Rahasia Menarik dari Manfaat Minyak Zaitun bagi Kulit Wajah

Posted on

Minyak zaitun, minyak zaitun adalah minyak yang berasal dari pohon zaitun, pohon ini tumbuh di dataran wilayah Mediterania, mungkin jika Anda pergi umroh,haji ataupun bekerja di Arab Saudi pasti sering menemukan minyak zaitun.

manfaat minyak zaitun
manfaat minyak zaitun

Di Indonesia, minyak zaitun pun juga bisa kita jumpai, karena banyak orang yang telah mengolah minyak zaitun sebagai kesehatan ataupun perawatan kecantikan.
Kita pun sudah mengetahuinya, bahwa memang minyak zaitun memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat sehingga sangat baik untuk kesehatan maupun perawatan kecantikan. Meskipun terdapat lemak yang tinggi, namun lemak tersebut adalah lemak tak jenuh( lemak baik). Diantaranya adalah vitamin E, kalium, antioksidan, zat besi,vitamin K, polifenol, omega-3,omega-6 dan masih banyak lagi.

Sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh ataupun perawatan kecantikan. Namun pembahasan lebih lanjutnya dalam artikel ini adalah tentang manfaat minyak zaitun untuk wajah. Mungkin bagi Anda terutama kaum wanita sangat memperhatikan dengan kondisi wajah, sehingga sebagian wanita harus menjalani perawatan ke dokter kecantikan ataupun memakai bahan kimia lainnya. Tapi, kini Anda tak perlu khawatir, Anda juga bisa mencobanya di rumah bahkan aman dan tak memiliki efek samping. Selain itu, perawatannya juga sangat sederhana. Nah, apakah Anda ingin tahu bagaimana cara menggunakannya dan apa saja manfaatnya? Mari simak artikel berikut ini!

manfaat minyak zaitun bagi wajah
manfaat minyak zaitun bagi wajah
  1. Mengencangkan kulit wajah sehingga lebih nampak awet muda

Kandungan zat linoleic acid yang terdapat di minyak zaitun, sehingga sangat cocok untuk kulit wajah Anda karena menjaga kadar air di kulit wajah, sehingga tak menimbulkan keriput di usia dini. Minyak zaitun juga mengandung anti-oksidan atau polifenol sehingga melindungi dari sel kerusakan kulit wajah, jadi kulit wajah Anda Nampak kencang dan Nampak awet muda.

Caranya mudah Anda hanya mencampurkan minyak zaitun dengan madu kemudian oleskan pada wajah, sehingga menjadi masker wajah.

  1. Dapat menghaluskan wajah

Selain itu, minyak zaitun juga dapat menghaluskan wajah Anda sehingga terlihat lebih halus dan lembut. Untuk hasil yang optimal, Anda dapat menambahkannya dengan buah epaya karena kandungan nutrisi dan enzim papain yang terdapat dalam buah pepaya ini sangat bermanfaat untuk melembabkan dan meregenerasi sel kulit bahkan bisa dijadikan tabir surya alami. Sehingga sangat bermanfaat sekali bagi kulit wajah Anda.

Caranya cukup mudah Anda hanya menghaluskan buah papaya kemudian dicampur minyak zaitun secukupnya lalu dioleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air hangat.

  1. Membersihkan rias make up pada wajah

Selain itu, ternyata minyak zaitun dapat membersihkan rias make up pada wajah Anda lho, mungkin ketika Anda kehabisan pembersih Anda bisa menggunakan minyak zaitun ini, bahkan bahannya alami dan menyehatkan. Caranya menggunakan minyak zaitun untuk pembersih di awal dengan dioleskan dan dipijat-pijat. Kemudian bilas dengan handuk yang berisi air hangat atau Anda bisa menggunakan dengan sabun ekstrak minyak zaitun sebagai ganti untuk membilas wajah Anda.

  1. Menghilangkan bekas jerawat

Minyak zaitun diperkaya nutrisi sehingga baik bagi kulit wajah Anda, selain itu dapat menghilangkanbekas jerawat pada kulit wajah Anda. Anda hanya butuh waktu secara rutin untuk menggunakannya. Caranya oleskan ke wajah Anda kemudian dipijat-pijat dan tunggu hingaa 5-10 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Bisa digunakan sebagai scrub wajah

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari minyak zaitun adalah sebagai scrub wajah. Ini sangat bermanfaat terutama bagi kulit yang bersisik dan kering.  Caranya Anda mencampurkan minyak zaitun dengan garam laut kemudian Anda pijat perlahan. Maka kandungan garam laut ini bisa membuat kulit wajah Anda yang kering mengelupas dan dapat melembabkan wajah Anda.

Nah, bagaimana, apakah sekarang Anda sudah mengetahui kandungan dari minyak zaitun untuk wajah?. Namun, Anda tetap perlu waspada, meskipun minyak zaitun bermanfaat bagi kulit wajah, tetap berhati-hati terhadap kulit wajah yang sensitif. Karena studi lain mengatakan  bahwa menggunakan minyak zaitun dapat membuat kulit wajah alergi atau meradang. Sebaiknya Anda tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Anda harus berhati-hati dalam memilih produk minyak zaitun karena minyak zaitun banyak sekali jenisnya dan pengolahannya berbeda-beda. Alangkah baiknya jika Anda memilih produk minyak zaitun yaitu dengan berlabel “Extra Virgin Olive Oil” karena jenis ini berkualitas tinggi dan proses pengolahan pabriknya pun sedikit bahkan tidak ada, sehingga masih alami dan aromanya tetap utuh. Proses ini juga tidak memakai proses pemanasan dan bahan-bahan kimia.

Ciri-cirinya adalah aroma buah ya segar,rasanya sedikit pahit Nampak hijau zaitun dan lebih pekat.

Selanjutnya Anda supaya memilih produk yang kemasannya berbotol kaca gelap atau kaleng karena minyak ini biasanya terkena paparan cahaya dan panas sehingga menyebabkan merusak komposisi dan cita rasanya. Maka supaya dihindari membeli produk kemasan botol kaca bening,botol plastik dll.

Itulah 5 manfaat minyak zaitun untuk wajah dan tips memilih produk minyak zaitun. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Sampa jumpa…