Rebusan Kulit Manggis
Rebusan Kulit Manggis

Manfaat Air Rebusan Kulit Manggis yang Jarang Diketahui

Posted on

Manfaat Air Rebusan Kulit Manggis – Buah manggis merupakan salah satu buah yang menjadi favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan rasana yang manis serta Populasi buah manggis yang sangat mudah dijumpai di Indonesia menjadikan buah yang satu ini semakin digemari oleh banyak orang. Banyak orang ketika selesai memakan buah manggis membuang kulitnya begitu saja.

Karena mereka berpikir bahwa kulit manggis itu tidak ada gunanya. Namun, perlu Anda tahu jika kulit manggis tersebut diolah dengan benar, maka Anda akan mendapatkan manfaat luar biasa yang selama ini belum Anda ketahui.

Selain buah yang memiliki rasa enak dilidah, ternyata kulit buah manggis juga memiliki khasiat yang sangat berguna untuk masalah kecantikan dan kesehatan. Kandungan antioksidan pada buah manggis lebih besar jika dibandingkan dengan kandungan antioksidan pada buah-buahan atau sayuran lainnya.

Manfaat Kulit Manggis
Manfaat Kulit Manggis

Selain itu, kulit manggis juga mengandung zat yang dapat memberikan manfaat dari rebusan kulit manggis, antara lain zat antioksidan dan senyawa xanthone. Sudah terbukti jika kulit manggis memiliki banyak manfaat yang sangat ampuh dalam mengatasi berbagai jenis penyakit yang sangat susah untuk disembuhkan. Selain itu, kulit manggis juga memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan.

Kulit manggis dapat dimanfaatkan dengan cara merebusnya. Sebenarnya membuat rebusan kulit manggis sangatlah mudah. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar mendapatkan hasil yang optimal dari rebusan kulit manggis tersebut. Ramuan kulit manggis dengan cara merebus merupakan cara yang lebih baik jika dibandingkan dengan ramuan yang dibuat bubuk.

Hal tersebut disebabkan karena merebus tidak akan merusak zat yang terkandung pada kulit manggis tersebut dan juga bisa membasmi kuman yang mengendap pada kulit manggis. Berikut ini kami akan mengulas mengenai cara membuat ramuan kulit manggis dengan cara merebus.

Cara Membuat Rebusan Kulit Manggis

Manfaat Air Rebusan Kulit Manggis
Manfaat Air Rebusan Kulit Manggis

Sebelum membuat rebusan kulit manggis, Anda harus menyiapkan beberapa bahan dan peralatan, di antaranya :

  • Kulit manggis
  • Madu atau gula merah
  • Air
  • Panci stainlessteel
  • Pisau

Setelah semua bahan dan peralatan telah tersedia, selanjutnya ikuti beberapa cara membuat rebusan kulit manggis berikut ini :

  1. Ambil kulit manggis yang masih segar sebanyak 3 buah. Pilih kulit manggis yang masih bagus, bersih atau mengkilat dan berwarna coklat keunguan. Atau Anda juga bisa menggunakan kulit manggis yang sudah kering sebanyak satu genggam.
  2. Cuci sampai bersih dari debu dan kotoran.
  3. Masukkan ke dalam kuali berbahan tanah liat atau panci stainlessteel. Panci tersebut dipilih karena bahan stainlessteel tidak akan mengalami korosif apabila direbus, sehingga hasil rebusan kulit manggis tidak akan mengalami perubahan.
  4. Tambahkan air sebanyak empat cangkir, lalu panaskan sampai air mendidih dan hingga tersisa dua cangkir.
  5. Tuangkan air rebusan kulit manggis tersebut ke dalam gelas dalam keadaan masih panas. Tambahkan madu atau gula merah untuk mengurangi rasa getir atau pahit, kemudian aduk hingga tercampu dan larut.
  6. Ramuan kulit manggis siap diminum.

Manfaat Air Rebusan Kulit Manggis

Adapun manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rebusan kulit manggis tersebut, di antaranya :

  1. Membunuh Sel Kanker Pada Tubuh

Kandungan antioksidan pada kulit manggis terbukti sangat ampuh dalam membunuh sel-sel kanker yang menyebabkan berkembangnya kanker di dalam tubuh dan juga mampu mengatasi kanker yang sudah tumbuh.

Beberapa di antaranya merupakan kanker otak, kanker paru-paru, kanker hati, kanker rahim, kanker tulang dan masih banyak lagi kanker yang bisa diatasi dengan meminum  air rebusan kulit manggis. Air rebusan kulit manggis ternyata lebih aman dan efektif karena tidak menyebabkan efek samping yang dianggap berbahaya jika dibandingkan dengan melakukan kemoterapi yang sangat beresiko.

  1. Mengobati Penyakit Asma

Asma merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan pada saluran pernapasan dan penyakit asma ini sering kambuh tanpa bisa diprediksi. Kebanyakan orang yang terkena serangan asma secara tiba-tiba akan menggunakan obat uap untuk mengatasinya. Namun, obat uap hanya bisa meringankan sesak napas untuk sejenak dan bahkan bisa menimbulkan ketergantungan.

Penyakit asma ini bisa disembuhkan sampai ke pusatnya jika Anda melakukan terapi dengan air rebusan kulit manggis secara tertaur dan rutin. Sehingga Anda bisa bernapas lega tanpa harus khawatir ataupun takut terserang asma secara tiba-tiba. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot lagi harus membawa obat uap kemana pun Anda pergi yang bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Air rebusan kulit manggis bisa Anda manfaatkan sebagai solusi terbaik untuk mengatasi masalah berat badan. Kandungan senyawa xanthone dapat mengatasi masalah tersebut yaitu dengan cara menghancurkan lemak yang mengendap didalam tubuh lalu mengubahnya menjadi energy yang besar. Namun, hal tersebut tidak dapat teratasi dengan meminum air rebusan kulit manggis saja, tetapi juga harus di selingi dengan melakukan olahraga rutin setiap hari.

  1. Dapat Memperbaiki Sel-Sel Kulit yang Rusak

Kandungan antioksidan pada kulit manggis juga bisa bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dengan cara mengonsumsi air rebusan kulit manggis setiap hari secara teratur. Selain itu, kandungan antioksidan pada kulit manggis bisa mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit menjadi lebih cepat.

  1. Mengobati Sariawan

Selain mengandung antioksidan dan senyawa xanthone, buah manggis juga memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. Kandungan inilah yang mampu mengatasi sariawan. Cara menggunakan rebusan kulit manggis untuk mengobati sariawan yaitu dengan cara berkumur.

  1. Mengatasi Diare

Rebusan kulit manggis juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi diare. Cara ini biasanya digunakan oleh masyarakat Filipina. Selain mengatasi diare, rebusan kulit manggis juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan untuk mengatasi demam.