Cara Untuk Membuat Resep Kue Lapis Legit Pontianak
Cara Untuk Membuat Resep Kue Lapis Legit Pontianak

Cara Untuk Membuat Resep Kue Lapis Legit Pontianak Yang Lezat

Posted on

Cara Untuk Membuat Resep Kue Lapis Legit Pontianak – Hai sobat jempoltangan.com. Apakah kalian masih ingat dengan jenis kue yang satu ini, kue yang mempunyai warna yang cantik dan juga memiliki tekstur yang sangat lembut? Kue ini mempunyai nama kue lapis legit, kue ini kue yang sangat populer di tahun 90 an. Walaupun kue ini kelihatannya agak ketinggalan jaman, akan tetapi kalau tentang rasa yang ada pada kue ini tidak akan kalah dengan kue lapis yang sudah modern.

Salah satu hal yang membuat jenis kue bolu lapis ini tidak menjadi populer saat ini, karena harga jual pada kue ini yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis kue atau jajanan yang lainnya. Mungkin saja, yang membuat harga dari kue lapis legit ini cukup mahal adalah cara untuk membuat kue lapis legit yang memang sedikit susah dibandingkan dengan berbagai jenis kue atau jajanan yang lainnya.

Selain cara membuat kue ini yang sedikit susah, untuk membuat resep kue lapis legit Pontianak juga memerlukan bahan yang sangat banyak, terutama bagi penggunaan kuning telur. Jenis kue lapis yang satu ini memang sangatlah spesial, tidak hanya dari rasa yang dimiliki kue lapis ini saja, akan tetapi juga cara untuk membuat resep kue lapis legit ini.

Cara Untuk Membuat Resep Kue Lapis Legit Pontianak
Cara Untuk Membuat Resep Kue Lapis Legit Pontianak

Harga untuk mendapatkan jenis kue lapis yang satu ini sangatlah spesial dan bahkan hamper lebih mahal dibandingkan dengan jajan dan kue lapis yang lainnya, contohnya seperti kue lapis Surabaya dan kue lapis yang lainnya. Hal seperti inilah yang menjadikan kendala bagi kebanyakan orang yang sangat ingin mencoba untuk merasakan kelezatan kue lapis yang satu ini.

Bagi kalian yang belum bisa mencoba untuk merasakan kelezatan kue ini kalian tidak peril khawatir lagi, karena pada kesempatan kali ini saya akan mengajak kalian untuk membuat resep kue lapis legit Pontianak yang lezat. Jika kalian membuat jenis kue yang satu ini di rumah, akan membuat pengeluaran kalian berkurang dan kalian bisa berhemat.

Jika kue lapis yang kalian buat memiliki rasa yang sangat lezat dan banyak disukai oleh orang, kalian juga bisa menjadikannya sebagai peluang usaha kalian dan menjadikan salah satu sumber untuk pemasukan bagi kalian. Kue lapis yang satu ini tidak sama dengan jenis kue lapis yang lainnya. Biasanya jenis kue lapis yang lainnya tidak terlalu banyak dalam penggunaan bahan telur sebagai campuran adonannya.

Akan tetapi, resep kue lapis legit ini memerlukan telur yang sangat banyak dan masih segar dari pada jumlah telur yang digunakan untuk membuat kue lapis yang lainnya. Tetapi dalam pembuatan kue ini tidak semua bagian dari telur akan kalian gunakan, yang akan kalian gunakan hanyalah bagian putih telurnya saja.

Bahan-Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Resep Kue Lapis Legit Pontianak

 

  • Tepung terigu yang mengandung protein yang sedang kalian siapkan sebanyak 60 gram. Sebelumnya kalian saring terlebih dahulu tepung terigu sampai tepung menjadi benar-benar halus.
  • Kuning dari telur ayam yang masih sangat segar kalian siapkan sebanyak 39 butir kuning telur, hal ini dilakukan agar hasil dari kuenya nanti mempunyai tekstur yang sangat lembut dan juga warna yang sangat cantik
  • Putih dari telur ayam yang masih sangat segar kalian siapkan sebanyak 4 butir telur ayam.
  • Gula pasir yang halus dan mempunyai kualitas yang sangat bagus, hal ini digunakan agar menciptakan rasa yang manis. Kalian siapkan gula halus sebanyak 300 gram saja.
  • Tepung maizena yang mempunyai kualitas yang sangat bagus, kalian siapkan sebanyak 30 gram saja.
  • Bumbu spekuk yang khusus untuk membuat resep kue lapis legit dengan kualitas yang sangat bagus, kalian siapkan sebanyak satu sendok teh saja.
  • Mentega yang mempunyai kualitas yang sangat baik kalian siapkan sebanyak 400 gram.
  • Susu bubuk yang memiliki kualitas yang sangat baik kalian siapkan sebanyak 20 gram saja.

Cara Untuk Membuat Resep Kue Lapis Legit Pontianak Yang Sangat Lezat

  1. Langkah yang harus kalian lakukan pertama kali, kalian harus menyiapkan wadah yang memiliki ukuran sedang untuk membuat adonan yang utama.
  2. Kemudian kalian masukkan 30 butir kuning dari telur ayam, gula pasir yang sudah dihaluskan, dan juga putih telur ke dalam wadah yang sudah kalian siapkan.
  3. Kemudian kalian kocok ketiga bahan yang sudah dimasukkan ke dalam wadah hingga merata.
  4. Kemudian kalian masukkan satu sendok yang berukuran kecil cake emulsifernya ke dalam wadah, lalu aduk hingga merata.
  5. Kemudian kalian masukkan tepung terigu, susu bubuk, bumbu spekuk dan juga tepung maizena, kemudian kalian aduk kembali hingga semua merata.
  6. Kemudian kalian masukkan juga mentega ke dalam wadah adonan. Untuk memasukkan mentega ke dalam wadah jangan kalian langsung masukkan, kalian masukkan dengan sedikit demi sedikit.
  7. Kemudian kalian panaskan oven, kalian tunggu oven panas sebelum memasukkan Loyang.
  8. Kalian siapkan Loyang sudah diberi alas kertas roti dan sudah diberi margarin sedikit agar tidak lengket. Kemudian kalian tuangkan adonan sebanyak 50 sampai 60 gram saja .
  9. Kemudian kalian masukkan Loyang yang sudah berisi adonan ke dalam oven sampai adonan berwarna agak kecoklatan.
  10. Setelah adonan berwarna kecokelatan, tuang adonan yang lain ke dalam Loyang dan masukkan lagi kedalam oven.
  11. Lakukan terus seperti ini sampai adonan habis.
  12. Kemudian kalian panggang kembali adonan kue hingga berwarna kecokelatan. Dengan menggunakan api yang berukuran kecil.
  13. Ulangi semua sampai terakhir panggang adonan selama 15 menit sampai kue benar-benar matang.

Demikian ayang dapat saya sampaikan kepada kalian tentang Resep Kue Legit Pontianak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Terima kasih dan selamat mencoba.