Pengertian Seni Rupa Tradisional yang Harus Kalian Ketahui

Posted on

pengertian seni rupa tradisional -Pada pertemuan kali ini kami akan membahas tentang artikel pengertian seni rupa tradisional. Seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang dapat ditangkap mata dan bisa dirasakan dengan rabaan. Kesan yang diciptakan oleh seni rupa ini dengan caramengelolah konsep bidang, garis, volume, warna, tekstur dan pencahayaan.

Para seniman tradisional membuat karya yang telah ditetapkan. Pada  umumnya terjadi  pada fungsi dari benda-benda kriya tersebut. Berdasarkan pengertian seni tradisional yang telah disebutkan yang diatas, kami menjumpai berbagai karya seni rupa di indonesia.

 

Pengertian Seni Rupa Tradisional

pengertian seni rupa tradisional
pengertian seni rupa tradisional

Seni tradisional merupakan gabungan dari kata seni dan tradisional, dan artinya dari seni ini adalah sani dari bahasa sanksekerta. Pada umumnya sani ini diartikan pemujaan dan pelayanan yang sangat erat dengan upacara kesenian. Dan seni memiliki pengertian yaitu, sebagai berikut:

  • Seni berarti keahlian untuk membuat karya seni yang bermutu
  • Kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai sangat tinggi

Berdasarkan pengertian yang ada diatas bisa diartikan bahwa seni tradisional ini merupakan hasil karya yang mampu diciptakan oleh manusia. Dengan melalui ide atau gagasan yang memiliki nilai yang mampu membangkitkan perasaan yang melihat seni ini.

Seni tradisional ini merupakan sesuatu unsur yang menjadi dari bagian hidup masyarakat yang tinggal didaerahnya. Seni tradisional yang ada di setiap daerah yang berbeda-beda, meskipun terdapat beberapa kemiripan. Seni rupa tradisional merupakan  suatu komunikasi mayarakat tertentu yang dijaga dengan cara turun menurun kemurniannya dan keutuhannya.

Bentuk-bentuk seni rupa tradisional ini dibuat kembali mengikuti suatu aturan yang sangat oekat dan berdasarkan sistem keyakinan tertentu. Menunjukkan bahwa pada otoritas agama (gereja), raja dan para bangsawan.

Karya seni rupa pada umumnya ditemukan dan dibuat didaerah yang masih saja memegang erat norma atau adat istiadat yang diturunkan pada leluhur. Perubahan umumnya terjadi pada fungsi dari benda-benda kriya tersebut, semula benda-benda kriya itu dibuat untuk dipakai. Dan sekarang benda-benda kriya ini sekarang dijadikan sebagai benda hias atau cindera mata.

Sejarah Seni Rupa Tradisional

pengertian seni rupa tradisional
pengertian seni rupa tradisional

Perkembangan seni rupa tradisional ini sudah dimulai sejak zaman dahulu (prasejarah), walaupun tidak ada orang yang mengetahui tentang mulainya zaman prasejarah. Zaman prasejarahyang ada di indonesia ini di bagi menjadi beberapa perriode di antaranya adalah yaitu, sebagai berikut: zaman batu dan zaman logam.

Kedua zaman tersebut sama-sama mempunyai karya seni rupa ( tradisional ) hal ini di buktikan dengan adanya peninggalan-peninggalan yang berupa seperti kapak genggam, gelang, kalung dan juga lukisan. Khusus untuk tentang hal ini pertama kali ditemukan di gua dan lukisan tersebut berupa seperti jiplakan tangan pada dinding dinding gua tersebut.

Selain lukisan telapak tangan ada juga gambar binatang yang berupa gambar seperti babi yang sedang meloncat dengan kondisi leher terluka.

 Cir-ciri Seni Rupa Tradisional

Ciri-ciri dari seni rupa tradisional diantaranya adalah, sebagai berikut:

  • Terikat dengan pakem-pakem tertentu
  • Tidak terpengaruh sama sekali dengan aliran dalam akademis dan ruang lingkup seni murni
  • Bersifat distinktif yaitu antara kebudayaan satu dengan yang lain berbeda
  • Bersifat implusif yaitu hanya spontanitas saja
  • Mementingkan kegunaan

Contoh Seni Rupa Tradisional

Dibawah ini beberapa contoh seni rupa tradisional yang diantaranya adalah, sebagai berikut:

  • Wayang Kulit

pengertian seni rupa tradisional
pengertian seni rupa tradisional

Wayang kulit adalah seni rupa tradisional yang berkembang dijawa, wayang ini berasal dari kata “ Ma Hyang” yang artinya menuju kepada roh ( dewa atau tuhan yang maha esa). Dan ada juga yang mengartikan wayang dari bahasa jawa yang artinya adalah bayangan, hal ini disebabkan karena penonton biasanya lihat wayang itu dari belakang kelir atau hanya bayangannya saja.

  • Wayang Golek

pengertian seni rupa tradisional
pengertian seni rupa tradisional

Wayang golek merupakan suatu pertunjukan kesenian yang sangat khas dari daerah jawa barat. Yang diman tokoh pewayangan yang ada dalam satu cerita menggunakan boneka dari kayu. Wayang golek adalah salah satu wayang  yang mirip dengan wayang kulit tentang tokoh serta cerita tertentu.

  • Wayang Beber

pengertian seni rupa tradisional
pengertian seni rupa tradisional

Wayang beber adalah seni wayang yang muncul dan berkembang di jawa pada pra islam dan masih berkembang di daerah- daerah tertentu yang ada di jawa. Kenapa kok dinamakan wayang beber??? Karena berupa lembaran (beberan) yang dibentuk menjadi tokoh-tokoh dalam cerita wayang baik mahabarata atau ramayan.

  • Ornamen pada rumah-rumah tradisional di tiap daerah

pengertian seni rupa tradisional
pengertian seni rupa tradisional

Dalam sebuah bangunan biasanya terdapat banyak ukiran dari kayu, ornamen ukir ini sangat mengandung makna simbolis. Ukirannya bermacam-macam misalnya ayam jago, ular naga, banyu tetes, dan sebagainya. Bentuk dan makna memang berbeda arti.

Indonesia terdiri dari berbagai pulau dari sabang sampai merauke, dan tiap-tiap rumah ini memilki berbagai bangunan adat yang tidak kalah unik. Hal ini membuktikan bahwa orang-orang kita dari jaman dahulu sudah membudidayakan ornamen ini.

  • Batik

pengertian seni rupa tradisional
pengertian seni rupa tradisional

Batik adalah kain yang dilukis palkai canting dan isi dari canting itu cairan lilin malam, sehingga membentuk lukisan-lukisan yang bernilai sangat tinggi. Batik merupakan salah satu jenis dari seni rupa yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pakaian dan lain-lain.

  • Songket

pengertian seni rupa tradisional
pengertian seni rupa tradisional

Kain songket ini memberikan nilai tersendiri yang dapat menunjukkan “kebesaran” bagi yang membuat kain songket ataupun yang memakai. Rangkaian dari benang songket ini tersusun dan teranyam dengan rapidengan pola yang simetris.

Dan menunjukkan bahwa kain songket ini dibuat dengan keterampilan yang sangat teliti yang lebih dari sekedar memahami untuk membuat kain songket ini. Lestarikan kain songket mutlak karena disebabkan adanya proses pembelajaran antar generasi muda pada zamam sekarang.

Demikian artikel dan informasi dari kami tentang artikel pengertian seni rupa tradisional. Semoga bisa untuk menambah ilmu anda, sekian dan terima kasih…