rukun islam
rukun islam

Pengertian dari 5 Rukun Islam

Posted on

Di dalam suatu agama pasti ada aturan dan tata cara menjalankan semua peraturan itu dan semua hal itu pasti ada karena bila suatu agama atau perkumpulan tidak ada peraturan maka bisa di pastikan agama atau perkumpulan itu tidak bisa berjalan dengan baik dan lama kelamaan akan hancur dan pecah belah oleh karena itulah agama membuat peraturan dalam suatu agama atau perkumpulan.

Peraturan di  buat berdasarkan pengalaman yang di alami dalam agama itu atau mungkin memang sudah alami dibuat sejak awal agama itu di buat dan di dirikan, seperti islam sendiri yang mana islam mempunyai peraturan yang memang harus dilakukan semua umat muslim agar orang itu bisa di akui sebagai orang islam dan orang islam biasa menyebut hal itu dengan sebutan “ Rukun Islam”.

Baca juga : Inilah Beberapa Pengertian Agama Di Indonesia

Rukun islam ada 6 dan masing-masing sangat lah penting dan memang di wajibkan bagi semua umat muslim apabila mereka orang muslim tidak melakukan 6 hal ini maka tidak bisa di akui sebagai orang islam yang murni dan juga setiap orang islam sangat lah diwajibkan untuk mengetahui tentang rukun islam ini, berikut :

  1. Syahadat

syahadat
Syahadat

Syahadat merupakan rukun islam yang pertama yaitu ucapan bahwa dia mengakui bahwa “tiada tuhan selain Allah dan nabi Muhammad merupakan utusan Allah“, hal ini sangat di wajibkan bagi semua umat muslim terutama para muallaf yang akan masuk islam mereka di wajibkan untuk mengucapkan lafat syhadat ini dan benar-benar mengimani dengan sungguh-sungguh maka dengan begitu mereka bisa di akui sebagai orang islam.

Adapun lafatnya : “ asyhadu allah illahaill allah wa asyhadu anna muhammadarrosululloh “, lafat inilah yang menjadi salah satu peraturan bagi semua umat islam dalam rukun islam.

  1. Sholat

sholat
Sholat

Merupakan rukun islam yang kedua dan sholat ini adalah ibadah wajibnya orang islam, karena baik jeleknya orang itu di lihat dari sholatnya bahkan amalan orang iman yang di hisap pertama kali oleh allah adalah amalam sholat apabila amalan sholat ini jelek maka semua amalannya juga akan jelek.

Oleh karena itu sholat ini sangatlah penting bagi semua umat islam karena memang ibadah inilah yang menjadi ibadah percakapan kita kepada allah secara langsung tapi kita tidak menyadarinya, dan orang yang tidak melakukan sholat maka dia tidak bisa di bilang orang islam.

  1. Zakat

zakat
Zakat

Zakat adalah suatu perilaku yang dapat mensucikan harta kita agar nanti saat kita mati harta kita tidak sia-sia, gunanya zakat adalah mensucikan harta kita yang bisa di lakukan di hari puasa mendekati hari raya, apabila kita tidak zakat maka bisa saja saat kita meninggal semua harta kita akan menjadi ular dan menggigit tubuh kita.

Semakin banyak harta yang kita punya maka usahan lah untuk memberika zakat yang lebih banyak pula, karena nanti harta zakat ini akan di berikan kepada orang yang tidak mampu dan yang memang sedang membutuhkan.

  1. Puasa

    puasa
    Puasa

Puasa merupakan rukun islam yang ke-5 yang memang puasa ini banyak macamnya ada yang wajib dan Sunnah dan yang wajib kita kerjakan adalah puasa bulan Ramadhan apabila kita sengaja mokel di bulan Ramadhan maka apabila kita membayar hutang puasa itu tadi maka puasa kita tidak akan bisa melunasi hutang itu walaupun harus berpuasa selama 1 tahun karena sangat pentingnya puasa Ramadhan itu.

Puasa Sunnah ada banyak macamnya seperti puasa nabi dawud, senin kamis, dll, puasa adalah menahan diri dari makan, minum, nafsu, dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, tujuan puasa adalah untuk menyehatkan badan dan juga fikiran kita karena memang banyak sekali manfaat dari puasa.

Baca juga : Jilbab Rabbani Terbaru dan Trend

  1. Haji dan Umroh (Bagi yang mampu)

Haji dan Umroh
Haji dan Umroh

Dan yang terakhir adalah haji dan Umroh bagi yang mampu dalam arti apabila anda memiliki uang yang memang bisa dipakai untuk haji maka di situlah anda memiliki kewajiban untuk haji ataupun umroh karena apabila anda sebenarnya mampu tapi tidak mengerjakan haji dan umroh ini maka nanti saat anda meninggal anda akan mendapatkan siksaan dari harta anda sendiri yang sangat pedih lagi menyakitkan.

Dan mungkin itulah 5 rukun islam yang wajib kita ketahui dan di lakukan bagi semua orang islam karena apabila salah satu hal ini tidak kita lakukan maka sudah pasti kita bukanlah orang islam yang murni, semoga bermanfaat.