pengertian tsunami
pengertian tsunami

Pengertian Tsunami Yang Harus Kalian Ketahui

Posted on

Pengertian Tsunami– Pada kali ini kami akan membahas tentang pengertian tsunami,  tsunami merupakan gerakan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan secara tiba-tiba. Perubahan pada permukaan laut ini karena disebabkan oleh gempa yang berasal dari dasar laut.

Letusan dari gunung berapi yang ada dibawah laut, longsor bawah laut atau meteor. Gelombang tsunami ini bisa saja merambat kesegala arah, energi yang terdapat dalam gelombang tersebut sangatlah besar. Tsunami ini biasanya dianggap sebagai gelombang air pasang.

Di dasar laut yang sangat dalam gelombang tsunami merambat dengan kecepatan hingga 1000 km per jam, dan mengalahkan kecepatan pesawat terbang. Dan ketinggian gelombang tsunami ini yang dilaut yang dalam hanya berkisar 1 meter.

Akan tetapi, ketika mendekati pantai kecepatan dari gelombang tsunami ini menurun. Namun ketinggiannya sudah meningkat sampai puluhan meter, kecepatan dari tsunami ini menurun hingga 30 km per jam. Hantaman dari gelombang tsunami ini bisa masuk hingga puluhan kilometer dari pinggir pantai.

Kerusakan dan korban jiwa dikarenakan tsunami bisa diakibatkan oleh hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami.

 Penyebab Terjadinya Tsunami

 Gempa Di Bawah Laut

pengertian tsunami
pengertian tsunami

Gempa bumi yang sering terjadi di bawah laut merupakan peristiwa yang paling sering terjadi tsunami. Gerakan vertikal pada kerak bumi dapat menimbulkan dasar laut naik atau turun secara mendadak, yang mengakibatkan gangguan keseimbangan air yang ada diatas nya. Dalam kondisi ini mengakibatkan terjadi aliran energi laut.

Meski gempa bumi bawah laut merupakan penyebab utama yang menyebabkan tsunami, dan tidak berarti bahwa semua gempa bumi akan menyebabkab tsunami apabila memenuhi beberapa syarat antara lain andalah, sebagai berikut:

  • Gempa bumi yang bekekuatan minimal 6,5 SR
  • Pusat gempa kurang dari 30 kilometer di bawah permukaan laut
  • Jenis sesar gempa adalah sesar naik turun

Meletus Gunung Berapi

pengertian tsunami
pengertian tsunami

Gunung berapi terdapat di beberapa penjuru dunia , letusan dari gunung berapi mampu menyebabkan terjadinya gempa vulkanik (gempa yang terjadi di saat gunung meletus) . Meskipun sangat jarang sekali, akibat tsunami ini di sebabkan oleh letusan gunung berapi yang  berdampak sangat dahyat.

Akibat adanya letusan yang sangat besar atau sangat kuat dari gunung berapi yang ada di bawah laut, maka menyebabkan terjadinya tsunami. Salah satu contoh yang paling besar adalah yang menggambarkan kejadian tsunami diakibatkan oleh letusan gunung berapi yang ada di indonesia.

Tepatnya di daerah jawa barat yaitu gunung berapi krakatau yang meletus pada tahun 1883. Peristiwa ini menimbulkan gelombang tsunami yang sangat besar sehingga menghantam seluruh daerah yang ada di daerah selat sunda. Hal ini membuat indonesia harus selalu waspada kenapa!! Karena letusan gunung berapi bisa terjadi sewaktu-waktu.

Longsor di Bawah Laut

pengertian tsunami
pengertian tsunami

Ternyata longsor tidak hanya di daratan tapi juga ada di bawah laut, seperti yang sudah dijelaskan bahwa bentuk dari permukaan bawah laut menyerupai seperti daratan. Longsor di bawah laut ini pada umumnya disebabkan oleh adanya gempa bumi tektonik atau letusan gunung yang ada di bawah laut.

Tabrakan lempeng yang ada di bawah laut juga bisa menyebabkan longsor. Longsor bawah laut umumnya terjadi akibat hantaman antara lempeng benua dan lempeng samudra yang dikarenakan gempa dan perubahan air laut. Pada skal tertentu bisa menyebabkan tsunami.

