Pengertian Dari Seni Tari
Pengertian Dari Seni Tari

Pengertian Seni Tari Dan Macam-Macam Jenis Seni Tari

Posted on

Pengertian Seni Tari Dan Berbagai Contohnya – hai sobat jempoltangan.com. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada kalian tentang pengertian seni tari dan beberapa contoh seni tari. Kalian tahu tidak apa yang dimaksud dengan seni tari? Bagi kalian yang belum mengetahui arti dari seni tari, Yuk! simak artikel ini.

Pengertian Dari Seni Tari

Pengertian Dari Seni Tari
Pengertian Dari Seni Tari

Pengertian seni tari merupakan seni yang menggunakan gerakan pada tubuh kita dengan mengikuti irama. Seni tari ini dilakukan di waktu atau di tempat yang tertentu sebagai keperluan mengungkapkan maksud, perasaan atau pikiran. Tarian adalah campuran dari beberapa unsur yaitu irama, raga, dan juga rasa.

Tari merupakan gerakan pada tubuh kita yang menggunakan irama untuk mengiringinya. Tari juga bisa diartikan sebagai ungkapan jiwa seorang manusia melalui gerakan yang ritmis, sehingga bisa menimbulkan daya tariknya.

Fungsi Dari Seni Tari

Pengertian Dari Seni Tari
Pengertian Dari Seni Tari

Berikut adalah fungsi dari seni tari.

  • Sebagai sarana untuk upacara
  • Sebagai media untuk pendidikan
  • Sebagai hiburan masyarakat
  • Sebagai perantara terapi bagi orang yang menderita cacat pada mental atau juga bisa pada orang yang menderita cacat pada fisiknya.
  • Sebagai pembersih jiwa seseorang atau jatarsis
  • Sebagai media untuk pergaulan
  • Sebagai pertunjukan
  • Sebagai tempat untuk menyalurkan ekspresi

Unsur-Unsur Pada Seni Tari

Pengertian Dari Seni Tari
Pengertian Dari Seni Tari

Seni tari mempunyai beberapa unsur yang perlu kalian ketahui. Berikut akan saya jelaskan tentang unsur-unsur seni tari.

  1. Ragam Gerak

Ragam gerak adalah salah satu unsur tari yang paling utama, karena ketika kita menari, kita menggunakan gerakan tubuh secara keseluruhan.

  1. Bentuk Iringan

Bentuk iringan yaitu bentuk iringan ketika kita menari. Bentuk iringan menari biasanya berupa jenis musik yang mengiringi tarian internal atau jenis music yang mengiringi tari eksternal. Untuk contohnya kita gunakan tari saman, tari saman menggunakan iringan musiknya dari tepukan tangan dan juga tepukan pada dada.

  1. Kostum Yang Digunakan Untuk Menari

Kostum yang digunakan ketika menari adalah suatu benda yang tidak dapat terpisahkan dan berbagai bentuk tarian yang dibawakan. Contohnya seperti kostum yang digunakan ketik menari pada saat upacara, kostum yang digunakan sangatlah sederhana dan tidak mengutamakan estetika.

  1. Pola Lantai Yang Digunakan

Pola lantai yang digunakan adalah suatu posisi yang dilakukan oleh seorang penari tunggal atau juga bisa dilakukan oleh penari yang berkelompok. Berikut akan kami jelaskan kepada kalian tentang beberapa contoh pola lantai yang digunakan ketika menari.

  • Pola lantai yang vertikal : pola lantai yang akan kita bahas pertama kali adalah pola lantai vertikal. Pada pola lantai yang satu ini, para penari membentuk barisan yang berbentuk vertikal. Garis vertikal adalah garis yang berbentuk lurus dari depan menuju ke belakang atau juga bisa sebaliknya.
  • Pola lantai yang horizontal : pola lantai yang akan kita bahas ke dua adalah pola lantai yang berbentuk horizontal. Pada bentuk pola yang satu ini, pada penari membentuk barisan yang berbentuk garis horizontal.
  • Pola lantai yang diagonal : pola lantai saat menari yang akan kita bahas ke tiga adalah pola lantai yang berbentuk diagonal. Pada pola tari yang satu ini, para penari membuat barisan yang menyerupai garis kearah kanan atau juga bisa membentuk barisan kearah yang sebaliknya.
  • Pola lantai yang melingkar : pola lantai yang akan kita bahas selanjutnya adalah pola lantai yang berbentuk melingkar. Pada pola yang terakhir ini, para penari membuat barisan yang menyerupai garis yang berbentuk lingkaran.

