masakan korea
masakan korea

Masakan Korea Yang Mudah Dibuat Dan Enak

Posted on

Masakan Korea Yang Mudah Dibuat Dan Enak

Masakan korea – semua kota pastinya memiliki makanan khas masing-masing dan juga cita rasa yang berbeda-beda, dan untuk membedakannya biasanya dari bumbu rempah-rempahnya saja. Karena, setiap kota negara ini memiliki citarasa berbeda-beda dari rempah-rempah yang digunakan. Dan negara korea ini termasuk salah satu negara yang menghasilkan makanan atau masakan lezatnya.

Mungkin makanan korea ada yang sudah tidak asing lagi bagi kalian, apalagi bagi kalian ynag penggemar k-drama. Apalagi baru-baru ini banayak hiburan yang berasal dari korea yang datang ke indonesia otomatis secara tidak langsung makanan khas korea menjadi populer dan dikenal banyak orang.

Untuk anda yang suka dengan atau gemar sekali menonton drama atau acara korea lainnya pastinya tidak asing lagi dengan makanan korea. Pada kesemaptan kali ini kami akan membahas resep masakan korea yang mudah untuk kita buat dan yang pastinya halal bagi kita untuk umat muslim. Masakan korea ini tidak semuanya haram bagi kita.

Masakan korea ini tidak kalah dengan masakan tetangganya seperti jepang ataupun china, korea ini terkenal dengan masakan negeri ginseng. Yang mana, masakan dari negeri ginseng ini bisa memanjakan lidah anda. Adapun resep masakan korea adalah, sebagai berikut:

Kimchi

Kimchi
Kimchi

Kimchi ini merupakan makanan yang terbuat dari sayur yang difermentasi, mungkin hampir sama dengan indonesia kalo di indonesia asinan yang difermentasikan. Adapun sayuran yang digunakan adalah sawi putih, timun, dan juga lobak. Kimchi ini bisa bertahan lama apabila disimpan di lemari es atau bisa disimpan dengan baik.

Adapun resepnya adalah, sebagai berikut:

Bahan-bahannya

·         1 buah sawi putih yang sudah dibelah menjadi dua

·         1 buah mentimun potong seperti korek api

·         1 ikat daun bawang dan diiris halus

·         1 bawang bombay dicincang kasar

·         1 lobak putih

·         Garam kasar

Bahan pasta:

·         2 sendok makan saos tiram

·         2 sendok makan gula pasir

·         2 sendok makan kecap asin

·         Jahe seruas jari

·         5 biji bawang putih

·         2 sendok makan tepung beras

·         6 sendok cabe bubuk (lebih banyak lagi juga tambah enak)

·         1 gelas air

Langkah-langkahnya:

  • Sawi putih yang sudah dibelah menjadi dua, lalu taburi denag garam kasar disetiap lembar sawi, kemudian beri sedikit air. Diamkan selama 3 jam agar sawinya layu. Lalu gigit apabila sudah asin cuci bersih dengan air bersih lalu  tiriskan.
  • Siapkan mentimun, lobak, daun bawang, bawang bombay, yang sudah dipotong dan dicincang. Sisihkan
  • Kemudian larutkan tepung beras kedelama satu gelas air, lalu panaskan diatas kompor sampai tepung menjadi padat dan juga meletup-letup. Matikan api dan dinginkan.
  • Haluskan jahe dan bawang putih, lalu ambil adonan pasta tepung beras yang sudah di dinginkan. Kemudian     masukkan jahe dan bawang yang sudah dihaluskan, bubuk cabe, kecap asin, gula, dan saos tiram. Lalu aduk rata hingga pasta berwarna merah
  • Kemudian masukkan potongan lobak, mentimun, daun bawang, dan juga bombay kedalam pasta, lalu aduk       hingga  rata
  • Ambil sawi yang sudah diasinkan tadi dan tiriskan dengan pasta (ketiak melumuri sawi jangan lupa pakai sarung tangan agar tangan tidak kepanasan) lalu lumuri sawi dengan pasta sampai merata.
  • Kemudian siapkan wadah kedap udara untuk menaruh kimchi (bisa gunakan toples tupperware, atau lion star). Lalu masukkan sawi yang sudah dilumuri pasta dan tutup toples hingga rapat.
  • Diamkan selama dua hari agar adonan asin, bila tidak suka terlalu asin bisa diamakn saja selama satu hari saja.
  • Sajikan kimchi dengan mie atau makanan lainnya.

Kimbap

Kimbab
Kimbab

Yang kedua kita bahas kimbap, yang mana kimbap ini hampir sama dengan makanan khas jepang yang mana dijepang dikenal dengan sushi. Kimbap atau sushi ini tidak jauh beda, karean isi dari sushi ini bisa kalian varian isi. Namu, kimbap biasanya di isi dengan daging, sayur, atau isa kalian modifikasi sesuai selera.

