Penyebab Terjadinya Gempa Bumi
Penyebab Terjadinya Gempa Bumi

Yuk! Cari Tau Apa Penyebab Terjadinya Bencana Gempa Bumi

Posted on

Penyebab terjadinya bencana gempa bumi – pasti kalian sudah mengetahui apa itu gempa bumi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa sih penyebab terjadinya gempa bumi?. Untuk lebih lengkapnya yuk! simak artikel ini sampai habis.

Gempa bumi merupakan getaran atau bisa di sebut juga guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi sangatlah besar. Contohnya seperti hancurnya beberapa bangunan sehingga menyebabkan banyak korban jiwa. Tidak hanya itu saja dampak yang ditimbulkan dari bencana gempa bumi, tetapi gempa bumi juga menyebabkan effek psikis terhadap anak ataupun masyarakat sekitar yang mengalami bencana gempa bumi ini.

Penyebab terjadinya bencana gempa bumi
Penyebab terjadinya bencana gempa bumi

Kebanyakan penyebab dari bencana gempa bumi disebabkan dari pelepasan energy yang dihasilkan dari tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan yang dihasilkan makan semakin besar dan akhirnya mencapai keadaan dimana tekanan tersebut tidak bisa ditahan kembali oleh pinggiran lempengan. Dan pada saat itulah gempa bumi akan terjadi.

Penyebab Terjadinya Bencana Gempa Bumi

Penyebab terjadinya bencana gempa bumi berdasarkan penyebabnya, yaitu tabrakan (impack), meledaknya gunung berapi, runtuhnya gua, dan kegiatan tektonik.

  1. Runtuhnya Gua
Penyebab terjadinya bencana gempa bumi
Penyebab terjadinya bencana gempa bumi

Runtuhan gua merupakan penyebab terjadi gempa bumi. Tetapi runtuhnya gua adalah penyebab terjadi gempa bumi adalah kesalahan besar. Hal ini sangatlah wajar dikarenakan teknologi pada zaman dulu tidaklah canggih dari pada zaman sekarang. Memang runtuhnya gua akan mengakibatkan getaran terhadap tanah, tetapi getaran yang dihasilkan tidaklah besar. Kekuatannya sekitar 2 hingga 3 skala richter.

  1. Meledaknya Gunung Merapi

    Penyebab terjadinya bencana gempa bumi
    Penyebab terjadinya bencana gempa bumi

Aktivitas pada gunung merapi juga oleh masyarakat sebagai penyebab terjadinya bencana gempa bumi. Bencana gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas pada gunung merapi disebut dengan gempa bumi vulkanik. Bencana gempa bumi bisa saja terjadi sebelum gunung merapi meledak, selama terjadi gunung merapi meledak, ataupun bisa saja setelah gunung merapi meledak.

Sedangkan penyebab gunung merapi yaitu dikarenakan terjadinya sentuhan antara magma, dinding gunung merapi, dan tekanan pada gas yang ada didalam dapur magma. Gunung merapi juga bisa terjadi dikarenakan perpindahan magma dengan cara tiba-tiba yang berada di dalam dapur magma. Gempa bumi yang diakibatkan oleh aktivitas vukanik memiliki kekuatan yang sangat lemah dan bisa terasa di wilayah sekitar gunung merapi.

Walaupun goncangan yang dihasilkan dari gunung merapi sangatlah lemah tetapi menimbulkan kerusakan yang sangat luas, karena biasanya gempa bumi vulkanik itu disertai dengan meletusnya gunung merapi.

Dengan berdasarkan posisi magma, maka gempa bumi vulkanik bisa dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu gempa bumi vulkanik dalam, gempa bumi vulkanik dangkal, gempa bumi ledakan, dan getaran vulkanik atau tremor. Untuk lebih rincinya mari kita bahas

  • Gempa Bumi Vulkanik Dalam

Gempa bumi vulkanik adalah memiliki sumber terhadap gempa sekitar 2 sampai 30 kilometer. Gempa bumi yang satu ini hampir sama dengan gempa bumi tektonik. Gempa bumi yang satu ini terjadi ketika menjelang letusan gunung merapi, atau biasanya dianggap sebagai tanda-tanda bahwa gunung merapi mulai aktif.

