Penyakit Migrain
Penyakit Migrain

Penyebab Penyakit Migrain Yang Sering Terjadi

Posted on

Penyakit migrain –¬† Penyebab penyakit migrain merupakan salah satu penyakit yang menyebaban seseorang mengalami sakit kepala. Kemunculan penyakit migrain ini diakibatkan adanya aktivitas yang tidak normal didalam otak seseorang yang berdampak pada pembulu darah, sinyal saraf, dan zat kimia dalam otak. Zat kimia yang berada dalam otak yang disebut dengan serotonin, zat tersebut telah diduga mengelola rasa sakit dan system saraf.

Terjadinya dan faktor yang mengakibatkan terjadinya migrain juga karena ketidakseimbangan sorotin, faktor genetis dan lingkungan juga dapat membuat anda lebih berisiko mengalami migrain. Berikut akan kami berikan seputar informasinya kepada anda apa saja penyebab migrain yang dapat anda ketahui dan anda dengan mudahnya bisa melakukan pencegahan, berikut seputar informasinya yang kami tuliskan hanya untuk anda.

Beberapa faktor penyebab dari penyakit migrain :

  • Perubahan Hormon Wanita

Perubahan Hormon Wanita
Perubahan Hormon Wanita

Perubahan hormon wanita merupakan penyebab terjadinya migrain yang pertama yang dapat anda ketahui. Fluktuasi kadar hormon pada penderita wanita berkaitan erat dengan penyakit migrain, sebagian wanita terserang penyakit migrain pada saat masa menstruasi, dalam kondisi tersebut dikenal dengan nama penyakit migrain menstruasi. Kadar hormone estrogen yang menurun tepat sebelum penderita wanita menjalani masa menstruasi diduga menjadi penyebab penyakit migrain.

Wanita yang mengalami penyakit migrain dapat mengalaminya pada dua hari sebelum hari pertama kedatangan menstruasi hingga tiga hari setelah hari pertama menstruasi atau periode lain yang masih berdekatan dengan masa-masa menstruasi. Penyebab munculnya migrain yang lainnya yaitu menopause, menopause juga bisa menjadi pemicu datangnya migrain, meski ada sebagian wanita pengidap migrain merasa penyakit tersebut justru membaik setelah mereka memasuki masa menopause.

  • Pemicu Pola Makan dan Bahan Makanan

Pemicu Pola Makan dan Bahan Makanan
Pemicu Pola Makan dan Bahan Makanan

Pemicu pola makan dan bahan makan merupakan hal-hal yang berhubungan yang dapat memicu datangnya migrain. Pola makan yang dapat memicu timbulnya migrain yaitu minuman keras, zat tiramin pada makanan, jadwal makan yang tidak teratur, produk makanan yang mengandung kafein seperti teh dan kopi dan kondisi dehidrasi.

Makanan tertentu juga dapat memicu datangnya penyakit ini seperti cokelat, keju dan buah jeruk yang juga dapat menyebabkan datangnya penyakit migrain. Untuk itu pola makan dan bahan makan anda harus anda jaga dengan seteliti mungkin, jika anda tidak menjaga pola dan bahan makan anda dengan teliti, maka kemungkinan anda akan mengalami penyakit migrain tersebut.

  • Pemicu dari Lingkungan Sekitar

Pemicu dari Lingkungan Sekitar
Pemicu dari Lingkungan Sekitar

Pemicu dari lingkungan sekitar merupakan penyebab terjadinya penyakit migrain yang selanjutnya yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda. Beberapa faktor lingkungan sekitar yang mengakibatkan seseoerang mengalami penyakit migrain yaitu :

  1. Merokok atau ruangan yang dipenuhi dengan asap rokok.
  2. Bau yang sangat tajam.
  3. Cahaya yang terlalu terang.
  4. Udara yang pengap.
  5. Layar yang berkedip seperti computer atau TV.
  6. Bunyi-bunyi yang bising atau berisik.
  7. Perubahan iklim, seperti perubahan kelembapan atau suhu yang sangat dingin.