Jenis-Jenis Seni Tari Yang Dibawakan

Sesuai jenis-jenisnya, tari yang dibawakan dapat dibagi menjadi beberapa jenis tari yaitu tari klasik, tari rakyat, dan juga tari kreasi baru. Tetapi jika menurut koreografinya, tarian bisa dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu :

  1. Tari Tunggal

Pengertian Dari Seni Tari
Pengertian Dari Seni Tari

Koreografi pertama yang akan kita bahas adalah tari tunggal. Koreografi yang satu ini merupakan sebuah tarian yang dibawakan oleh seorang penari, baik itu perempuan ataupun lelaki. Contoh tarian yang dibawakan oleh seorang penari adalah tari golek yang berasal dari jawa tengah.

  1. Tari Berpasangan

Pengertian Dari Seni Tari
Pengertian Dari Seni Tari

Koreografi selanjutnya yang akan kita bahas adalah tari berpasangan. Tari berpasangan adalah sebuah tarian yang dibawakan oleh dua orang penari dengan  berpasangan. Salah satu contoh tari yang dibawakan dengan berpasangan adalah tari topeng yang berasal dari jawa barat.

  1. Tari Kelompok

Koreografi terakhir yang akan kita bahas adalah tarian berkelompok. Tari kelompok adalah sebuah tarian yang dibawakan oleh penari yang berjumlah lebih dari dua orang.

Macam-Macam Jenis Seni Tari Yang Ada Di Indonesia

  1. Tari Tradisional

Tari tradisional adalah tarian yang akan kita bahas pertama. Tarian yang satu ini adalah  sebuah tarian yang sudah lama dan diwariskan dengan cara turun temurun. Tari tradisional pada umumnya mempunyai kandungan nilai filosofi, religious dan juga simbolis. Hingga saat ini gerakan busana, formasi dan juga riasan dari tarian tradisional tidak begitu banyak yang berubah.

  1. Tari Tradisional Klasik

Pengertian Dari Seni Tari
Pengertian Dari Seni Tari

Jenis tarian yang satu ini dikembangkan oleh penari yang berasaldari kalangan bangsawan. Biasanya aturan untuk tarian ini sangatlah baku dan tidak boleh diubah lagi. gerakan pada tarian tradisional klasik ini sangat anggun dan juga busana yang digunakan untuk tarian ini sangatlah mewah. Fungsi dari tarian tradisional klasik adalah untuk sarana penyambutan tamu yang sangat terhormat atau juga bisa digunakan untuk upacara adat.

Contoh dari tari tradisional klasih yaitu tari topeng yang berasal dari jawa barat, bedhaya srimpi yang berasal dari jawa tengah, sang hyang yang berasal dari pulau bali, dan masih banyak lagi.

  1. Tari Tradisional Rakyat

Pengertian Dari Seni Tari
Pengertian Dari Seni Tari

Selanjutnya tari tradisional rakyat, tari tradisional rakyat ini hanya berkembang dikalangan rakyat biasa. Gerakan pada tari yang satu ini sangat mudah untuk ditarikan bersama dengan menggunakan iringan musik dan juga pakaian yang digunakan sangatlah sederhana.

Pada umumnya tarian yang satu ini ditarikan saat adanya perayaan untuk tari pergaulan. Contoh dari tarian tradisional rakyat yaitu jaipong yang berasal dari jawa barat, lilin yang berasal dari Sumatra barat, payung yang berasal dari melayu.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada kalian tentang Pengertian Seni Tari Dan Berbagai Contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian. Terima kasih.