  • Gempa Bumi Vulkanik Dangkal

Gempa bumi vulkanik dangkal ini hampir sama dengan gempa bumi vulkanik dalam, hanya saja letak getarannya atau gempanya pada kedalaman yang kurang dari 2 kilometer. Gempa ini muncul saat mendekati letusan gunug merapi, selama terjadinya gunung meletus, atau setelah letusan terjadi.

  • Gempa Bumi Ledakan

Terjadinya gempa bumi yang satu ini berkaitan dengan saat berlangsungnya letusan gunung merapi. Sumber terjadinya gempa bumi ini sangatlah dangkal, yaitu sumbernya kurang dari 1 kilometer.

  • Getaran Vulkanik Atau Tremor

Getaran vulkanik atau tremor adalah getaran yang berkaitan  dengan aktifnya gunung merapi dan terjadinya bencana ini terus menerus sehingga membuat suasana sekitar tidak tenang. Biasanya letak atau sumber terjadinya gempa dimulai dari ke dalaman 30 kilometer sampai ke atas atau permukaan.

  1. Tabrakan
Penyebab terjadinya bencana gempa bumi
Penyebab terjadinya bencana gempa bumi

Pertamanya banyak orang yang menyangka atau percaya bahwa penyebab terjadinya gempa bumi adalah adanya bintang yang jatuh atau meteor yang menabrak bumi. Dampak yang ditimbulkan dari meteor yang menabrak bumi ini tidak terekam pada alat pengukur gempa bumi (seismograf). Hal itu membuktikan bahwa getaran yang dihasilkan oleh peristiwa tabrakan meteor dengan bumi memiliki kekuatan yang sangat kecil.

  1. Kegiatan Tektonik

Peristiwa gempa bumi terjadi akibat adanya kegiatan tektonik. Gempa bumi yang diakibatkan oleh kegiatan tektonik mempunyai effek yang sangat serius. Gempa bumi ini bersangkutan dengan kegiatan tektonik yang terus berlangsung dalam proses pembentukan gunung.

Gempa bumi tektonik ini terjadi dikarenakan adanya pelepasan tenaga yang ada pada saat pergeseran lempengan plat tektonik. Gerakan litosfer itu terjadi dikarenakan adanya gerakan astenosfer yang memiliki sifat cair dan kental.

Dampak Atau Akibat Terjadinya Bencana Gempa Bumi

Penyebab terjadinya bencana gempa bumi
Penyebab terjadinya bencana gempa bumi

Setelah mengetahui apa penyebab terjadinya gempa bumi, kita akan membahas tentang apa saja dampak yang dihasilkan dari bencana gempa bumi tersebut. Dampak atau akibat yang terjadi akibat gempa adalah.

  • Banyaknya rumah atau gedung yang rusak yang diakibatkan oleh goncangan tanah yang hebat.
  • Selain tumah dan gedung yang rusak, gempa bumi juga mengakibatkan korban jiwa yang banyak karena tertimpa oleh bangunan yang rusak dan juga tertimpa oleh longsor.
  • Apabila sumber terjadinya gempa bumi berada di dalam atau dasar lautan, maka dampak yang ditimbulkan yaitu gelombang tsunami yang dapat membahayakan daerah pesisir pantai.

Upaya Agar Mengurangi Dampak Akibat Terjadinya Bencana Gempa Bumi

Kalau dilihat, sangat besar sekali dampak yang dihasilkan dari bencana gempa bumi. Maka dari itu diperlukan langkah atau upaya yang strategis untuk meminimalisirkan dampak yang terjadi dari bencana ini.

  • Memperkuat struktur bangunan yang ada di daerah rawan dengan bencana gempa bumi sesuai dengan standar kualitas bangunan tersebut.
  • Membutuhkan konstruksi tahan terhadap bangunan gempa, khususnya bagi masyarakat yang rumahnya berada di daerah rawan terhadap bencana gempa bumi
  • Pembangunan fasilitas umum dengan menggunakan standar kualitas yang tinggi.
  • Zonasi daerah rawan terhadap gempa bumi dan pengaturan pemanfaatan terhadap lahan.
  • Adanya penyuluhan pada masyarakat mengenai bahayanya terhadap bencana gempa bumi dan cara menyelamatkan diri apabila terjadi bencana ini.

Demikian yang bisa saya sampaikan kepada kalian tentang penyebab terjadinya gempa bumi. Semoga penyampaian saya di artikel ini bermanfaat bagi anda dan menambah pengetahuan anda. Terima kasih.