Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak
Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Lezat dan Sederhana

Posted on

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak – Bosan dengan menu masakan di rumah? Ingin mencari hidangan yang baru?. Hai sobat jempoltangan.com. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada kalian tentang resep ayam bakar bumbu rujak.

Banyak orang yang mengatakan untuk membuat ayam bakar itu sangatlah mudah, akan tetapi bagi kalian yang belum mengetahui cara yang benar untuk membakar ayam, kalian akan merasa sangat susah. Ada beberapa orang yang sangat menyukai ayam yang dibakar dari pada ikan yang dibakar. Kebanyakan orang biasanya bisa membuat ayam bakar kecap atau olahan ayam yang lainnya.

Tetapi untuk kali ini kita akan membuat ayam bakar, tetapi ayam bakar yang satu ini menggunakan resep yang berbeda dari yang biasanya kita buat atau yang sering kita temukan di restaurant atau di rumah makan langganan. Rasa pedas, manis dan juga gurih dari santannya dengan aroma dari resep ayam bakar rujak yang satu ini dijamin bisa membuat anggota keluarga dan juga anak-anak ketagihan.

Kalau diperhatikan resep ayam bakar yang satu ini sangat mirip dengan resep ayam yang menggunakan bumbu bali yang kemudian dibakar, karena dua resep ayam bakar ini dominan ke warna merah, warna merah pada ayam bakar ini terbuat dari bahan dasar buah cabai. Tetapi setelah kedua ayam ini di bakar, rasa dari ayam bumbu rujak terasa lebih enak dari pada ayam bakar bumbu bali.

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak
Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Ayam bakar bumbu rujak ini terasa lebih manis dan juga gurih, karena bumbu yang digunakan pada resep yang satu ini lebih komplit dari pada yang lainnya. Untuk membuat ayam bakar ini kita menggunakan santan yang sangat kental dan kemudian santai itu dicampurkan dengan air dari buah kelapa, sehingga ayam ini memiliki aroma yang gurih dan kalian bisa mencium aromanya walaupun kalian belum memakannya.

Untuk membuat ini usahakan kalian menggunakan ayam pejantan atau kalian juga bisa menggunakan ayam kampung, karena jika kalian menggunakan ayam jenis ini kalian akan mendapatkan daging yang sangat gurih. Kalian tidak perlu takut dengan daging dari ayam ini yang sangat keras atau alot, karena sebelum ayam ini dibakar ayam ini melalui proses perebusan.

Ayam boiler atau ayam potong juga bisa kalian gunakan untuk membuat resep yang satu ini, tetapi kalian harus menambahkan sedikit kaldu ayam agar ayam tersebut terasa gurih. Untuk informasi yang lebih lanjut, kalian bisa melihat di bawah ini bahan dan juga bumbu apa saja yang kalian perlukan untuk membuat resep ayam bakar bumbu rujak.

Bahan-Bahan Yang Digunakan Untuk Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak
Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak
  • Untuk mendapat hasil makanan yang sangat baik, kalian gunakan ayam kampung atau kalian juga bisa menggunakan ayam pejantang agar hasil masakan lebih gurih. Jika kalian tidak menemukan ayam pejantan atau ayam kampung, kalian bisa menggunakan ayam potong boiler (olesi ayam dengan menggunakan air dari perasan jeruk nipis terlebih dahulu). Kemudian potong ayam sesuai dengan selera kalian.
  • Cuci lengkuas dengan menggunakan air yang mengalir sampai bersih, lengkuas yang kita gunakan memiliki panjang 2 cm. kemudian kalian memarkan terlebih dahulu lengkuas tersebut sebelum kalian gunakan. Hal ini dilakukan agar aroma yang wangi pada lengkuas keluar.
  • Kalian siapkan daun salam, kurang lebih kalian siapkan 2 lembar daun salam.
  • Daun jeruk, kurang lebih kalian siapkan 2 lembar daun jeruk.
  • Siapkan air asam jawa sedikit saja, atau kalian bisa takar dengan menggunakan 1 sendok teh saja.
  • Batang serai, gunakan batang serai yang mempunyai ukuran sedang. Siapkan batang serai sebanyak 2 batang saja.
  • Kecap manis yang kental, kalian siapkan sebanyak 2 atau 3 sendok makan.
  • Kalian juga siapkan gula merah agar masakan terasa lebih legit. Siapkan sebanyak kurang lebih satu sendok teh.
  • Santan yang sangat kental, kalian gunakan santan kental sebanyak kurang lebih ½ liter.
  • Kaldu ayam bubuk atau kalian juga bisa menggunakan kaldu ayam instan sebanyak satu sendok teh. Kalian juga bisa menggunakan air kaldu dari rebusan daging ayam.
  • Gunakan air kelapa sebanyak ½ liter.
  • Gunaan garam dapur yang beryodium secukupnya saja. Kalian juga bisa menambahkan di akhir ketika membuat ayam bakar supaya ayam bakar tersebut tidak keasinan.
  • Minyak goreng. Digunakan untuk menumis bumbu
  • Bahan pelengkap masakan kalian bisa menggunakan daun kemangi, dan juga buah mentimun.

