Pengertian Seni Tari

Mari Kita Ketahui Tentang Pengertian Seni Tari Tradisional

Posted on

Pengertian Seni Tari Tradisional – Didalam dunia pendidikan ini seperti di sekolah seni tari yang selalu dapat di lestarikan salah satunya cara yang dapat memasukan dalam seni tari ini kedalam eskul, dan anak-anak dapat mengetahuinya dari seni tari dan juga ingin mempelajari. Untuk itu yang lebih jelasnya lagi tentang apa itu Pengertian seni tari mari kita simak bersama ulasan yang ada dibawah ini.

Pengertian Seni Tari

Pengertian Seni Tari
Seni Tari

Seni Tari Tradisional ini yaitu sesuatu yang dapat bergerak badan dengan cara berirama yang dapat dilakukan ditempat dan juga serta waktu yang dapat untuk keperluan dalam pergaulan, dan juga dapat mengungkapkan dalam perasaan, dalam maksud pikiran. Dalam bunyi-bunyian ini yang dapat dimaksud dengan musik penggiring.

tari ini yang dapat mengatur dalam suatu gerakan penari serta juga dapat menguatkan dalam sebuah maksud yang mau disampaikannya. Dalam gerakan tari ini yang tidak selalu sama dari gerakan yang ada sehari-hari yang dapat dilakukan yang seperti halnya lari, bersenam, dan juga jalan.

Dalam gerakan yang realistis, tetapi adanya gerakan yang sudah diberikan suatu bentuk ekspresif serta juga estetis. Suatu tarian ini yang sesungguhnya yaitu sebuah kombinasi dari sebagian unsur, Wirama (irama), wiraga (raga), serta Wirasa (rasa). Dari ketiga unsur ini dapat melebur jadi tarian yang serasi.

Pengertian Dalam Seni Tari Menurut Para Ahli

  • Soedarsono

Dapat menyatakan bahwa tarian ini adalah ekspresi pada jiwa-jiwa manusia yang dapat melalui dengan gerakan yang ritmis indah.

  • Yulianti Parani

Yang dapat menyatakan dalam pengertian Seni tari adalah gerak-gerakan yang ritmis dalam sebagian atau juga dari seluruhnya dari tubuh yang dapat terdiri dari pola-pola individual atau juga kelompok yang dapat disertai dengan ekspresi tertentu.

  • Aristoteles

Menurut Aristotoles ini yang dapat menyatakan bahwa adanya Pengertian Seni Tari ini ialah sebuah gerakan yang ritmis yang bisa dapat menghadirkan suatu karakter dari manusia saat mereka dapat bertindak.

  • Sachs

Menurut C.Sachs  yang dapat menyatakan bahwa adanya Pengertian Seni Tari ini ialah sesuatu pelafalan yang jiwa manusia yang dapat melalui dari suatu gerakan yang dapat berirama yang mempunyai nilai estetika.

  • Cooric Hartong

Menurut Cooric Hartong ini yang dapat menyatakan bahwa adanya Pengertian Seni Tari ini ialah sebuah gerak-gerak badan yang dengan cara diberi nuansa ritmis dan juga dilakukan dalam suatu ruangan.

  • Pangeran Suryadiningrat

Tari ini adalah gerakan dari seluruh anggota tubuh manusia yang dapat disusun selaras dengan cara berirama musik dan serta mempunyai maksud yang tertentu.

  • Enoch Atmadibrata

Tari ini adalah susunan sikap pada tubuh dan juga didalam ruangan, yang dapat berlandas irama dan gerak.

  • Bagong Sudito

Menurut dari Bagong Sudito ini yang akan dapat menyatakan bahwasanya seni tari ini adalah suatu seni yang dapat berupa dengan sebuah gerakan yang harus ritmis dan yang akan menjadi alat pada ekspresi manusia.

  • I Gede Ardika

Menurut Drs.I Gede Ardika ini yang dapat menyatakan bahwa seni tari ini adala sesuatu yang bisa menyatukan dengan banyak hal hingga semua orang pun bisa dapat menyesuaikan diri atau juga melaraskan dengan gerakan yang menurut caranya masing-masing.

  • Haukins

Menurut Haukins ini yang dapat menyatakan bahwa seni tari ini ialah suatu yang ekspresi pada jiwa manusia yang dapat diubah menjadi sebuah gerakan oleh imajinasi pada si penciptanya.

  • Irmgrad Bartenieff dan Forrestine Paulay

Menurut Irmgrad Bartenieff dan juga Forrestine Paulay yang dapat menyatakan bahwa seni tari ini adalah suatu yang dapat dibentuk  seni ekspresionastis yang dapat menggambarkan reaksi dengan jiwa seseorang terhadap konflik dan juga masala didunia modern.

  • Kamaladevi Chattopadhaya

Tari ini adalah desakan perasaan manusia yang ada didalam dirinya yang dapat mendorong untuk mencari ungkapan yang berupa dari gerak-gerak yang ritmis.

  • Judith Lynne Hanna

Menurut Judith Lynne Hanna yang menyatakan bahwa suatu seni plastis dari gerak yang visual yang dapat dilihat sepintas.

  • M.A Theodora Retno Maruh

Menurut pada K.M.A. Theodora Retno Maruh yang dapat menyatakan bahwa adanya seni tari ini ialah suatu seni karya yang tidak akan pernah bersifat pada kontemporer.

  • Kamala Devi Chattopadhyaya

Menurut Kamala Devi Chattopadhyaya bahwasanya suatu insting atau juga desakan dalam emosi yang didalam diri pada manusia yang akan mendorong.

Jenis-Jenis Seni Tari Berdasarkan Jumlah Penarinya

pengertian seni tari
Seni Tari Tradisional

Seni Tari Tradisional dalam sebuah tarian, yang subjek utama dapat melakukannya adalah penari. Sehingga dapat dilihat dengan jumlah penarinya, seni tari ini dapat dibagi menjadi tiga kategori.

  • Tari Tunggal (solo) dalam sebuah seni tari yang dapat dibawakan oleh satu orang penari, baik laki-laki maupun perempuan. Contohnya yaitu Tari Gatotkaca yang berasal dari Jawa Tengah.
  • Tari Berpasangan (duet) dalam sebuah seni tari yang dapat dibawakan oleh dua orang penari dengan cara berpasangan, baik dengan laki-laki, atau juga dengan perempuan, maupun dengan seorang laki-laki dan juga seorang perempuan. Contohnya yaitu Tari Topeng yang berasal dari Jawa Barat.
  • Tari Berkelompok (grup) dalam sebuah seni tari yang dapat dibawakan lebih dari dua orang atau pun juga dapat sekelompok penari, baik laki-laki, perempuan, maupun juga campuran dari antara laki-laki dan perempuan. Contohnya yaitu Tari Saman dari Aceh.

Unsur Utama Seni Tari

Dalam sebuah gerakan yang sangat ritmis yang dapat dikatakan sebagai tarian dan apabila sudah dapat mencakup dari tiga unsur yang utama seni tari. Jika ada salah yang tidak ada semua atau juga yang ada salah satu dari unsur tersebut, maka tidak akan bisadisebut dengan tari.