Resep Bolu Gulung
Resep Bolu Gulung

Beberapa Resep Bolu Gulung yang Wajib Anda Coba

Posted on

Resep Bolu Gulung – Bolu gulung memiliki banyak penggemar. Selain rasanya yang lezat, bolu gulung pun dapat dimanfaatkkan untuk ajang berkreativitas dengan inspirasi yang Anda peroleh dari lingkungan sekitar. Pembuat bolu gulung seakan tidak pernah kehabisan ide untuk menginovasikan bolu gulung menjadi lebih menarik bagi para konsumen.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan resep kue bolu gulung karakter dan motif batik. Cara membuat bolu gulung batik ini cukup mudah, yaitu dengan cara dikukus ataupun dipanggang. Dalam pembuatan bolu gulung ini, terdapat beberapa cara yang serupa dengan pembuatan kain batik sungguhan seperti batik jogja, batik solo serta batik pekalongan.

Pembuatan bolu gulung batik ini diawali dengan menggambar kertas rotinya terlebih dahulu, kemudian Anda hanya tinggal menyesuaikan adonan bolu berdasarkan dengan warna dasarnya. Cara yang kedua yaitu tempelkan kain batik dibawah kertas roti. Setelah itu, Anda tinggal mengikuti pola batik tersebut.

Mungkin bagi pemula, cara tersebut agak sedikit rumit karena harus menggunakan kain batik sungguhandan harus membuat polanya terlebih dahulu. Namun tidak bagi yang sudah sering membuat bolu gulung batik. Bagi pemula, kami sarankan untuk mencoba resep bolu gulung batik yang mudah terlebih dahulu.

Yaitu dengan menggunakan adonan yang dimasukkan ke plastik piping bag, lalu buatlah garis ke arah diagonal diatas bolu. Kemudian gunakan tusuk gigi untuk membuat garis batiknya dengan cara tarik garis lurus bolak balik. Dengan cara ini, lapisan luar bolu gulung akan membentuk pola batik yang cantik.

Anda dapat membuat adonan bolu gulung batik ini dari pasta cokelat, pasta moka, pasta pandan, green tea, pasta vanilla atau yang lainnya sesuai selera Anda. Apabila Anda ingin lebih berwarna, Anda dapat mengkombinasikan antara adonan cokelat dengan adonan strawberry atau moka strawberry, sehingga warnanya terlihat menggoda.

Sama halnya dengan olahan kue gulung pada umumnya, dalam proses pemanggangan disarankan jangan terlalu over agar hasil gulungan sempurna dan tidak patah atau retak. Selain itu, proses penggulungan kue bolu ini harus dalam keadaan masih panas agar tekstur kue tidak patah dan masih lentur.

Dalam proses penggulungan, Anda bisa menggunakan kertas roti atau kain bersih yang dijadikan alas pada saat kue digulung. Setelah itu, buka gulungan bolu dan olesi dengan krim mentega atau selai secukupnya kemudian gulung kembali kue bolu. Agar tidak bekerja 2 kali, Anda juga dapat langsung mengoleskan selai atau krim mentega dalam kondisi panas, sehingga cukup digulung satu kali saja.

Krim mentega yang sering digunakan untuk olesan dalam pembuatan bolu gulung adalah buttercream. Sementara untuk variasi isian bisa menggunakan mocca, cokelatr ceres atau merises, parutan keju, selai nanas, nuttela, cokelat leleh atau yang lainnya sesuai selera Anda. Berikut ini bahan-bahan dan resep bolu gulung batik yang sesuai untuk dijadikan sajian pesta, camilan, serta isian snack box yang lezat.

Resep Bolu Gulung Batik

Resep Bolu Gulung Batik
Resep Bolu Gulung Batik

Bahan yang Digunakan :

  • Putih telur 4 buah
  • Kuning telur 7 buah
  • SP 1 sendok the
  • Tepung maizena 1 sendok makan
  • Tepung terigu 100 gram
  • Susu bubuk Dancow 1 sendok makan
  • Butter atau blue band cake and cookie cair 120 gram

Bahan untuk Corak Batik

  • Ambil 3 sendok makan hasil adonan bolu diatas
  • Pasta moka ½ sendok teh

Cara Membuatnya :