Bahan Untuk Bumbu Rujak

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak
Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak
  • Merica yang berbentuk butiran sebanyak kurang lebih setengah dari sendok teh.
  • Kemiri yang mempunyai ukuran sedang sebanyak 7 hingga 8 butir.
  • Jahe dengan ukuran sedang besar dan mempunyai panjang 2 cm saja. Potong jahe terlebih dahulu agar mudah saat kalian mengulegnya.
  • Bawang putih yang mempunyai ukuran sedang kurang lebih sebanyak 3 hingga 4 siung. Potong bawang putih terlebih dahulu agar mudah ketika kalian mengulegnya.
  • Bawang merah yang mempunyai ukuran yang sedang sebanyak 8 buah. Lebih baik kalian menggunakan bawang merah lokal agar masakan kalian mempunyai aroma yang harum.
  • Cabe rawit yang mempunyai ukuran sedang sebanyak 8 hingga 10 buah cabai.
  • Ketumbar gunakan sedikit saja kira-kira setengah dari sendok kecil.

Cara Membuat Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak
Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak
  1. Langkah Yang pertama kali kalian lakukan adalah mencuci ayam hingga bersih dengan menggunakan air yang mengalir, kemudian kalian tiriskan.
  2. Kemudian kalian haluskan bumbu yang sudah kalian siapkan untuk membuat ayam bakar, contohnya seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit dan bahan yang lainnya. Gunakan cara yang manual untuk menghaluskan bahan tersebut, agar kalian mendapatkan hasil yang lebih lezat dan juga aroma yang ada pada bumbunya lebih keluar.
  3. Kemudian kalian siapkan wajan yang mempunyai ukuran yang sedang dan kalian berikan minyak goreng secukupnya. Kalian panaskan dengan menggunakan api yang berukuran sedang. Hal ini dilakukan untuk menumis bumbu yang sudah kalian haluskan terlebih dahulu.
  4. Masukkan bumbu yang sudah kalian haluskan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan, kemudian aduk bumbu agar tidak gosong.
  5. Masukkan air asam jawa, air kelapa, santan kelapa dan juga kaldu bubuk yang susah kalian siapkan diatas. Aduk agar semua bumbu tercampur dengan rata.
  6. Kemudian kalian masukkan daging ayam yang sudah dipotong sebelumnya dan juga sudah di cuci bersih. Aduk hingga merata.
  7. Kalian masukkan daun salam, jeruk, lengkuas, dan juga sereh lalu beri sedikit garam pada masakan. Aduk lagi hingga merata
  8. Masak ayam dengan menggunakna api yang kecil dan tutup wajan.
  9. Masukkan kecap manis aduk lagi hingga merata.
  10. Kemudian siapkan api untuk memanggang ayam.
  11. Bakar ayam sambil kalian oleskan bumbu rujak.

Demikian yang bisa saya sampaikan kepada kalian tentang Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Terima kasih.