Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar
Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar

Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar Yang Lembut

Posted on

Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar – Memiliki bentuk yang sangat unik dan seperti bunga yang sedang bermekaran dan juga mempunyai warna yang sangat menarik, bisa membuat salah satu jenis kue basah tradisional yang asli berasal dari Indonesia ini mempunyai nama bolu kukus mekar sangat digemari semua kalangan masyarakat.

Salah satu jenis resep bolu kukus ini sudah banyak dilupakan oleh masyarakat, terutama bagi kalangan wanita yang sangat menggemari resep kue yang modern. Cara untuk membuat resep bolu kukus mekar ini sangat mirip dengan resep bolu kukus pelangi. Hanya saja, yang membedakan bolu kukus ini adalah tempat untuk mencetaknya yaitu dicetakkan dan juga di Loyang yang digunakan untuk membuat salah satu kue basah ini.

Resep untuk membuat bolu kukus mekar ini mungkin tidak sama seperti lumpia basah, bolu gulung atau resep bolu yang lainnya yang sangat populer. Jajan kue basah ini biasanya dapat kita jumpai disaat ada acara khusus saja, contohnya seperti acara ulang tahun, acara arisan, dan acara-acara yang lainnya.

Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar
Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar

Akan tetapi, salah satu jenis bolu kukus ini juga sangat lezat untuk kalian santap sehari-hari atau juga bisa kalian bawa untuk bekal ke sekolah atau ke kantor. Rasa yang sedikit manis dan juga sangat lembut dengan warna yang sangat cantik bisa mengundang selera masyarakat untuk menyantapnya.

Cara untuk membuat resep bolu kuku mekar ini bisa di bilang sangat gampang. Bagi orang yang sudah pernah membuat kue kukus basah ini. Akan tetapi bagi orang yang belum pernah membuat jajan yang satu ini akan mengatakan membuat jajan kue ini sangatlah susah. Sebenarnya proses dalam pembuatan jajan yang satu ini sangatlah mudah, asalkan saja kalian mengikuti langkah dan juga tips yang saya sajikan dibawah.

Kalian juga bisa membuat kue kukus mekar ini dengan menggunakan warna yang kalian suka, asalkan saja pewarna yang kalian gunakan adalah pewarna makanan dan juga aman untuk kesehatan. Kalian tidak perlu menggunakan warna hijau dan merah saja, akan tetapi kalian juga bisa menggunakan pink, coklat, kuning atau pewarna makanan yang lainnya.

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Resep Bolu Kukus Mekar

Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar
Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar
  • Untuk membuat jenis kue yang satu ini sama saja dengan membuat kue yang lainnya. Kue bolu ini juga membutuhkan tepung terigu yang memiliki kandungan protein yang rendah sebanyak 275 gram. Usahakan kalian menggunakan tepung terigu yang mempunyai kualitas yang sangat bagus dan juga terhindar dari kotoran. Sebelum kalian menggunakan tepung terigu ini, sebaiknya kalian ayak tepung terlebih dahulu sampai tepung benar-benar halus.
  • Bahan ini digunakan untuk membantu melembutkan tekstur pada kue kalian , kalian sediakan sebanyak 2 sendok teh saja. Kalian juga bisa menggunakan merek SP tau merek yang lainnya.
  • Gula pasir yang putih dan mempunyai kualitas yang bagus, kalian sediakan sebanyak 200 gram. Atau kalian juga bisa menambahnya bagi kalian yang menyukai manis.
  • Minuman yang mengandung soda, kalian sediakan sebanyak 225 mililiter, minuman soda ini digunakan untuk membantu mengembangkan adonan kuenya. Sebaiknya ketika kalian membuat kue bolu kukus ini, gunakan minuman soda yang tidak ada rasanya. Atau sama seperti yang digunakan untuk membuat soda gembira.
  • Baking powder yang mempunyai kualitas yang baik kalian gunakan setengah dari sendok kecil.
  • Telur ayam yang mempunyai ukuran sedang hanya 1 butir telur.
  • Esens vanili kalian gunakan hanya setengah dari sendok yang berukuran kecil.
  • 2 macam pewarna makanan yang sangat aman bagi tubuh kalian gunakan sebanyak 2 tetes saja pada masing-masing warna. Untuk warna yang digunakan itu sesuai dengan selera kalian.
  • Kertas roti digunakan untuk alas cetakannya.

Cara Untuk Membuat Resep Bolu Kukus Mekar Yang Sangat Lezat

Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar
Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar
  1. Langkah yang harus kalian lakukan pertama kali adalah campurkan tepung terigu yang mengandung protein rendah dengan menggunakan vanili bubuk dan juga baking powder.
  2. Kemudian kalian aduk ke tiga bahan tadi menggunakan spatula sampai semua tercampur dengan rata.
  3. Kemudian kalian siapkan satu wadah lagi yang mempunyai ukuran sedang. Kemudian kalian masukkan telur ayam, gula pasir, dan cake emulsifier lalu kalian kocok ke tiga bahan tersebut dengan menggunakan mixer dengan kecepatan agak tinggi, kocok hingga menggembang. Jika sudah mengembang kalian kecilkan kecepatan mixernya.
  4. Kalian masukkan air yang mengandung soda dengan sedikit demi sedikit, tetapi tetap sambil kalian kocok sampai air sodanya habis, jika adonan semua sudah tercampur dengan rata kalian matikan mixer.
  5. Kemudian kalian masukkan tepung yang ada di wadah yang pertama ke dalam wadah yang ke dua sedikit demi sedikit, jangan lupa sambil diaduk agar tercampur dengan merata.
  6. Kalian lakukan hingga tepung yang ada di wadah pertama habis dan tidak ada gumpalan pada adonan kue kalian.
  7. Ambil adonan yang sudah tercampur dengan rata, kemudian kalian bagi ke dalam dua wadah untuk dicampurkan dengan warna yang akan kalian gunakan kemudian kalian aduk adonan yang sudah diberi pewarna sampai merata.
  8. Kemudian kalian siapkan cetakan untuk membuat bolu kukus mekar dan dialasi dengan menggunakan kertas roti agar adonan tidak lengket. Sebaiknya kalian gunakan cetakan yang terbuat dari alumunium agar matangnya merata.
  9. Pertama kalian tuangkan adonan yang berwarna putih untuk bagian dasar, kemudian pada bagian atas kue kalian berikan adonan yang diberi warna sesuai dengan keinginan kalian agar kue terlihat lebih cantik.
  10. Kemudian kalian siapkan panci untuk mengkukus kue kalian, lalu tunggu air yang didalam panci medidih. Setelah mendidih kalian masukkan adonan kue yang sudah dituangkan ke dalam cetakan. Lalu kalian beri tutup kain agar air dari uap airnya tidak kembali ke adonan.
  11. Masak kue hingga kue benar-benar matang. Kira-kira selama 10 sampai 12 menit. Untuk mengecek kue sudah matang atau belum, kalian bisa menggunakan lidi atau tusuk gigi.
  12. Kemudian jika sudah matang kalian angkat dan sajikan ketika kue sudah mulai dingin.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada kalian tentang Resep Bolu Kukus Mekar. Mudah bukan untuk membuat kue bolu kukus mekar ini, semoga artikel bermanfaat bagi kalian. Terima kasih dan selamat mencoba.