Resep Ayam Rica-Rica Pedas
Resep Ayam Rica-Rica Pedas

Resep Ayam Rica-Rica Pedas Dan Cara Untuk Membuat Bumbunya

Posted on

Resep Ayam Rica-Rica Pedas – Rica-rica merupakan salah satu bumbu dasar yang pedas yang sangat khas dari Negara kita. Bumbu rica-rica ini berasal dari Negara kita, tepatnya berasal dari manado. Bumbu yang satu ini bisa dikatakan bahwa bumbu dasar, sehingga bumbu ini dapat diolah menjadi berbagai bentuk dan juga berbagai macam masakan yang lainnya. Contoh masakan yang menggunakan bumbu ini adalah mentok rica-rica, ayam rica-rica, bebek rica-rica atau masakan yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan resep yang sangat spesial yang terbuat dari bahan dasar ayam dan diolah dengan menggunakan bumbu yang berasal dari manado tersebut. Nama masakan yang akan kita buat adalah ayam rica-rica pedas. Masakan yang akan kita buat kali ini kita menggunakan kecap kental manis sebagai tambahan pada masakan ini.  Yang membuat masakan ini menjadi resep yang spesial ini adalah ayam rica-rica yang menggunakan kemangi.

Sebenarnya masakan ini berasal dari sulawesi utara, akan tetapi saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan bumbu ini untuk memasak suatu makanan. Masakan yang satu ini tidak hanya ada di Sulawesi utara dan Manado saja, resep masakan yang menggunakan bumbu rica-rica ini sudah menyebar ke seluruh nusantara. Asal mula kenapa bumbu rica-rica ini dapat tersebar ke seluruh nusantara, karena mungkin saja ada orang manado yang sedang merantau dan mereka memperkenalkan resep rica-rica ini kepada masyarakat.

Dengan rasa yang sangat enak, lezat dan juga citarasa yang ada pada ayam ini pedas, membuat masakan yang satu ini menjadi makanan yang sangat di sukai oleh banyak orang. Sebenarnya selain masakan ayam rica-rica pedas yang menggunakan kemangi, kita juga dapat membuat sebuah masakan yang berasal dari manado. Masakan yang berasal dari manado ini bernama ayam woku. Ayam woku ini mempunyai citarasa yang sangat mirip dengan masakan ayam rica-rica yang akan kita buat kali ini.

Rahasia Untuk Membuat Resep Ayam Rica-Rica Pedas

Resep Ayam Rica-Rica Pedas
Resep Ayam Rica-Rica Pedas

Setiap daerah yang ada di Indonesia selalu mempunyai ciri khas pada resep masakan indonesia mereka. Begitu juga dengan salah satu jenis masakan yang berasal dari manado ini. Citarasa yang sangat lezat dan juga legit dengan paduan bumbu rempah-rempah tradisional membuat salah satu masakan manado ini menjadi masakan yang sangat disukai oleh kebanyakan masyarakat. Akan tetapi, rata-rata masakan yang berasal dari manado ini terkenal dengan citarasa pedas pada masakannya.

Hal yang perlu kalian perhatikan saat membuat masakan ini adalah rempah-rempah. Rempah-rempah adalah bahan utama atau bumbu yang paling utama di dalam resep masakan yang akan kita buat kali ini. Untuk lebih jelasnya mari kita langsung saja menyiapkan bahan-bahannya.

Bahan-Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Resep Ayam Rica-Rica Pedas

Resep Ayam Rica-Rica Pedas
Resep Ayam Rica-Rica Pedas
  • Daging ayam yang masih segar dan sebelumnya sudah dipotong menjadi 7 hingga 8 bagian.
  • Air perasan dari buah jeruk nipis yang diambil dari 1 buah jeruk saja.
  • Daun salam kalian gunakan sebanyak 2 lembar.
  • Tomat merah yang masih segar dan mempunyai ukuran sedang besar kalian siapkan saja sebanyak 1 pcs.
  • Batang serai yang diambil pada bagian batang putihnya saja kalian gunakan sebanyak 1 pcs. Sebelumnya kalian cuci dengan menggunakan air yang bersih, kemudian memarkan batang daun serai sebelum dimasak.
  • Daun kemangi yang digunakan daunnya saja kalian bisa menggunakan daun kemangi sesuai selera atau kalian juga bisa menggunakannya sebanyak 1 hingga 2 ikat kecil.
  • Garam dapur yang mengandung kandungan yodium kalian gunakan secukupnya ayam kalian juga bisa menggunakannya sesuai dengan selera masing.
  • Air bersih kalian siapkan secukupnya untuk mengempukkan ayam atau kalian juga bisa menggunakan sebanyak 1 cup.
  • Minyak goreng kalian gunakan secukupnya digunakan untuk menumis bumbu rica rica nya.

