Resep Camilan Gurih
Resep Camilan Gurih

Beberapa Resep Camilan Gurih Kering yang Enak

Posted on

Resep Camilan Gurih – Cemilan kering yang sangat enak, gurih dan juga bergizi. Cemilan kering gurih ini yang menjadikan favorit untuk keluarga dirumah yang dijadikan teman saat santai, menonton tv, dan berkumpul-kumpul atau juga berakhir pekan bersama. Lebih enak jika dimakan saat kumpul-kumpul bersama. Cemilan ini juga bisa menjadikan pembuka sebelum masuk ke menu utama.

Dan banyak sekali jenis-jenis resep camilan gurih yang kita kenal. Dengan beraneka ragam rasa tingkat kesulitan untuk membuatnya yang dapat menjadikan cemilan kering ini banyak yang berminat. Jika ingin mencari referensi resep-resep cemilan kering, maka anda sedang berada di tempat yang tepat.

Kacang Bawang Renyah Gurih

Kacang Bawang Renyah Gurih
Kacang Bawang Renyah Gurih

Resep camilan gurih kacang bawang ini cemilan yang sangat sederhana dan merupakan makanan yang ringan, kacang bawang ini yang mempunyai rasa yang renyah dan gurih. Membuat kacang bawang ini sangat sederhana yang dikupas dan direndam dengan santan hingga dapat meresap lalu di goreng dengan minyak. Lalu bisa disimpan didalam jangkau waktu lama dapat disajikan di saat lebaran. Langsung saja baca resep kacang bawang yang gurih dan renyah.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 500 gram kacang tanah yang sudah dikupas lalu dicuci hingga bersih.
  • Mentega secukupnya
  • 500 ml santan kelapa
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus

  • 1 sendok teh ketumbar
  • Garam secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • 6 siung bawang putih

Cara Membuat Kacang Bawang Gurih

  1. Siapkan semua bahan. Lalu cuci kacang tersebut hingga bersih kemudian dapat di tiriskan.
  2. Haluskan semu bumbu, lalu masukan ke dalam panci yang sudah diberi santan kelapa.
  3. Rebus santan tersebut bersamaan dengan bumbu sampai mendidih lalu diaduk.
  4. Masukkan kacang tanah tersebut di dalam santan yang sudah dapat mendidih, lalu aduk sampai merata dan diamkan selama santan dingin.
  5. Tiriskan kacang tanah pada beberapa saat sampai surut/asat.
  6. Panaskan minyak goreng lalu dapat diberi mentega secukupnya.
  7. Goreng kacang tanah dengan minyak sampai berwarna emas kecoklatan dan memiliki tekstur yang renyah.
  8. Tiriskan kacang bawang di atas tisu, lalu simpan di dalam toples saat kacang bawang sudah dingin.
  9. Kacang bawang gurih dan renyah yang siap untuk disajikan.

Kacang Telur Gurih

Kacang Telur Gurih
Kacang Telur Gurih

Jenis-jenis cemilan kacang ini banyak orang yang menyukainya dan cemilan kacang ini juga tidak cukup untuk waktu lebaran saja, tetapi sangat cocok untuk cemilan sehari-hari. Kacang bawang habis, bersambutlah kacang telur yang memiliki rasa gurih, manis, asin dan memiliki sensasi telurnya. Kacang telur sangat familiar sekali terutama pada musim-musim lebaran. Tetapi saat membuat kacang telur sendiri dapat mengalami kesusahan. Untuk anda yang ingin mencobanya langsung saja melihat resep yang satu ini.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam ½ sendok makan
  • Tepung terigu 500 gram
  • Gula halus 150 gram
  • Telur 2 butir
  • Bawang putih 6 siung
  • Margarine 4 sendok makan
  • Kacang tanah 600 gram

Cara Membuat Kacang Telur Gurih

  1. campurkan gula halus, telur, garam, bawang putih, dan margarin lalu aduk bahan-bahan tersebut hingga rata.
  2. Tuangkan 2 sdm adonan telur tersebut kedalam kacang tanah. Lalu gulung kacang tersebut hingga dapat terbalut rapat pada adonan tepung tersebut.
  3. Selanjutnya anda bisa menggunakan saringan untuk bisa mengayak agar tepung bisa merata. Lakukan hal tersebut berulang-ulang 3 sampai 4x agar ketebelannya merata.
  4. Kacang yang sudah terbalut dengan tepung maka langkah selanjutnya anda bisa panaskan dengan api untuk menggoreng kacang. Lalu masukan kacang telur kedalam minyak goreng sampai berwarna kecoklatan kemudian dapat diangkat dan ditiriskan.
  5. Kacang telur tersebut siap untuk disajikan didalam toples.

Emping Melinjo Gurih

Emping Melinjo Gurih
Emping Melinjo Gurih

Resep camilan gurih jebakan kaleng biscuit lainnya yaitu emping. Emping yang merupakan cemilan tradisional. Cemilan emping ini juga sering menjadikan makanan pelengkap untuk menu kita sehari-hari seperti mie aceh, bubur ayam, dan lain sebagainya.

Cemilan emping yang sejenis dengan kerupuk yang terbuat dari melinjo yang sudah disangrai lalu setelah itu dipotong dengan tipis-tipis dan dihancurlan dengan menggunakan alat khusus kemudian dijemur hingga kering. Untuk anda yang butuh tips khusus membuat atau menggoreng emping melinjo agar memiliki rasa yang super gurih dan juga enak.

Emping melinjo ini juga belum bisa dikonsumsi secara langsung. Emping melinjo yang harus digoreng dahulu. Karena permukaan emping juga terlihat kasar dan juga tidak rata. Emping yang memiliki dua rasa yaitu pahit, manis, dan gurih.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 400 gr margarin
  • 1 kg emping melinjo mentah
  • 1liter minyak sayur
  • Garam secukupnya

Tips untuk Membuat Emping Melinjo

  • Pastikan emping melinjo yang sudah berkondisi kering dan sudah dijemur sebelum digoreng, agar bisa mekar cantik saat digoreng.
  • Margarin yang berkualitas sangat bagus. Margarin ini yang membuat rasa emping melinjo super gurih dan dapat menyamarkan rasa-rasa yang alami.

Cara menggoreng emping melinjo supaya rasa gurih dan enak

  1. Panaskan minyak goreng.
  2. Lalu tambahkan margarin, tunggu hingga meleleh dengan sempurna.
  3. Ambil emping melinjo secukupnya, lalu masukan dedalam minyak yang sudah dicampurkan dengan margarin, goreng dengan menggunakan api yang sedang sambil dibolak-balik sampai berkembang sempurna agar dapat warna emas kecoklatan, jika sudah kering angkat lalu tiriskan sampai suhunya menurun.
  4. Emping melinjo gurih tersebut siap disajikan didalam toples. Emping melinjo goreng yang memiliki rasa super gurih dan siap santap.