Resep Kue Semprit
Resep Kue Semprit

Resep Kue Semprit yang Gurih dan Mudah Dibuat

Posted on

Resep Kue Semprit – Selain kue nastar keju, kue kering semprit yang memiliki bentuk menyerupai bunga mawar yang mekar juga termasuk salah satu variasi kue kering lebaran yang wajib tersedia. Selain memiliki rasa yang gurih dan renyah, kue kering yang satu ini juga memiliki bentuk yang sangat pas untuk dimasukkan ke dlaam mulut kita.

Kue kering semprit ini memiliki berbagai varian rasa, seperti kue semprit coklat, kue semprit keju, kue semprit sagu dan lain sebagainya. Tidak hanya cocok untuk dijadikan sebagai hidangan saat lebaran, kue kering semprit ini juga dapat dijadikan teman untuk minum kopi atau teh. Apalagi di saat seluruh keluarga berkumpul.

Dan karena rasanya yang gurih dan renyah, kue kering yang satu ini sering dijadikan camilan saat perjalanan mudik atau saat sedang ada acara arisan atau acara keluarga lainnya. Memang pembuatan kue semprit ini sendiri memakan waktu yang cukup lama.

Namun, apabila Anda memiliki waktu luang yang menurut Anda cukup untuk membuat kue semprit ini, tidak ada salahnya Anda mencobanya. Pembuatan kue semprit ini akan tidak terasa lama jika semua anggota keluarga ikut membantu. Selain berhemat, aktivitas seperti ini dapat menambah keakraban dan kehangatan antar anggota keluarga.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mencoba resep kue semprit mawar yang sering dijumpai di toples ruang tamu saat silahturahmi lebaran. Sebenarnya pembuatan resep kue semprit ini hampir sama dengan proses pembuatan kue semprit coklat, kue semprit keju atau variasi rasa lainnya. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pun hampir sama.

Hanya saja yang membedakan yaitu terdapat beberapa bahan tambahan seperti keju, coklat dan lainnya. Biasanya di bagian tengah kue semprit di beri hiasan berupa kismis. Namun, jika Anda bosan dengan hiasan tersebut, Anda bisa menggantinya dengan variasi lain, seperti kurma, kacang, kacang mete atau yang lainnya. Berikut ini resep kue semprit yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Resep Kue Semprit Kismis

Kue Semprit Kismis
Kue Semprit Kismis

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 40 gram tepung jagung
  • 40 gram epung maizena
  • ¼ sendok teh vanila bubuk
  • 150 gram gula pasir bubuk atau gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • 200 gram mentega
  • 100 gram kismis atau secukupnya
  • 380 gram tepung terigu yang memiliki kadar protein sedang

Cara membuatnya

  1. Campurkan tepung terigu dan tepung maizena di dalam wadah, aduk hingga tercampur rata lalu ayak.
  2. Masukkan putih telur ke dalam wadah kecil yang berbeda dan rendam kismis di dalamnya.
  3. Ambil wadah berukuran besar dan masukkan mentega, gula bubuk, kuning telur dan anili bubuk. Kocok semua bahan dengan menggunakan mixer hingga tercampur rata.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung maizena dan tepung terigu yang telah disiapkan tadi sembari tetap di aduk. Ulangi langkah tersebut hingga campuran tepung habis dan semua bahan telah tercampur rata dan tidak ada gumpalan.
  5. Lumuri loyang yang akan dipakai untuk memanggang kue dengan sedikit mentega agar tidak lengket.
  6. Siapkan plastik segitiga untuk membuat cetakan kue sempritnya. Masukkan semua bahannya ke dalam plastik segitiga, kemudian tekan bagian tengah plastik hingga berbentuk menyerupai bunga mawar yang mekar hingga semua loyang terisi penuh.
  7. Kemudian letakkan kismis di atas bagian tengah kue.
  8. Setelah itu, masukkan loyang yang telah terisi penuh dengan adonan kue semprit ke dalam oven dengan suhu sekitar 165 derajat hingga 175 derajat. Panggang selama kurang lebih 21 menit hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  9. Setelah itu keluarkan loyang dari oven. Diamkan kue semprit hingga dingin, lalu masukkan ke dalam toples yang kedap udara.
  10. Kue kering semprit siap disajikan.

Resep Kue Semprit Coklat

Resep Kue Semprit Coklat
Resep Kue Semprit Coklat

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 350 gram tepung terigu
  • 300 gram margarin
  • 2 butir kuning telur
  • 50 gram coklat bubuk
  • 200 gram gula halus
  • Choco chip secukupnya
  • Vanili bubuk

Cara membuatnya

  1. Campurkan margarin dan gula halus, aduk hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan kuning telur, aduk kembali sampai halus dan adonan kue semprit tercampur sempurna.
  3. Masukkan juga vanili, terigu dan coklta bubuk. Aduk hingga tercampur rata dengan menggunakan spatula.
  4. Olesi loyang yang akan digunakan untuk memanggang dengan margarin.
  5. Siapkan plastik segitiga untuk cetakan kue semprit. Masukkan adonan kue semprit ke dalam plastik segitiga, lalu tekan bagian tengah plastik segitiga di atas loyang yang telah diolesi dengan margarin hingga berbentuk bunga mawar yang merekah. Ulangi langkah tersebut hingga loyang terisi penuh.
  6. Kemudian letakkan choco chip di atas bagian tengah kue.
  7. Setelah itu, masukkan loyang yang telah terisi penuh dengan adonan kue semprit ke dalam oven dengan suhu sekitar 165 derajat hingga 175 derajat. Panggang selama kurang lebih 21 menit hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan.
  8. Setelah itu keluarkan loyang dari oven. Diamkan kue semprit hingga dingin, lalu masukkan ke dalam toples yang kedap udara.
  9. Kue kering semprit coklat siap disajikan.

Resep Kue Semprit Sagu Keju

Kue Semprit Sagu Keju
Kue Semprit Sagu Keju

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 600 gram tepung sagu
  • 300 gram gula pasir halus
  • 3 butir kuning telur
  • 60 gram keju cheddar parut
  • 350 gram mentega
  • 60 ml santan
  • ½ sendok teh garam

Cara membuatnya

  1. Langkah pertama, sangrai tepung sagu selama kurang lebih 15 menit dengan api berukuran kecil, kemudian sisihkan.
  2. Selanjutnya campurkan garam, gula pasir dan mentega hingga lembut. Tambahkan kuning telu, aduk kembali hingga tercampur rata.
  3. Masukkan juga keju parut dan santan, aduk kembali hingga tercampur rata.
  4. Lumuri loyang yang akan dipakai untuk memanggang kue dengan sedikit mentega agar tidak lengket.
  5. Siapkan plastik segitiga untuk membuat cetakan kue sempritnya. Masukkan semua bahannya ke dalam plastik segitiga, kemudian tekan bagian tengah plastik hingga berbentuk menyerupai bunga mawar yang mekar hingga semua loyang terisi penuh.
  6. Kemudian taburkan keju di atas kue.
  7. Setelah itu, masukkan loyang yang telah terisi penuh dengan adonan kue semprit ke dalam oven dengan suhu sekitar 165 derajat hingga 175 derajat. Panggang selama kurang lebih 30 menit hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  8. Setelah itu keluarkan loyang dari oven. Diamkan kue semprit hingga dingin, lalu masukkan ke dalam toples yang kedap udara.
  9. Kue kering semprit sagu keju siap disajikan.

Demikian resep kue kering semprit yang bisa kami berikan. Anda dapat melihat resep makanan lain di jempoltangan.com. Semoga bermanfaat dan terima kasih.