Pengertian kesehatan
Pengertian kesehatan

Pengertian Kesehatan Dan Jenis – Jenis Kesehatan Manusia

Posted on

Kesehatan merupakan salah satu anugrah dari tuhan yang perlu untuk disukuri, karna dengan adanya nikmat kesehatan kita semua dapat menjalani aktivitas sehari – hari dengan lancar serta nyaman. Namun sebaliknya jika seseorang mengalami ganguan kesehatan atau sakit maka beberpa aktivitasnya akan terhambat dan tidak dapat berjalan dengan lancar. Kesehatan merupakan anugrah dari tuhan yang nilainya sangatlah mahal, bayangkan saja jika seseorang sakit maka dia rela mengeluarkan biaya sebesar apapun asalkan kesembuahan yang didapatkanya.

Pengertian kesehatan
Pengertian kesehatan

Setiap orang yanghidup di dunia ini pasti menghendaki kesehatan dan setiap orang juga pasti sering mendengar dan sering kali menggunakan istilah kesehatan dalam perbincanganya sehari – hari. Walaupun demikian, dari sekian banyak orang yang menggunakan kata kesehatan, tentu tidak semuanya mengerti tentang arti kesehatan yang sebenarnya. Beberapa orang kerap sekali mengartikan kesehatan dengan kata sehat. Pdahal jika kedua kata tersebut diartikan secara gamblang, kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda.

Maka apa sih arti dari kesehatan yang sebenarnya? Pada umumnya istilah kesehatan biasanya merujuk terhadap kondisi tubuh yang sehat. Istilah kesehatan adalah pengembangan dari istilah maupun kata sehat yang artinya adalah bebeas dari penyakit. Kesehatan ternyata memiliki arti yang yang sangat penting untuk difahami oleh banyak orang, karna tidak jarang orang yang salah dalam mengartikan dari istilah kesehatan.

Baca juga : Waspada Inilah Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Pengertian dan definisi kesehatan

Pengetian atau istilah kesehatan pada dasarnya berasal dari kata sehat yang memiliki arti terbebas dari segala penyakit atau pun ganguan baik penyakit fisik maupun pesikis. Namun jika diperjelas dari kata dasarnya, maka kesehatan mempunyai pengertian yaitu keadaan atau pun kondisi yang mengambarkan tubuh yang terbebas dari berbagai macam penyakit serta berbagaimacam gangguan baik gangguan fisik atau pun pesikis.

Berdasarkan undang – undang reoublik Indonesia, pengertian kesehatan yaitu keadaan sejahtera dari beban, jiwa, dan sosial yang dapat memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Jenis – jenis kesehatan manusia

Secara umum, kesehatan manusia dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu kesehatan tubuh dan yang kedua yaitu kesehatan mental. Dua jenis kesehatan tersebut merupakan satu kesatuan yang masih utuh dan juga akan saling berkaitan antara satu dengan yang lainya.

  • Kesehatan Fisik atau Tubuh

Kesehatan tubuh adalah kesehatan yang dinilai dari segi kondisi seseorang. Istilah kesehatn fisik sangat erat sekali hubunganya dengan masalah – masalah fisik seperti terbebas dari luka ataupun terbebas dari penyakit yang lainya yang tampak maupun yang tidak tampak yaitu penyakit yang berada di dalam tubuh seseorang. Untuk misa mendapatkan kesehatan fisik seseorang perlu melakukan kegiatan atau aktivitas – aktivitas yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh seperti berolah raga, menjaga pola makan, menjaga pola hidup dan yang lainya. Beberapa aktivitas seperti berolah raga sangat baik sekali dalam menunjang kesehatan tubuk seseorang, selain itu berolah raga juga akan menjadikan tubuh menjadi lebih sehat dan kuat . Sedangan menjaga pola makan dapat menghindarkan tubuh dari berbagai macam jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh, karna tidak terkadang tidak semua makanan yang di konsumsi oleh seseorang itu baik bagi tubuhnya, maka dari itu menjaga pola makan merupakan hal yang sangat penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik – baik.

  • Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah kesehatan yang dinilai atau diteliti dari kondisi kejiwaan atau pun mental seseorang. Istilah kesehatan mental sangat erat sekali kaitanya dengan berbagai macam masalah stres dan masalah – masalah yang lainya yang bekaitan dengan pikiran seseorang. Kesehatan mental sangat berbeda dengan halnya kesehatan fisik. Kesehatan fisik sangat sangat mudah untuk diraih atau didapatkan, sedangkan kesehatan mental cenderung lebih sulit untuk didapatkan atau diraih. Kesehatan mental pada umumnya hanya bisa didapatkan bagi beberapa orang yang mempunyai kestabilan emosi yang baik, keseimbangan jiwa yang stabil, serta tidak terlalu banyak memikirkan suatu permasalahan. Unduk bisa mendapatkan kestabilan dan keseimbangan jiwa serta emosi sendiri, seseorang perlu membutuhkan tubuh yang sehat dan juga hati yang bersih yaitu bersih dari sifat dendam, iri, dengki, dan berbagai sifat buruk lainya.

Gravatar Image
Cari ilmu sebanyak - banyaknya dan haus akan ilmu