  1. Kocok putih telur, kuning telur, gula, SP hingga adonan mengembang.
  2. Campurkan susu bubuk, tepung terigu dan tepung maizena, ayak semua bahan tersebut ke dalam adonan telur. Jangan terlalu lama, agar adonan tidak menjadi bantet.
  3. Masukkan mentega cair dan aduk lembut dengan sistem lipat. Aduk dengan rata dan secara perlahan agar adonan tidak ambles.
  4. Siapkan 2 loyang dengan ukuran 24 x 24 yang sudah diolesi dengan mentega dan dialasi dengan kertas roti. Tuang adonan ke 2 loyang tersebut kemudian hentakkan beberapa kali untuk mengeluarkan udara dari dalam adonan.
  5. Langkah berikutnya, buat motif batik. Ambil 3 sendok makan adonan bolu lalu tambahkan pasta moka sebanyak ½ sendok teh kemudian aduk secara merata. Setelah itu, masukkan ke dalam piping bag, tekan piping bag diatas kue dengan membentuk garis ke arah diagonal. Lalu gunakan tusuk gigi untuk membuat motif batik dengan cara menarik garis lurus bolak balik.
  6. Kemudian panaskan oven dengan suhu 170 derajat celcius, lalu panggang selama 15 menit. Usahakan permukaan kue bolu saat akan digulung berwarna kuning kecoklatan. Karena jika over bake tidak akan bisa digulung.
  7. Setelah kue keluar dari oven, hentakkan lagi beberapa kali. Letakkan di rak pendingin dan tunggu hingga dingin. Setelah itu, lepaskan kertas roti secara perlahan. Olesi dengan selai cokelat atau selai lainnya sesuai selera Anda kemudian gulung dengan perlahan. Masukkan ke dalam kulkas, kemudian dipotong-potong.
  8. Bolu gulung batik siap disajikan.

Bolu gulung batik ini wajib dicoba karena bolu ini juga termasuk ke dalam resep bolu yang irit telur. Dengan hanya menggunakan 4 putih telur dan 7 kuning telur, Anda sudah dapat membuat bolu gulung yang enak. Resep bolu gulung batik ini juga dapat dijadikan untuk usaha rumahan atau bisnis kue yang menjanjikan.

Resep Bolu Gulung Karakter

Bolu Gulung Karakter
Bolu Gulung Karakter

Bahan Motif :

  • Tepung terigu 2 sendok makan
  • Telur ayam 1 butir
  • Tepung maizena 1 sendok makan
  • SP ¼ sendok the
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Margarine cair 1 sendok makan
  • Pewarna makanan merah, biru dan coklat.

Bahan Bolu Gulung :

  • Gula pasir 100 gram
  • Telur ayam 5 butir
  • SP 1 sendok the
  • Susu bubuk 1 sendok makan
  • Vanilla bubuk ¼ sendok the
  • Tepung maizena 1 sendok makan
  • Margarine cair 100 gram
  • Tepung terigu 75 gram
  • Butter cream 75 gram

Cara Membuatnya :

  1. Langkah pertama yaitu membuat adonan motif. Campurkan semua bahan kecuali pewarna dan margarine. Aduk hingga mengental. Kemudian masukkan margarine dan aduk hingga rata.
  2. Bagi adonan menjadi 3 bagian, tambahkan warna merah, biru dan sisanya biarkan putih. Setelah itu, masukkan ke dalam piping bag.
  3. Langkah selanjutnya yaitu membuat karakter kartun. Buat gambar kartun Doraemon di dasar loyang yang telah dialasi kertas roti. Kukus selama kurang lebih 2 menit.
  4. Langkah selanjutnya yaitu membuat adonan bolu gulung. Campurkan semua bahan kecuali butter cream dan margarine hingga mengental. Setelah itu, masukkan margarine dan aduk hingga rata.
  5. Setelah itu, tuang adonan bolu gulung di atas pola kartun.
  6. Kukus kembali selama kurang lebih 15 menit lalu angkat dan biarkan hingga dingin.
  7. Lepaskan bolu dari cetakan, kemudian oleskan butter cream di atas permukaan bolu, gulung dan padatkan.
  8. Bolu gulung karakter siap disajikan

Bolu gulung karakter ini bisa Anda jadikan sebagai hadiah untuk anak Anda. Demikian resep bolu gulung batik dan karakter yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Anda bisa melihat berbagai resep kue lainnya di jempoltangan.com. Selamat mencoba dan terima kasih.