Cara Sederhana Untuk Membuat Resep Kue Putu Ayu
Cara Sederhana Untuk Membuat Resep Kue Putu Ayu

Cara Sederhana Untuk Membuat Resep Kue Putu Ayu

Posted on

Cara Sederhana Untuk Membuat Resep Kue Putu Ayu – di era yang semakin modern seperti ini, banyak sekali variasi dari resep masakan dan juga kue dari Negara luar masuk ke alam Negara kita. Untuk menemukan makanan atau kue yang berasal dari Negara luar bukan hanya di mal besar saja, akan tetapi kalian bisa menemukannya di tengah-tengah pemukiman masyarakat.

Meski banyak sekali resep masakan luar yang masuk ke Negara kita, kue basah tradisional yang asli dari Negara kita tidak kalah enak jika dibandingkan dengan roti atau kue dari Negara luar. Salah satu resep kue basah yang menjadi favorit keluarga adalah resep kue putu ayu yang rasanya sangat enak. Kebanyakan masyarakat menyebut kue putu ayu ini dengan julukan kue putri ayu yang sangat enak. Kue yang satu ini mempunyai tekstur yang sangat lembut yang kemudian di balut parutan kelapa.

Kue putu ayu ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia saja lo!, akan tetapi resep kue putu ayu ini juga sangat disukai oleh masyarakat yang berasal dari Negara tetangga yaitu Negara Malaysia. Mungkin karena Negara kita dengan Negara Malaysia serumpun jadi citarasa mereka hampir sama dengan citarasa dengan masyarakat Indonesia. Bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat salah satu jajanan ini kita dapat menemukan bahannya dengan sangat mudah.

Cara Sederhana Untuk Membuat Resep Kue Putu Ayu
Cara Sederhana Untuk Membuat Resep Kue Putu Ayu

Harga untuk bahan yang digunakan membuat resep kue basah yang satu ini sangatlah terjangkau oleh sebagian besar masyarakat. Untuk membuat resep kue putu ayu yang lembut, gurih dan juga empuk saat dimakan ada beberapa macam hal yang harus kalian perhatikan dalam proses pembuatannya dan kalian juga harus memperhatikan bahan yang akan digunakan. Untuk membuat kue putu ayu ini caranya sama seperti membuat putu mayang.

Akan tetapi, pada kesempatan kali ini kita akan membuat kue putu ayu dengan cara di kukus, sehingga kue putu ayu ini lebih sehat dan tidak mengandung kolesterol yang jahat. Biasanya kolesterol jahat banyak kita dapatkan dari gorengan. Selain itu, pewarna yang akan kita gunakan untuk memberi warna pada kue ini adalah pewarna alami dan juga sehat, contohnya seperti daun suji atau kalian juga bisa menggunakan daun pandan.

Kita juga bisa membuat kue putu ayu ini dengan menggunakan warna coklat, merah atau warna yang lainnya. Akan tetapi, kita harus benar benar memastikan jika bahan yang akan kalian gunakan untuk membuat kue ini adalah bahan yang benar-benar alami dan bahan itu tidak mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Untuk yang lebih jelasnya, kalian bisa melihat di bawah, bahan apa saja yang akan digunakan dan juga bagaimana cara memembuatnya.

Bahan-Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Resep Kue Putu Ayu Yang Sangat Lembut

Cara Sederhana Untuk Membuat Resep Kue Putu Ayu
Cara Sederhana Untuk Membuat Resep Kue Putu Ayu
  • Untuk bahan yang digunakan untuk membuat kue putu ini sama dengan resep kue basah yang lainnya, resep kali ini kalian memerlukan tepung terigu yang mengandung protein yang sedang. Kalian gunakan sebanyak 200 gram. Sebelum digunakan ayak tepung terlebih dahulu sampai halus.
  • Cake emulsifier, gunanya bahan yang satu ini agar adonan kalian mempunyai tekstur yang lembut kalian gunakan sebanyak 1 sendok yang berukuran kecil.
  • Telur ayam yang mempunyai kualitas yang sangat baik sebanyak 2 butir saja.
  • Gula pasir sebanyak 200 sampai 210 gram.
  • Pewarna makanan yang berwarna hijau, atau kalian juga bisa membuat pewarna makanan sendiri dari rebusan daun yang sudah disebutkan tadi.
  • Parutan dari buah kelapa yang tidak terlalu tua agar kue ini terasa gurih dan mudah untuk dipadatkan
  • Santan kelapa yang asli sebanyak 200 mililiter.
  • Garam yang harus beryodium kalian gunakan sesuai dengan selera kalian.

Cara Untuk Membuat Resep Kue Putu Ayu Yang Sangat Lembut

Cara Sederhana Untuk Membuat Resep Kue Putu Ayu
Cara Sederhana Untuk Membuat Resep Kue Putu Ayu
  1. Langkah yang pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat kue putu ayu ini adalah membuat adonan kuenya. Pertama kalian siapkan wadah yang mempunyai ukuran besar atau kalian juga bisa menggunakan mangkuk mixer.
  2. Kemudian kalian masukkan 2 butir telur ayam, pelembut kue dan juga gula pasir. Kemudian kalian kocok bahan yang tadi dimasukkan dengan menggunakan mixer dengan menggunakan kecepatan yang tinggi, aduk adonan hingga semua bahan tadi tercampur dengan merata dan mengembang dengan sempurna.
  3. Setelah bahan yang sudah kalian campurkan ke dalam mixer mengembang kalian masukkan tepung terigu yang kandungan proteinnya sedang, kemudian aduk kembali bahan bahan yang tadi dengan menggunakan mixer sampai semua bagian tercampur dengan rata dan tidak ada yang menggumpal.
  4. Kemudian setelah tepung dan bahan-bahan yang lainnya dicampur, kalian masukkan santan yang sudah kalian peras dari kelapa dengan cara sedikit demi sedikit, dan sambil kalian aduk adonan hingga semua bahan tercampur dengan merata.
  5. Setelah adonan tercampur dengan merata, kemudian kalian masukkan pewarna makanan atau jika kalian menggunakan air rebusan daun pandan kalian juga masukkan kedalam adonan, aduk kembali adonan hingga warna hijau yang kalian inginkan.
  6. Kemudian kalian siapkan wadah untuk tempat kalian mencampurkan kelapa yang sudah di parut dengan garam halus yang beryodium.
  7. Ambil adonan putu ayu yang sudah kalian buat kemudian kalian masukkan parutan kelapa ke dalamnya. Lalu tekan kelapa hingga menjadi padat agar hasil kuenya tidak pecah. Kemudian kalian tuangkan ke dalam wadah yang sudah berisi kelapa parut sebanyak ¾ buah.
  8. Kemudian kalian siapkan panci untuk mengkukus adonan kue putu ayu, lalu kalian masukkan adonan putu ayu yang sudah di cetak ke dalam panci kalian masak kue dengan menggunakan api yang berukuran sedang selama 20 hingga 30 menit.
  9. Kemudian setelah kue matang kalian keluarkan kue dari cetakan.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada kalian tentang Resep Kue Putu Ayu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya. Terima kasih.