Pengertian Jaringan Komputer
Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya Wajib Kalian Ketahui

Posted on

Pengertian Jaringan Komputer – Pada kesempatan yang baik ini, apa kabar sobat jempoltangan.com. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian jaringan komputer dan manfaatnya. Yang mana setiap hari dalam kegiatan aktvitas hampir semua orang melibatkan jaringan komputer dalam aktivitasnya. Dalam aktivitas sehari hari kita sangatlah membutuhkan jaringan komputer karena untuk berkomunikasi atau ingin memberikan suatu informasi penting dan lainnya.

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua atau juga lebih komputer yang saling berhubungan. Suatu hubungan yang dibentuk oleh jaringan komputer yaitu hubungan komunikasi satu dengan yang lain lebih mudah seperti pesan instan, dari berbagai sumbe daya Resource misalnya data, hardware dan CPU (printer dan CD-Rom) dan akses informasi seperti web. Desain jaringan komputer menggunakan Client-Server dan desain ini sudah hampir semua aplikasi jaringan komputer menggunakannya.

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Dan jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari komputer dan perangkat lainnya yang memang dirancang utuk bekerja sama sama dalam berbagai tujuan dan manfaat. Adapun tujuan dan manfaat jaringan komputer adalah berkomukasi, mengakses informasi dan memberi maupun menerima layanan. Bagian yang memberi layanan disebut Server dan untuk menerima layanan disebut Client.

Jaringan komputer ini juga memungkinkan pengguna jaringannya bise mnggunkana komunikasi satu dengan yang lain agar bisa lebih cepat, mudah dan tepat. Bukan itu saja peran jaringan kompur juga cukup penting karena bisa mengintegrasi data komputer ke komputer lainnya, sehingga dapat memperoleh data yang memiliki relevansi sesuai kebutuhan dengan mudah dan cepat.

Macam Macam Jaringan Komputer

Dan berikut ini macam macam jaringan komputer:

Berdasarkan Jangkauan Geografis

Lan (Local Area Network)

Jaringan Komputer LAN
Jaringan Komputer LAN

Local Area Network biasa disingkat LAN. Lan adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya bisa mencakup wilayah yang cukup kecil, seperti kantor, gedung, kampus, dalam rumah atau sekolahan bahkan lebih kecil lagi. Kebanyakan LAN saat ini berbasis teknologi IEEE 802.3 Ethernet ini menggunakan peragkat swicth yang memiliki kecepatan transfer data 1000 Mbit/s atau 10, 100.
Selain teknologo Ethernet ini juga ada biasanya disebut WI-FI (802.11b) juga biasa digunakan LAN. Tempat yang menyediakan koneksi LAN atau teknologi WI-FI biasanya disebut hotspot. Sebuah LAN setiap komputer atau note mempunyai data komputasi tersendiri, sangat berbeda dengan konsep dump terminal. Dan setiap komputer bisa mengakses sumber daya yang ada di LAN yang susdah disesuaikan. Sumber daya biasanya berupa data atau perangkat seperti printer,

WAN (Wide Area Network)

Jaringan Komputer WAM
Jaringan Komputer WAM

WAN singkatan dari Wide Area Network. WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar seperti jaringan komputer antara wilayah, kota bahkan bisa negara, yang didefinisikan sebagai jaringan komputer seluran pubik dan membutuhkan router. WAN juga digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan lokal lainnya, sehingga komputer atau penggunanaya yang ada dilokasi satu dapat berhubungan dengan komputer atau penggunannya di lokasi lain.

MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan Komputer MAN
Jaringan Komputer MAN

MAN singkatan dari Metropolitan Area Network. MAN adalah sebuah jaringan komputer dalam suatu kota dalam mentrasfer data dengan kecepatan tinggi. Yang menghubungkan berbagai lokasi seperti perkantoran, kampus dan pemeritahan. Jaringan MAN ini adalah gabungan dari jaringan LAN. Dan adapun jangkauan jaringa MAN adalah sekkitar 10 hingg 50 km. Jaringan ini merupakan suatu jaringan dalam suatu kota yang mentransfer data dengan kecepatan tinggi . jaringan MAN ini merupakan jaringan yang tepatnya untuk membangun sebah jaringa antar kantor satu dengan kantor yang lain yang berada dalam jangkauan yang cukup berjauhan.

Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan

Wired Network dan Wireless Network
Wired Network dan Wireless Network

Jaringan Berkabel (Wired Network)

Media Transmisi yang digunakan biasanya jaringannya berupa kabel. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan agar bisa saling bertukar data atau informasi atau juga bisa terhubung dengan internet. Dan salah satu kabel yang digunakan dalam wired network adalah kabel UTP.

Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Dalam jaringan Nirkabel atau wireles network ini dalam jaringannya diperlukan gelombang elektromagnetik untuk media transmisi data. Dalam jaringan ini berbeda dengan jaringan berkabel atau wired network jika jaringan ini menggunakan kabel, namu untuk jaringan nirkebel ini tidak menggunakan kabel namun melaikan menggunakan gelombang elektromagnetik untuk bertukar informasi atau data antara komputer satu dengan komputer lainnya.

Berdasarkan Distribusi Sumber Data atau Informasi

Jaringan Terpusat

Jaringan tepusat ini merupakan jaringan yang terdiri atas komputer client atau penerima dan komputer server atau pemberi, yang mana komputer client atau penerima ini memiliki tugas sebagai perantara untuk mengakses sumber data ataua informasi yang berasal dari server atau pemberi. Jaringan terpusat ini terdapat istilah terminal bisu atau dumb terminal yang mana terminal ini tidak ada alat pemroses data.

Jaringan Terdistribusi

Jaringan ini merupakan perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga mmungkinkan beberapa komputer client dan server saling berhubungan membentuk sistemjaringa tertentu.

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat Jaringan Komputer
  • Dengan adanya suatu jaringan komputer maka kita bisa mengakses file yang kita inginkan sekaligus file orang lain yang sudah disebarluaskan melalui jaringan komputer, seperti jaringan internet.
  • Lewat jaringan komputer maka kita bisa menjalankan proses pengriman data-data secara singkat dan tepat.
  • Jaringan komputer juga dapat membantu seseorang untuk bisa berhubungan bersama orang lain dari berbagai macam Negara dengan mudah.
  • juga pengguna komputer tersebut bisa mengirim gambar, audio, video maupun teks secara cepat dengan adanya bantuan melalui jaringan komputer.
  • Dan kita juga dapat mengakses informasi atau berita secara mudah melalui internet yang disebabkan internet yang merupakan salah satu dari conth jaringan komputer.

Mungkin itu tadi sedikit berita tentang Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya Wajib Kalian Ketahui yang kami beritahukan. Kami ucapkan terima kasih bagi kalian yang sudah membaca informasi dari kami. Dan kami minta maaf jika ada penulisan yang salah dan kurang jelas. Semoga bisa menambah pengetahuan anda.