Dampak Perubahan Sosial

Perubahan Sosial Budaya

Posted on

Perubahan social ini sebenarnya lebih mengacu pada sebuah perubahan dalam proses tata social dalam masyarakat itu sendiri. Pada beberapa perubahan social ini sudah termasuk juga dengan perubahan dalam lingkungan, lembaga, perilaku dan juga evolusi social dan juuga budaya.

Sosial Budaya
Sosial Budaya

Perubahan social itu sendiri biasanya dapat berlangsung dalam tempo yang sangat cepat atau pun dalam tempo yang lambat dan pada umumnya sangat tidak bisa disadari oleh masyarakat dalam sebuah negara tersebut. Dan itu juga karena hanya beberapa orang yang sedang mengetahuinya ketika orang tersebut mulai membandingkan kehidupan social pada masa lalu dan pada masa sekarang ini. Perubahan social dalam kehidupan masyarakat itu biasanya bisa terjadi pada masyarakat itu sendiri yang menginginkan sebuah perubahan.

Baca Juga :Inilah Beberapa Pengertian Agama Di Indonesia

  1. Cara Berkomunikasi

Dengan berkembangnya IT dan Komunikasi sangat lah merubah cara kita dalam berkomunikasi. Jika dulu kita berkomunikasi dengan melakukan surat-menyurat, tetapi jika pada saat ini kita sudah melakukan dengan cara sms atau e-mail. Dan jika dulu ada yang namanya telegram dan telegraf, akan tetapi jika pada saat ini pernannya sudah digantikan dengan yang namanya telepon, handphone, dan jejaring social. Dan ini sudah sangat membuktikan bahwa perkembangan teknologi dapat juga menyebabkan perubahan budaya pada masyarakat sekarang.

  1. Cara Berpakaian

Cara masyarakat kita berpakaian itu juga tidak lepas dari pengaruh globalisasi dan modernisasi di Indonesia. Jika dulu orang-orang kita sangat bangga untuk memakai pakaian adat dari daerah masing-masing. Tetapi, beda pada saat ini rasanya hal itu sangat sulit sekali untuk dijumpai lagi kecuali ada acara-acara adat. Cara berpakaian yang dipengaruhi dari media informasi-informasi yang sudah didapatkan dari berbabagai media misalnya adalah Tv dan juga internet. Dan pada saat ini, cara berpakaian sebagian besar masyarakat banyak yang dipengaruhi oleh budaya barat.

  1. Gaya Hidup

Dan salah satu perubahan social budaya yang sudah terjadi di dalam masyarakat Indonesia adalah gaya hidup a.k.a lifestyle. Dan pada sebagian masyarakat ini sudah menerapkan gaya hidup yang sangat lah baik di dalam kehidupannya seperti menjadi vegetarian, workaholic, dll. Tetapi ada juga pada sebagian masyarakat yang sedang terjerumus pada lifestyle yang sangat tidak baik yang tentu tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia seperti narkoba dan juga pergaulan bebas.

  1. Westernisasi

Tidak hanya sedikit budaya barat yang sudah masuk ke indoneisa, misalnya adalah perayaan hari Valentine dan Halloween. Meskipun ke dua budaya tersebut bukan menjadi budaya asli Indonesia, akan tetapi tidak sedikit masyarakat Indonesia yang sudah melestarikan budaya asing tersebut ke dalam Indonesia. Dan sudah banya masyarakat Indonesia yang sudah menyatakan bahwa budaya asing ini jauh lebih baik dan sangat menarik daripada budaya kita sendiri, hal ini yang menyebabkan interest kepada budaya local semakin menurun.

  1. Emansipasi Wanita

Dan pada salah satu bentuk perubahan social budaya yang sedang terjadi pada masyarakat Indonesia adalah emansipasi wanita, yang artinya wanita ini memiliki derajat yang sama dengan pria. Dan jika dulu kita sangat jarang sekali melihat wanita yang menjadi pemimpin, bahkan ada kalimat orang tua yang sudah menyatakan bahwa kehidupan wanita adalah disekitar daour, sumur, dan Kasur. Dan jika pada saat ini tentu sangat lah berbeda, sudah banyak wanita yang menjabat pada peran yang sangat penting dinegeri ini seperti anggota parlemen pimpinan perusahaan, dll.

  1. Masyarakat Semakin Kritis

Dengan adanya perkembangan informasi dan komunikasi sangat membuat akses terhadap informasi yang semakin mudah. Informasi tersebut juga bisa didapatkan dari berbagai media komunikasi, seperti koran, televise, internet, dll. Hal ini dapat membuat masyarakat kita semakin cerdas dan kritis, misalnya adlaah masyarakat yang selalu berkomentar kebijakan-kebijakan yang sudah dilakukan pemerintah untuk negeri ini, dan jika terlebih ini sudah menjadi kebijakan tersebut sangat tidak populis dimata rakyat.

  1. Hilangnya Permainan Tradisional

Dan pada saat ini, kita akan sangat kesulitan untuk menemukan permainan tradisional seperti gasing atau congklak. Dan jika ada, itu sudah pasti dimainkan pada daerah-daerah terpencil seperti pedesaan. Padahal itu adalah permainan yang sangat popular sekali pada masanya dulu, dan itu juga sudah merupakan permainan asli dari Indonesia. Dan jika sekarang perannnya sudah digantikan dengan permainan modern seperti Playstation, Xbox, Wii, dan lain-lain. Itu sudah sangat terlihat seperti permainan modern yang jauh lebih menarik dari pada permainan tradisional.

  1. Pudarnya Minat Kepada Alat-alat Musik Tradisional

Jika peminat masyarakat terhadap alat-alat music tradisionak seperti angklung, gamelam dan lainnya sudah semakin berkurang. Dan jika ada itu hanyalah sebagian kecil masyarakat yang sangat peduli sekali dengan budaya dan juga tergerak hatinya untuk melestarikan alat-alat music tradisional. Dan sekarang sudah banyak masyarakat yang cenderung menyukai alat-alat. Music modern ini seperti gitar, piano, drum, dan lainnya. Sama halnya jika tidak segera diantisipasi, bukan tidak mungkin alat-alat music tradisional kita akan hilang dengan perlahan.

  1. Tergusurnya Kebudayaan Indonesia

Bentuk lain dari perubahan sosila budaya di Indonesia adalah tergusurnya budaya asli Indonesia. Yang sangat perlu kita ketahui bersama bahwa tidak sedikt kebudayaab kita akan mulai punah. Meskipun dengan demikian, banyak masyarakat Indonesia yang lebih berminat dengan budaya asing yang sudah masuk ke Indonesia seperti break dance, bear box, dan lainnya. Dan ini sangat mengkhawatirkan dan sangat perlu untuk ditindak lanjuti bersama.

  1. Penggunaan Bahasa Daerah Semakin Jarang

Contoh dari perubahan social budaya lainnya adalah dengan penggunaan Bahasa daerah yang sudah semakin jarang. Dan sudah kita tau bersama, ada banyak Bahasa daerah di Indonesia ini. Akan tetapi saat ini sudah sangat banyak masyarakat yang cenderung menggunakan Bahasa indoneisa. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena Bahasa Indonesia di mengerti oleh semua sedangkan Bahasa daerah hanya di mengerti oleh masyarakat daerah tertentu saja.

Gravatar Image
Seorang remaja yang mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang Traveller.