Adapun nasinya ini dibumbui dengan minyak wijen dan juga sedikit garam, dan juga tidak lupa lagi kimbap ini dilapisi dengan rumput laut. Adapun resep kimbap atau sushi ini adalah, sebagai berikut:

Adapun bahan-bahannya:

·         2 lembar rumput laut

·         Wortel yang sudah dipotong tipis memanjang

·         2 biji sosis

·         1 biji telur ayam

·         5 sendok nasi yang baru matang

Langkah-langkahnya:

  • Siapkan gulungan kimbap, lalu letakkan rumput laut diatas gulungan kimbap, kemudian siapakan nasi yang baru matang kedalam wadah agar uap panasnya berkurang.
  • Rebus sosis dan potong menjadi dua bagian, kemudian dadar telur dan potong memanjang
  • Kemudian letakkan nasi diatas rumput laut yang sudah diletakkan di atas gulungan kimbap, lalu letakkan sosis   yang  sudah dipotong, letakkan wortel yang sudah dipotong, dan telur yang sudah dipotong memanjang,         kemudian gulung.
  • Kimbap sosis telur sudah siap disajikan

Bibimbap

Bibimbab
Bibimbab

Bibimbap merupakan nasi yang dicampur dengan lauk dan juga sayur, cara memakan bibimbap ini dengan cara dicampur atau diaduk hingga merata sayur dan juga lauknya, baru dimakan dan ditambahkan dengan saus sambal. Namua, biasanya bibimbap ini disajikan dalam mangkuk, atau ada yang disajikan dalam mangkuk yang panas dan juga ditambah dengan telur setengah matang (kuning telurnya saja). Adapun resep bimbibap adalah, sebagai berikut:

Adapun bahan-bahannya:

·         Nasi putih

·         Telur ayam

·         Wortel potong memanjang

·         Kentang potong memanjang

·         Bayam

·         Daging sapi yang sudah digiling

·         Garam

·         Air

·         Bawang putih yang sudah dicincang

·         Bawang bombay yang sudah dicincang

·         Unsalted butter

Langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama masak telur menjadi telur mata sapi, tapi jangan terlalu matang yang penting kuning  telurnya setengah matang.
  • Kemudian rebut wortel, kentang, dan bayam,angkat dan sisihkan. Kemudian cincang bayam lalu sisihkan
  • Lalu panaskan wajan dan lelehkan unsalted butter kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay  yang     dicincang kemudian masukkan daging yang sudah digiling lalu tambahkan air dan juga garam.  Kemudain masak daging hingga empuk lalu angkat dan sisihkan
  • Kemudian  siapkan mangkuk dan isi dengan nasi lalu, tata wortel,kentang, bayam, daging, dan yang  terakhir     letakkan telur setengah matang diaas bagian tengah.
  • Bibimbap atau nasi sayur siap disajikan.

Ramyeon

Ramen
Ramen

Ramyeon atau biasa dikenal mi ramen, mi ramen ini juga dikenal sebagai makanan khas jepang. Tapi mie ramen ini adalh makanan mie instan asal korea, kalau dalam serial drama pasti mie ramen adalah makanan yang sangat praktis dan juga simple untuk makan malam. Dan cara makan mie ramen ini unik, karena makannya ini langsung pakai panci tanpa memakai mangkuk.

Mie ramen ini mie yang memiliki kuah seperti kare, kalau di indonesia mie sedap kare spesial. Adapun resep mie ramen adalah, sebagai berikut:

Adapun bahan-bahannya:

·         250 mie bulat siap saji yang bisa anda beli di supermarket

Bahan kuah :

·         600 ml kaldu ayam

·         100 gr daging ayam yang dipotong kotak-kotak

·         1 sendok makan minyak sayur

·         1 sendok makan soy sauce

·         ½ sendok teh cabai bubuk

·         1 sendok makan kecap asin

·         Garam secukupnya

·         Merica secukupnya

·         1 sendok makan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air

·         Langkah-langkahnya:

  • Siapkan panci yang berisikan air panas, kemudian masukkan mie kedalam panci, dan biarkan mie matang dan   mengapung, kemudain angkat dan tiriskan.
  • Panaskan wajan dan isi minyak secukupnya, kemudian masukkan bawang putih, bawang prei, dan tumis hingga tercium bau harum.
  • Lalu tambahkan daging yang sudah dipotong-potong dalam tumisan lalu, aduk hingga rata dan warna daging   berubah.
  • Lalu tambahkan soy sauce,kaldu, cabe bubuk, kecap asin, garam, dan merica. Kemudian masukkan larutan         tepung  maizena dalam kuah dan didihkan sampai mengental.

Demikian informasi dan resep yang kami bagikan tentang resep masakan korea yang mudah untuk anda tirukan dirumah. Apabila ada kesalahan baik dari penulisan atau peletakan kata kami minta maaf yang sebesar-besarnya. Dan jangan lupa baca artikel lainnya tentang resep masakan di website kami yaitu, jempoltangan.com semoga artikel kami bermanfaat. Sekian dan terima kasih!