Penjara Paling Mengerikan di Dunia
Penjara Paling Mengerikan di Dunia

5 Penjara Paling Mengerikan di Dunia

Posted on

Penjara Paling Mengerikan di Dunia – Terkadang pusat rehabilitasi atau sebuah tempat yang biasa dikenal dengan penjara ini bisa lebih kejam dari para penjahat. Sebab, dalam keseharian siksaan yang paling kejam sering terjadi di lingkungan penjara, termasuk bagi penjahat yang paling kejam sekalipun.

Penjara di bangun guna untuk menghukum para penjahat. Selain dihukum, para napi yang berada di penjara biasanya juga di bekali dengan beberapa kemampuan. Hal tersebut bertujuan agar para napi yang sudah keluar dari penjara bisa mendirikan wirausaha sendiri dan tidak melakukan kejahatan kembali.

Penjara Mengerikan
Penjara Mengerikan

Penjara Paling Mengerikan di Dunia

Beberapa penjara berikut ini mungkin akan menjadi penjara yang paling ditakuti oleh para napi untuk menjalankan hukuman. Hal tersebut disebabkan karena penjara berikut memperlakukan tahanannya secara brutal dan kejam, di antaranya :

  1. Carandiru Prison

Penjara paling mengerikan di dunia yang pertama yaitu Carandiru Prison yang terletak di negara Brazil. Penjara ini sempat menggemparkan Brazil dan juga dunia karena terjadi kerusuhan besar di penjara tersebut pada tahun 1992. Tragedi Carandiru berawal dari pecahnya perang antar gank di penjara tersebut, yang akhirnya meluas hingga mengaitkan banyak narapidana.

Akhirnya tragedi pembantaian massal yang melibatkan polisi setempat pun terjadi. Polisi juga mendatangkan bala bantuan. Sebenarnya pada saat itu, sudah banyak napi yang menyerah dan melemparkan senjata mereka untuk meminta perlindungan kepada polisi, namun jawaban yang diberikan polisi malah menembaki mereka. Banyak korban berjatuhan, di antaranya tewas terbunuh.

Perlakuan brutal dari pihak kepolisian tersebut menimbulkan protes dimana-mana, begitu juga dengan Amnesty Internasional yang menyelenggarakan kampanye agar penjara tersebut ditutup pada tahun 2002. Amnesty Internasional melaporkan telah terjadi pelanggaran hak-hak asasi manusia yang tidak bisa di tolerir lagi.

Tidak hanya itu, fasilitas di dalam tempat rehabilitasi ini pun juga sangat buruk sehingga menyebarkan penyakit yang mematikan. Pada saat itu, Kepala Kepolisian Metropolitan Sao Paulo, Ubiratan Guimaraes adalah orang yang dianggap paling bertanggung jawab atas terjadinya tragedi ini. Tragedi yang menyebabkan kemarahan di seluruh dunia ini membawa Ubiratan Guimaraes ke kursi pesakitan.

Ia sempat di adili dengan tuduhan pembunuhan terhadap 102 orang. Namun, setelah itu pengadilan membebaskan Guimaraes karena yang bersangkutan dengan tragedi ini mengatakan bahwa polisi melakukan hal tersebut karena ditembaki. Pemerintah Brazil menganggap bahwa tragedi yang terjadi di penjara tersebut bukan tanggung jawab pihak kepolisian.

  1. Bang Kwang Prison

Penjara paling mengerikan di dunia selanjutnya yaitu penjara Bang Kwok Prison atau dikenal dengan sebutan Bangkok Hilton yang terletak di Thailand. Penjara ini dikatakan sudah tidak layak lagi. Selain sesak, penjara ini juga kekurangan tenaga sipir. Para napi yang ditahan di penjara tersebut dirantai. Banyak juga napi yang menjadi gila karena stress saat melewati bulan pertama di penjara itu.

Bang Kwang Prison
Bang Kwang Prison

Direktur penjara Khun Natte juga mengakui jika penjara tersebut adalah penjara yang paling keras di seluruh Thailand. Fasilitasnya juga sangat minim, termasuk perawatan kesehatan terhadap napi yang tidak memenuhi standar. Napi yang sakit hanya bisa meringkuk kesakitan dengan kaki dirantai di kamarnya sambil menunggu obat datang jika diberi.