Penyebab yang diatas merupakan penyebab terjadinya migrain yang dimunculkan oleh lingkungan sekitar. Untuk itu anda harus hati-hati dalam menghadapi lingkungan sekitar anda yang biasanya anda rasa hanya biasa saja, lingkungan sekitar yang luas memang sering dilakukan oleh seseorang untuk melakukan aktivitas, dan aktivitas yang padat itulah yang membuat seseorang terkena penyakit ini.

  • Pemicu Emosional Diri Sendiri

Pemicu Emosional Diri Sendiri
Pemicu Emosional Diri Sendiri

Pemicu emosional diri sendiri merupakan penyebab terjadinya penyakit migrain. Penyakit ini dapat muncul akibat dipicu dengan hal-hal emosional, hal-hal emosional yang dapat memicu terjadinya penyakit migrain seperti, stres, ketegangan, kecemasan, terguncang, depresi, dan emosi yang meluap-luap. Faktor emosional yang telah kami sebutkan diatas merupakan faktor yang menjadikan penyakit ini datang.

Untuk itu jika anda mengalami emosional yang mengakibatkan timbulnya penyakit, anda harus menjaga dan menstabilkan emosional anda, jika anda tidak menjaganya maka anda akan dengan mudah mengalami penyakit ini. Penyakit migrain akan mudah sekali menginap di tubuh seseorang jika seseorang itu tidak bisa menjaga emosionalnya.

  • Pemicu Fisik dan Kebiasaan

Pemicu Fisik dan Kebiasaan
Pemicu Fisik dan Kebiasaan

Pemicu fisik dan kebiasaan merupakan pemicu terjadinya penyakit migrain yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda. Kondisi fisik akibat beberapa pola hidup juga dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit migrain, seperti ketegangan pada leher dan bahu, kelelahan ,dan buruknya kualitas tidur. Postur tubuh melakukan latihan berat, waktu kerja yang berubah-ubah yang tidak biasa dilakukan dan gula darah rendah juga bisa memicu terjadinya penyakit migrain.

Pemicu fisik dan kebiasaan pola hidup merupakan pemicu terjadinya penyakit ini yang dapat anda jauhi dan dapat anda cegah terjadinya. Faktor tersebut jangan sampai anda anggap remeh walaupun pekerjaan tersebut sudah terbiasa bagi anda, tapi tetap saja anda harus menjaganya. Karena jika penyakit migrain telah terjadi kemungkinan malah anda tidak bisa melakukan aktifitas yang sudah biasa anda lakukan.

  • Pengaruh Dari Obat-obatan

Pengaruh Dari Obat-obatan
Pengaruh Dari Obat-obatan

Pengaruh dari obat-obatan merupakan penyebab terjadinya penyakit migrain yang selanjutnya yang dapat anda ketahui informasinya. Beberapa obat tertentu juga dapat menyebabkan penyakit itu datang, seperti beberapa jenis obat tablet tidur, pil kontrasepsi, terapi pengganti hormone yang terkadang digunakan untuk mencegah menopause.

Pemicu migrain berbeda pada tiap individual seseorang, jika anda mengalami penyakit tersebut anda jangan langsung ketergantungan terhadap obat, karena ketergantungan obat itu sangat tidak baik untuk tubuh seseorang. Kasian jika tubuh anda ketergantungan terhadap obat, ketergantungan obat juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami kematian.

Diatas tadi kami telah memberikan seputar informasi tentang penyebab terjadinya penyakit migrain, semoga artikel yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda dalam masalah kesehatan. Terima kasih bagi anda yang telah menyimak dan membaca artikel kami hingga akhir dan tunggu informasi lainnya yang akan kami sampaikan kepada anda.

Baca juga artikel tentang Penyebab Kecanduan Rokok dan Cara Menghentikannya