jeruk aroma masakan kita akan lebih harum dan juga dapat mengurangi rasa amis yang dimiliki daging sapi.
  • 1/5 buah kelapa yang sudah diparut, kelapa yang sudah diparut ini akan kita buat sebagai santai sebanyak 0,5 liter santan yang kental dan juga 1 liter air santan yang encer.
  • Garam yang beryodium, gunakan garam tersebut secukupnya atau sesuai selera kalian.
  • Cengkeh sebanyak 4 buah saja.
  • Gula merah yang sudah kalian iris tipis, agar rasa pada masakan kalian lebih legit.\gula pasir secukupnya.
  • Minyak goreng atau kalian juga bisa menggunakan margarin secukupnya. Minyak ini digunakan untuk menumis bumbu gulai sapi ini
  • Air yang bersih secukupnya.

Bumbu Untuk Membuat Gulai Sapi

Resep Membuat Gulai Sapi
Resep Membuat Gulai Sapi
  • Bawang merah yang mempunyai ukuran sedang kira-kira sebanyak 8 siung. Kupas kulit bawang merah kemudian potong menjadi beberapa bagian agar mudah ketika dihaluskan.
  • Bawang putih sebanyak 4 buah. Kemudian dipotong sama seperti bawang merah.
  • Cabai merah besar sebanyak 2 sampai 3 buah cabai merah besar.
  • Cabai merah yang keriting sebanyak 4 sampai 6 buah cabai.
  • Ketumbar sebanyak 2 sendok teh saja.
  • Kunyit yang mempunyai ukuran yang sedang sepanjang 2 cm. kunyit dibakar terlebih dahulu sebelum kunyit tersebut dihaluskan.
  • kemiri yang telah kalian sangria sebanyak 4 buah.
  • Jintan bubuk sebanyak 0,5 sendok teh saja.
  • Jahe yang sudah kalian kupas kasar sepanjang 2 cm.

Cara Membuat Gulai Sapi Yang Lezat

Resep Membuat Gulai Sapi
Resep Membuat Gulai Sapi
  1. Langkah yang harus kalian lakukan pertama kalinya adalah rebus daging dan juga jeroan sapi dengan menggunakan air yang sudah mendidih. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada jeroan dan daging sapi. Masak daging dan jeroan hingga empuk.
  2. Haluskan berbagai macam bumbu yang sudah disiapkan tadi. Sebaiknya kalian menghaluskan bumbu-bumbu tersebut dengan cara diuleg.
  3. Kalian siapkan penggorengan dengan menggunakan api yang kecil , lalu beri minyak goreng sebanyak 2 sendok.
  4. Bumbu gulai yang sudah dihaluskan diaduk agar tercampur rata.
  5. Masukkan lengkuas, cengkeh, kapulaga, daun kunyit dan lainnya, kemudian diaduk kembali dan masak sampai tercium bau harum.
  6. Tuang daging dan juga jeroan yang sudah direbus ke dalam penggorengan dan kemudian aduk hingga merata dan juga berubah warna.
  7. Lalu masukkan santan yang encer ke dalam masakan.
  8. Tuang garam dan juga gula merah lalu aduk kembali sampai mendidih
  9. Setelah masakan tersebut mendidih kalian masukkan santan yang kental lalu aduk kembali hingga masakan merata. Setelah matang tuang gulai ke dalam wadah.
  10. Masakan gulai siap di sajikan.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Resep Membuat Gulai Sapi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba menu masakan yang baru. Terima kasih.