  1. ADX Florence Supermax Prison

Penjara yang satu ini merupakan salah satu penjara paling mengerikan di dunia. Penjara ADX terletak di Colorado, bagian barat Amerika Serikat. Penjara ini dibangun sebagai tanggapan atas serangan terhadap para staf dan sipir yang terjadi di penjara lain di Amerika. Penjara ini menerapkan maximum security untuk mencegah terjadinya serangan para napi terhadap para staf atau sipir penjara.

ADX Florence Supermax Prison
ADX Florence Supermax Prison

Karena hal itu, para napi di karantina dari staf penjara. Para napi yang ditahan di penjara ini akan mengalami penyiksaan psikologis karena selama 23 jam hanya dihabiskan di dalam sel. Para napi tidak bisa kemana-mana. Menjadi narapidana di penjara ADX adalah suatu mimpi buruk yang tidak akan terlupakan bagi napi yang pernah mendekam dipenjara tersebut.

Di penjara tersebut, para narapidana menerima keadaan yang buruk dari yang terburuk. Karena hal itu, yang masuk ke dalam penjara ini hanyalah para penjahat kelas kakap serta penjahat yang sudah berkali-kali masuk tahanan. Disinilah neraka dunia yang bisa menyebabkan penderitaan seumur hidup.

Selama 13 tahun beroperasi, dua orang narapidana dikabarkan bunuh diri di ADX Florenc, salah satunya yaitu Lawrence Klaker. Ada juga yang menyebutkan bahwa dua narapidana tersebut mati karena di tembak.

  1. Alcatraz Island Prison

Penjara yang satu ini dikenal sebagai Devil Island atau The Rock. Penjara Alcatraz dibangun pada tahun 1920 dengan segala ketidaknyamanan yang ada. Terletak di tengah laut dan menempati sebuah pulau yang kecil dan dilengkapi dengan penjagaan yang sangat ketat, sehingga hanya ada kemungkinan kecil napi bisa kabur dari penjara tersebut.

Alcatraz Island Prison
Alcatraz Island Prison

Sipir yang kasar, pejabat penjara yang arogan dan kebijakan yang tidak manusiawi mewarnai hari-hari para napi di penjara ini. Tidak heran jika banyak napi yang terkena gangguan jiwa akibat tekanan psikologis yang sangat luar biasa. Dipenjara ini, terdapat larangan untuk berbicara dengan sesama napi dan napi dilarang mengeluarkan emosinya, para narapidana di paksa diam. Jika tidak mengikuti kebijakan yang telah ditentukan, maka hukuman menunggu. Hak-hak sebagai manusia di penjara Alcatraz ini telah dicabut.

Bahkan rasio penjaga dengan narapidananya 1:3. Selama 29 tahun beroperasi, tepat pada tahun 1963, penjara ini akhirnya ditutup, namun warisan kegelapan masih terus hidup dan menjadi legenda.  Penutupan tersebut dilakukan karena biaya operasional penjara yang sangat besar. Pada saat masih beroperasi, penjara ini dikenal sebagai penjara yang paling susah ditembus. Bahkan tidak pernah ada satupun narapidana yang berhasil keluar dari penjara ini.

  1. San Quentin Prison

San Quentin Prison merupakan salah satu penjara paling mengerikan di dunia. Pada tahun 1930-an, pengelolaan penjara ini penuh dengan berbagai bentuk korupsi, hingga khirnya muncul direktur yang baru. Clinton Truman Duffy yang melihat kondisi yang tidak manusiawi dari penjara ini memutuskan untuk melakukan perbaikan pada tahun 1940. Namun, sebelum direktur yang baru menjabat,  penjara ini dikenal sangat tidak manusiawi dalam memperlakukan para napi.

San Quentin Prison
San Quentin Prison

Para napi dipaksa memakai seragam yang di beri nomor, kepala dibotaki dan makan dengan wadah ember. Fasilitas yang tidak memadai, seperti sel yang sempit dan tidak dilengkapi dengan lampu. Nyawa para narapidana seperti tidak ada harganya. Kekacauan antar ras sering terjadi. Rasio antara penjaga penjara dengan napi tidak sebanding. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya tragedi yang terjadi di luar kontrol.