Penyakit Sistem Pencernaan Manusia

Berbagai Penyakit Sistem Pencernaan Manusia yang Perlu Kalian Waspadai

Posted on

Penyakit Sistem Pencernaan Manusia – Sistem pencernaan manusia yang dapat terdiri dari beberapa alat pencernaan. Karena pada macam-macam penyakit yang mungkin akan terjadi pada sisitem. Ada system yang dapat menyerang penyakit seperti penyakit tenggorokan, sakit gigi, lambung, dan lain sebagainya. Ada juga kelainan yang akan terjadi pada sakit gigi, usus halus, dan lambung. Baca selengkapnya.

Penyakit Sistem Pencernaan Manusia
Penyakit Sistem Pencernaan Manusia
  1. Sakit Gigi

Penyakit sistem pencernaan manusia yang pertama yaitu sakit gigi. Sakit gigi yang sering terjadi karena adanya gigi yang berlubang. Gigi yang berlubang bisa disebut dengan karies. Sakit gigi tidak boleh disepelekan, tetapi karus diwaspadai. Sebab sakit gigi dapat mengganggu pada organ tubuh lainnya, seperti mata, jantung, dan juga ginjal.

Karena penyebabnya gigi yang berlubang itu yang terjadinya makan-makanan yang dapat mengandung gula. Dan akhirnya makanan dapat menempel pada gigi dan dapat terjadinya sarang kuman.

  1. Sariawan

Alat pencernaan yang sering sekali terganggu sariawan yaitu pada mulut, gusi, bibir, dan juga lidah. Ketika anda mengalami sariawan, akan terasa perih pada saat makan. Biasanya orang yang terkena sariawan akan menyebabkan tidak napsu makan dan terjadinya penurunan berat badan.

  1. Hepatitis

Penyakit sistem pencernaan manusia berikutnya yaitu penyakit hepatitis. Hepatitis ini yang merupakan penyakit akibat dari infeksi virus hati. Dalam virus ini yang akan masuk kedalam tubuh yang dapat melalui makanan atau air.

  1. Diare

Diare adalah merupakan penyakit dalam mengalami penderitaan pada buang air besar. Adapun diare karena peradangan usus yang seperti kolera dan juga disentri. Orang yang dapat mengalami diare akan mengalami kehilangan cairan tubuh.

  1. Konstipasi

Konstipasi yang bisa disebut dengan sembelit. Karena keadaan yang dapat dialaminnya pada seseorang yaitu gejala fases mengeras yang terjadi kesusahan untuk mengeluarkan. Sebab terjadinya kurangnya meminum air dan juga akan menjadikan keras.

  1. Disentri

Disentri adalah penyakit yang bisa menyerang usus. Usus yang dapat terserang disentri yang akan terserang kuman amoeba atau disebut dengan bakteri yang akhirnya terjadi radang. Adapun gejala tersebut umumnya terjadi mencret, sakit perut, berlendir.

  1. Apendisitis

Apendisitis adalah penyebab gangguan yang akan terjadi. Sebab terjadi peradangan apendiks. Karena adanya infeksi dari bakteri pada umbai cacing maksudnya yaitu usus buntu. Yang menjadi timbulnya rasa nyeri dan sakit sekali.

  1. Maag

Maag
Maag

Maag ini juga bisa disebut dengan tukak lambung atau juga luka pada lambung. Adapun alat pencernaanya yang dapat diserang maag yaitu lambung usus. Gejala ini yang terkenal sekali terjadinya saat kembung, mual, dan juga muntah-muntah. Adapun dari gejala lainnya yaitu tidak nafsu makan yang akan menjadi berat badan menurun.

  1. Radang usus buntu

Radang usus buntu yang akan terjadi pada usus buntu. Yang terjadi pada sakit perut sebelah kanan bawah. Sebab terjadi kesumbatan bakteri dalam usus buntu yang akan terjadi dinding usus terinfeksi.

  1. Demam tifoid

Demam tifoid itu merupakan penyakit yang sangat serius yang dapat disebabkan bakteri. Bakteri tifois yang menyebabkan penderitaan lemah, kematian, dan juga demam.  Adapun gejala ini yang menyebabkan demam, sakit kepala, lidah pahit, sakit perut, sehingga tidak nafsu makan.

  1. Cacingan

Cacing memiliki beberapa jenis. Ada tiga yaitu cacing yaitu

  • Cacing kremi

Anak yang memiliki kebiasaan tersendiri yang seperti menggigit jari tangan, dan dapat bermain becek-becek  yang akan terjadi pada penyakit ini. Sebab cacing kremi suka sekali berada di tempat air tanah yang tidak bersih.

  • Cacing gelang

Beberapa telur cacing ini yang akan masuk pada minuman dan juga pada makanan yang dapat tercemar. Adapun gejalanya yang akan terjadi perut mulas, dan kembung. Dalam penderita mungkin juga dapat mengikuti gejala tersebut seperti hidung gatal, dan juga tenggorokan.

  • Cacing tambang

Adapun telur cacing tumbang ini yang dapat masuk tubuh melalui kulit, kaki, dan juga tangan. Telur cacing ini sangat suka hidup di daerah yang lembab dan juga hangat. Gejalanya yaitu terjadi diare, perut mulas, dan juga terjadi kembung.

  1. Radang dinding lambung

Radang dinding lambung dapat menyerang lambung. Gejala lambung ini sangat sulit untuk bernafas, fases yang berwarna gelap dan dapat campuran darah. Penyebabnya mungkin karena alergi makanan, obat-obatan, bakteri, alkohol, dan juga racun.

  1. Keracunan

Keracunan makanan yang dapat terjadi pada bakteri misalnya pada bakteri Salmonela yang dapat menyebabkan penyakit paratipus dan tipus.

  1. Tukak lambung

Tukak lambung yaitu salah satu kelainan dalam system pencernaan yang terjadi selaput lender. Tukak lambung yang disebabkan karena terjadinya factor-faktor kuman, psikosomatis, toksin, kecemasan, strees, ketakutan, dan dapat kelelahan itu yang merupakan factor-factor psikosomatis yang terjadi pengeluaran HCL di lambung.

  1. Malnutrisi

Malnutrisi yang disebut dengan kurang gizi. Yaitu penyakit yang dapat disebabkan pada tergantungnya enzim-enzim pencernaan. Yang memiliki gangguan disebabkan oleh sel-sel  pancreas atropi dalam kelahiran yang sangat banyak pada reticulum endoplasma. Contohnya adalah kwashiorkor, akibatnya penyakit dalam kekurangan protein yang sangat parah dan juga pada umumnya akan menyerang anak.

Ada beberapa cara dalam pengobatan penyakit usus buntu yaitu melalui apendiktomi atau juga pada operasi pengangkatan usus buntu.

   16. Wasir

Wasir yaitu pembengkakan pembuluh darah disekitar atau juga di dalam anus. Dalam pembengkakan ini masih belum bisa mengetahui secara pasti, namun memiliki hubungan yang erat dengan tekanan yang terjadi pada pembuluh darah, di antaranya :

  • Adanya kurang mengonsumsi makanan yang berserat
  • Mengejan berlebihan ketika buang air besar
  • Sembelit berkepanjangan