manfaat olahraga yoga
manfaat olahraga yoga

Pengertian Olahraga Yoga dan Manfaat Olahraga Yoga

Posted on

Pada saat ini Yoga sudah sangat populer di dunia bahkan pada saat ini olahraga yoga sudah populer di Indonesia. Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat menyehatkan tubuh. Yoga mempunyai banyak sekali manfaat yaitu antara lain dapat mengurangi stress dan juga dapat merengangkan otot. Namun selain itu, yoga juga bisa bermanfaat untuk mengecilkan perut dan dapat membuat tubuh menjadi lebih ideal. Banyak masyarakat yang telah gemar untuk melakukan olahraga yang satu ini, sehingga banyak orang yang sudah mengerti dan juga sudah memiliki ketrampilan untuk melakukan olahraga yoga ini. Tidak jarang juga ada yang membuka kelas latihan yoga yang bertujuan untuk membantu para masyarakat untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan juga proposional.

olahraga yoga
olahraga yoga

Pengertian Yoga

Taukah kalian apakah pengertian yoga tersebut? Kata “yoga” berasal dari Bahasa Sansekerta. Kata yoga mempunyai arti yaitu memusatkan seluruh pikiran yang bertujuan agar dapat mengendalikan panca indera. Sehingga pada saat melakukan olahraga yoga kita harus bisa berkonsentrasi penuh. Selain kita harus berkonsentrasi penuh kita juga harus mengatur dan juga mengontrol konsentrasi kita guna untuk menciptakan keselarasan dan juga keseimbangan antara pikiran, jiwa dan tubuh.

Baca Juga : Waspada Inilah Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Sehingga bisa kita bisa ambil kesimpulan dari pengertian yoga tersebut bahwa pada saat kita melakukan olahraga yoga ini kita menyatukan seluruh pikiran, jiwa dan tubuh dalam satu kesatuan dan juga satu sisi, serta bersatunya sang hamba dengan sang maha pencipta. Olahraga atau senam yoga ini dapat kita pahami bersama yaitu salah satunya melalui teknik meditasi yaitu sebagai media dan asana atau juga gerakan yang bertujuan untuk membantu diri kita sendiri untuk mengenali diri kita sehingga kita menjadi lebih dekat dan menganal sang maha pencipta.

Perkembangan Olahraga Yoga di Indonesia

Pada saat senam yoga atau olahraga yoga ini masih dalam proses perkembangannya, olahraga yoga ini menjadi berbagai aliran dengan teknik dan olah tubuh serta meditasi diberbagai Negara. Perkembangan senam yoga atau olahraga yoga ini sudah dikenal di Barat yaitu sekitar tahun 1987 atau sejak 30 tahun terakhir. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari olahraga yoga ini sehingga ada juga sebagian orang yang menjadikan olahraga yoga ini sebagai gaya hidupnya. Di Indonesia, olahraga yoga sudah dikenal yaitu sekitar tahun 1990 an dan juga sudah mulai berkembang pada tahun tersebut. Perkembangan olahraga yoga di Indonesia diawali yaitu di Jakarta pada sekitar tahun 90an. Pada saat itu sedang terjadi krisis ekonomi yaitu dimana pada saat itu sedang banyak masyarakat yang dilanda stress. Ketika pengobatan alami sudah tidak mampu lagi menyembuhkan banyak orang yang berpaling ke olahraga yoga sebagai alternative penyembuhannya. Proses masuknya olahraga yoga ini juga dipengaruhi oleh anak-anak Indonesia yang belajar diluar negri yang sudah merasakan berbagai manfaat dari yoga. Pada akhirnya anak-anak tersebut mengenalkan olahaga yoga ini kepada masyarakat yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Organik

Manfaat Olahraga Yoga

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan senam atau olahraga yoga ini. Berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan tersebut yaitu antara lain:

  1. Membuat Lebih Konsentrasi dan Lebih Peka

Dengan kita sering mengikuti latihan yoga akan bisa membuat diri kita menjadi lebih peka dan juga lebih konsentrasi. Karena latihan yoga seperti meditasi inilah yang membuat kita bisa menjadi lebih peka dan konsentasi.

  1. Peningkatan Spiritual

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan setelah rutin mengikuti latihan yoga yaitu bisa meningkatkan spiritual yang kita miliki. Latihan yoga dengan secara rutin sangat baik untuk menyeimbangkan pikiran dan juga tubuh serta baik untuk memandu mencapai kita menuju  peningkatan spiritual.

  1. Membantu Ibu Hamil

Selain baik untuk kita yang masih muda, latihan yoga juga sangat baik dan bermanfaat untuk para ibu hamil. Latihan yoga yang dilakukan para ibu hamil yaitu seperti Prenatal yoga. Prenatal Yoga adalah latihan yoga yang diperuntukkan khusus bagi ibu hamil yang bisa membantu para ibu hamil menjadi lebih rilek dalam menghadapi persalinan.

  1. Dapat Mengatasi Depresi

Yoga merupakan olahraga yang lebih mengarah ke teknik pernafasan, sehingga olahraga yoga ini tidak hanya membuat tubuh kita sehat namun juga membuat pikiran kita menjadi lebih konsentrasi. Tidak mudah untuk bisa menguasai teknik pernafasan ala Yoga. Namun untuk mengatasi depresi, stress dan cemas hanya dengan pernafasan biasa juga sudah bisa mengatasi. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Alternative and Complimentary Medicine, menyatakan bahwa pada saat melakukan yoga selama 30 menit sehari dapat membuat meningkatkan mood, meningkatkan focus kerja dan menurunkan stress. Selain itu, ada juga penelitian lain yang menyatakan pernafasan ala yoga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental karena pernafasan ini dapat menenangkan system saraf dan juga dapat menurunkan detak jantung.

  1. Menyembuhkan syndrome carpal tunnel

Syndrome carpal tunnel dapat kita atasi dengan sering melakukan latihan yoga. Sebuah penelitian dari Journal of the American Medican Association, dengan kita melakukan yoga dapat menurunkan rasa sakit syndrome carpal tunnel apabila dilakukan selama delapan minggu. Syndrome carpal tunnel adalah penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan akibat adanya saraf yang tertekan.

  1. Menurunkan berat badan

Pada saat ini yoga adalah salah satu olahraga yang paling sering dipilih untuk menurunkan berat badan dan mengecilakan perut yang buncit. Ada sebuah penelitian yang menyatakan dengan melakukanyoga secara teratur bisa menurunkan berat badan hingga 18 pon dalam waktu empat tahun. Sedangkan orang yang menurunkan berat badan tanpa yoga harus menurunkan berat badannya selama 10 tahun. Ada juga sebuah penelitian yang menyatakan orang yang berdiet dan juga diimbangi dengan melakukan yoga akan mengalami penurunan berat badan yang lebih cepat dibandingkan dengan orang yang berdiet tanpa melakukan yoga.

  1. Menopause

Senam yoga apabila dilakukan selama dua bulan secara rutin akan bisa meurunkan gejala menopause hingga 30%. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California. Ada juga sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois menunjukkan bahwa para wanita yang sudah rutin melakukan yoga selama dua kali dalam seminggu minimal 90 menit maka akan mengalami peningkatan kesehatan dan juga mood setelah dia memasuki masa menopause. Demikianlah ulasan informasi singkat tentang pengertian yoga dan manfaat olahraga yoga. Apakah anda tertarik untuk melakukan kegiatan yoga ini? Anda bisa melakukannya dirumah anda atau bisa berkunjung ke tempat latihan yoga yang berada di daerah anda masing-masing. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan anda tentang olahraga. Sekian dan semoga bermanfaat.