soto ayam

Perlu Kamu Ketahui Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia

Posted on

Negara Indonesia memang terkenal dengan kulinernya yang lezat. Dengan rempah-rempah asli Indonesia menjadikan makanan indonesia memiliki cita rasa yang khas juga. Makanan Indonesia yang beragam menjadikan daya tarik bagi masyarakat luar negri yang pernah berkunjung ke Indonesia. Sehingga makanan Indonesia bisa mendunia. Di bawah ini ada beberapa makanan Indonesia yang mendunia.

  1. Nasi Goreng

nasi goreng

Nasi goreng adalah makanan khas Indonesia yang mendunia. Bisa mendunia karena nasi goreng adalah salah satu makanan favorit mantan presiden Amerika yaitu Barack Obama. Makanan ini juga mudah untuk dibuat. Bahkan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Nasi goreng juga cocok diaplikasikan dengan lauk apapun, seperti telur, ikan, ayam, daging sapi, daging kambing, jamur, dll. Kuliner ini bisa di dapakan di mana saja bahkan di hotel luar negri yang berbintang lima pun menyediakannya. Karena kuliner satu ini diminati banyak orang. Jadi dijual dimana pun ada.

  1. Rendang

rendang

Rendang adalah makanan khas indonesia, tepatnya yaitu Padang, Sumatera Barat. Makanan ini dibuat dari olahan daging sapi yang dibumbui dengan rempah-rempah asli Indonesia. dan untuk menghasilkan makanan yang lezat ini butuh proses yang tidak sebentar. Karena harus dimasak berulang-ulang menggunakan santan kelapa.

Makakan ini menjadi makanan terlezat di dunia, terpilih di posisi paling atas dari 50 makanan terlezat versi CNN International pada tahun 2011. bahkan rendang menjadi makanan favorit di restoran Jerman dalam rangka festival masakan asli Indonesia. Dan sampai sekarang rendang menjadi makanan indonesia yang mendunia.

  1. Soto Ayam

soto ayam

Makanan khas Indonesia yang satu ini memiliki banyak varian, seperti soto Lamongan, soto Padang, soto Babat, coto Makassar, dll. Walaupun berbeda nama sotonya tapi tetap memiliki kemiripan rasa, karena di olah dengan rempah-remah asli Indonesia.

Soto ayam khas Indonesia juga telah menjadi langganan di sebuah acara festival Jepang. Dan makanan ini diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang. Karena salah satu pelajar Indonesia memperkenalkan makanan ini dan menjadi makanan favorit bagi penduduk asli kawasan Ibaraki.

  1. Sate Ayam

sate ayam

Kuliner yang satu ini selain menjadi makanan favorit Indonesia, juga menjadi makanan favorit masyarakat luar negri. Bisa mendunia karena di saat ada acara bazar international yang diselenggarakana di China 2013, sate ayam khas Indonesia di gemari oleh para pengunjung. Padahal di acara tersebut yang dipamerkan tidak hanya masakan Indonesia saja tapi masakan dari negara lain juga ada. Namun menu masakan Indonesia memiliki daya tarik tersendiri.

Sate ayam termasuk makanan yang mudaah untuk dibuat. Cara membuatnya yaitu dengan daging ayam atau daging kambing yang dipotong dadu dan di tusukkan di sebuah tusuk sate. Kemudian di bumbui dengan rempah-rempah asli Indonesia lalu di bakar dan diolesi bumbu kecap.

  1. Tempe

tempe

Makanan ini termasuk makanan khas Indonesia. Mungkin bagi orang Indonesia tempe adalah hal yang biasa bahkan jika orang indonesia yang sering makan tempe akan mersa sangat bosan. Tapi ternyata tempe menjadi makanan favorit di masayarakat luar negri.

Salah seorang wisatawan yang berkunjung di Indonesia yaitu William, saat memakan makanan tempe ini, ia sangat menyukainya. Dengan rasa suka terhadap tempe, wiliam mencari tau entang cara pengolahan tempe dan akhirnya ia menjual tempe di kotanya yaitu kota London dan tempe banyak diminati di kota ini. Karena di kota London penduduknya banyak yang berasal dari berbagai daerah, tempe menjadi terkenal dan mendunia.

  1. Gado-gado

gado gado

Gado-gado adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa. Dibuat dari sayuran yang direbus dan di campur dengan ketupat kemudian dilumeri dengan bumbu kacang yang khas. Lebih komplit lagi jika di tambahkan emping atau kerupuk. Makanan seperti salad sayur ini menjadi perlombaan memasak internasional di Napoli tahun 2010. makanan ini menjadi juara pertama di acara tersebut.

  1. Bakso

bakso

Bakso sangat mudah kita temukan di mana saja. Karena makanan ini menjadi makanan favorit khas Indonesia. Makanan ini berbahan dasar daging sapi yang dicampur dengan tepung dan kuah kaldu dengan rasa yang khas. Salah satu bukti bakso menjadi makanan yang mendunia karena menjadi makanan favorit mantan presiden Amerika yaitu Barack Obama. Jadi selain nasi goreng, Barack Obama juga suka dengan bakso. Karena Barack Obama juga pernah tinggal di Indonesia.

  1. Rawon

rawon

Ternyata rawon juga menjadi makanan yang mendunia, karena makanan ini terlihat unik. Yaitu kuahnya yang berwarna hitam alami dan rasa yang khas yang tidak di temukan di masakan lain. Disajikan dengan potongan daging sapi dan telur rebus serta sayur cambah yang menjadikan makanan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Itulah beberapa makanan khas indonesia yang mendunia. Ternyata makanan yang sering kita makan di luar negri juga terkenal ya. Maka dari itu bersyukurlah kita bisa makan makanan yang terkenal. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kalian.