Bahan-Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Bumbu Resep Ayam Rica-Rica Pedas

Resep Ayam Rica-Rica Pedas
Resep Ayam Rica-Rica Pedas
  • Buah cabai rawit yang masih segar sesuai dengan tingkat kepedasan yang kalian inginkan atau kalian juga bisa menggunakannya sebanyak 8 sampai 10 pcs.
  • Buah cabai besar kalian bisa menggunakannya sesuai dengan selera atau kalian juga bisa menggunakannya sebanyak 18 pcs.
  • Bawang bombay yang mempunyai ukuran sedang kalian gunakan sebanyak 1 pcs. Atau kalian juga bisa menggantinya dengan bawang merah kalian siapkan sebanyak 9 sampai 10 siung ya.
  • Bawang putih yang mempunyai ukuran sedang besar kalian siapkan sebanyak 5 pcs.
  • Terasi yang sebelumnya sudah kalian bakar sebelumnya, kalian gunakan sedikit saja.
  • Jahe bubuk kalian bisa menggunakannya sesuai dengan selera atau kalian bisa juga menggunakan jahe yang biasa kurang lebih 1 atau 2 ruas jari. Bisa juga kalian hilangkan atau kalian kurang kalau menggunakan cabai sudah banyak.
  • Garam dapur mengandung yodium secukupnya atau sesuai dengan selera.
  • Penyedap rasa kalian gunakan secukupnya kalau suka.

Cara Untuk Membuat Resep Ayam Rica-Rica Pedas

Resep Ayam Rica-Rica Pedas
Resep Ayam Rica-Rica Pedas
  1. Pertama cuci sampai bersih potongan daging ayam dengan menggunakan air mengalir kemudian tiriskan ayamnya sebentar.
  2. Tuang air perasan dari buah jeruk nipis bersama dengan garam sedikit saja diatas daging ayam yang sudah dicuci bersih, kemudian aduk ayam sebentar dengan menggunakan tangan supaya rata.
  3. Diamkan ayam sebentar atau kalian diamkan kurang lebih selama 1/4 jam.
  4. Sambil menunggu ayamnya kalian uleg dan haluskan semua bumbu ayam rica-rica pedas yang kalian siapkan sampai halus.
  5. Kemudian kalian siapkan penggorengan dan kalian beri minyak kurang lebih sebanyak 3 sendok makan.
  6. Masukkan bumbu resep ayam rica rica yang sudah kalian uleg ke dalam wajan bersama dengan daun salam dan juga batang sereh.
  7. Aduk dan tumis bumbu atau bahan tadi sampai berbau harum dan layu.
  8. Kemudian masukkan potongan ayam yang sudah didiamkan tadi ke dalam wajan, kemudian aduk-aduk supaya semua bumbu tercampur dan ayam kelihatan kaku.
  9. Kemudian tuang air bersih yang sudah kalian persiapkan, kemudian aduk masakan sampai daging ayamnya empuk dan bumbunya meresap.
  10. Jika daging ayam belum matang akan tetapi air pada masakan sudah menyusut, bisa ditambahkan sedikit air.
  11. Kemudian kalian masukkan irisan tomat dan daun juga kemanginya, kemudian aduk kembali sampai semua bahan yang kalian masukkan tadi layu.
  12. Tes rasa pada masakan kalian dan tambahkan penyedap dan juga garam dapur mengandung yodium kalau diperlukan, kemudian aduk kembali.
  13. Matikan api jika masakan sudah matang dan pindah masakan kalian ke mangkuk atau piring sajian.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada kalian tentang Resep Ayam Rica-Rica Pedas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya. Terima kasih.