Ciri-ciri tsunami yang disebabkan oleh longsor bawah laut adalah gempa yang berskala kecil tapi mampu mengakibatkan tsunami yang sangat dahsyat.

Adanya Hantaman Meteor

pengertian tsunami
pengertian tsunami

selanjutnya yang menyebabkan terjadinya tsunami adalah hantaman meteor atau benda langit yang jatuh. Benda yang jatuh dari langit yang ukurannya besar, meskipun jarang terjadi dengan peristiwa ini. Dan bahkan belum ada dokumentasi yang menyebutkan terjadinya tsunami itu akibat hantaman meteor.

Selain itu, meteor yang jatuh ke permukaan laut juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan lempeng yang terdapat di bawah lautyang menimbulkan terjadinya gempa. Peristiwa ini sangat jarang banget, akan tetapi berakibatan terjadinya tsunami yang sangat besar.

Dampak Bencana Tsunami

pengertian tsunami
pengertian tsunami

Bencana alam memang merupakan peristiwa yang tidak diharapkan dan tidak dirindukan. Apapun jenis bencananya yang ada dibumi ini, makan tidak ada satupun dari mereka yang diharapkan kedatangannya oleh manusia. Beberapa dampak tsunami antara lain, sebagai berikut:

  • Terjadinya kerusakan dimana-mana

Dampak yang terjadinya tsunami ini adalah kerusakan dimana-mana, kerusakan yang kami maksyud adalah kerusakan fisik baik bangunan ataupun non bangunan. Kerusakan yang terjadi ini akan menimbulkan banyak sekali kerugian terutama yang paling merugikan adalah berupa material.

Gelombang ombak yang berkekuatan tinggi ini dalam sekejap mata bisa meluluhkan bangunan yang berdiri dengan tegak. Merusak tambak dan ladang perikanan, dan lain sebagainnya.

  • Lahan pertanian dan perikanan rusak

Gelombang tsunami yang sangat dahsyat dapat menyebabkan  lahan pertanian dan perikanan rusak parah. Gelombang tsunami ini mempunyai kekuatan yang besar mampu menyapu bersih tanpa tersisa dengan apa-apa. Jangankan sawah yang rusak parah, bahkan gedung dan bangunan yang kokoh juga ikut roboh.

  • Menghambat kegiatan perekonomian warga

Kerusakan dan kehilangan yang terjadi karena gelombang tsunami akan melumpuhkan kegiatan perekonomian warga sampai beberapa waktu yang akan datang. Tidak hanya itu saja yang merugikan perekonomian warga, namun kerugian tersebut akan disebabkan oleh tsunami mungkin akan menggantikan kegiatan produksi dan perdagangan dalam waktu tertentu.

Tanda –tanda Tejadinya Bencana Tsunami

Ada beberapa tanda yang menemdakan bahwa akan terjadinya tsunami. Maka dari itulah masyarakat harus waspada dan segera mengambil tindakan yang sangat-sangat tepat. Beberapa tanda-tanda akan terjadi dengan tsunami , yaitu sebagai berikut:

  • Terjadinya gempa atau getaran yang berpusat dari dasar laut

Gempa yang terjadi ini sudah dijelaskan sebelumnya, yakni berpusat atau memiliki kedalaman kurang lebih 30 kilometerdan getaran dari gempa tersebut yaitu sekitar 6,5 scala ricter.

  • Air laut tiba-tiba surut

Semakin surut air laut karena disebabkan oleh permukaan laut yang turun dengan drastis. Sehingga terdapat kekosongan ruang dan menyebabkan air laut juga ikut ketarik.

  • Terdengar suara gemuruh

Ada pengalaman dari masyarakat aceh yang mengalami bencana tsunami pada tahun 2004. Dimana suara gemuruh terdengar sangat jelas dari arah pantai, diantara beberapa diantaranya juga mendengar suara ledakan dari dalam laut. Hal ini menjadi suatu tanda yang kuat yang akan terjadi bencana tsunami.

 

Demikian artikel yang kami buat. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga untuk menambah ilmu, dan terima kasih…