Wao! Pengertian & Sejarah Handphone Membuat Anda Penasaran?

Posted on
handphone generasi sekarang
handphone generasi sekarang

Hm, handphone. Sepertinya nama itu tidak asing lagi mendengarnya bagi kita. Zaman sekarang siapa yang tidak mengenal handphone?. Handphone adalah salah satu alat untuk komunikasi dengan jarak jauh. Sekarang handphone sudah banyak yang menggunakannya,bahkan anak kecil saja sudah memilikinya. Wah, hebat ya, anak kecil sekarang juga modern. Hm, jaman sekarang, atau bisa dibilang kid jaman now. Itulah bahasa yang kita dengar saat ini. Bagaiamana tidak? Zaman serba canggih memungkinkan kita jangan sampai ketinggalan teknologi terbaru. Apakah Anda Ingin tahu Pengertian & Sejarah Handphone yang membuat Anda penasaran?. Mari simak artikel berikut ini !

  1. Apa itu Handphone ?

Handphone atau disebut telepon genggam adalah sebuah alat elektronik untuk berkomunikasi dengan seseorang dari jarak jauh,tanpa adanya jaringan nirkabel/wireless. Selain itu,handphone juga dapat digunakan untuk mengirim pesan atau informasi. Handphone sudah ada sejak zaman dulu. Tapi seiring berkembangnya zaman, handphone semakin hari semakin canggih. Di Indonesia handphone memiliki 2 jenis yaitu GSM (Global System for Mobile Telecomunications) dan CDMA (Code Division Multiple Access) dan di Indonesia badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah ATSI (Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia). Di zaman dulu handphone adalah barang mewah,tidak semua orang bisa memilikinya hanya kalangan atas saja. Kini handphone siapa saja sudah bisa memilikinya,bahkan anak kecil maupun sudah kakek-kakek saja mereka tidak mau ketinggalan zaman. Tetap memiliki handphone.

  1. Sejarah Handphone

Zaman dulu, orang berkomunikasi melalui surat atau telegram, untuk mendapat atau mengirim balik Informasi yang didapatkan harus menunggu waktu yang lama. Sehingga mulai muncullah peradaban handphone di dunia.

Tahukah Anda, handphone muncul pertama kali pada tahun 1973, diciptakan oleh Martin Cooper. Awalnya ia adalah seorang pegawai di perusahaan Motorola. Namun, sebenarnya menciptakan handphone tidak hanya Martin Cooper saja, tapi dia bekerjasama dengan rekan-rekan yang lain. Jadi jika Anda menemukan handphone Motorola itulah pencetus telepon genggam pertama kali.

Ide dalam pembuatan handphone pertama kali ditemukan oleh Cooper, karena menginginkan sebuah alat telekomunikasi yang dapat dibawa kemana-mana. Sehingga muncullah model handphone pertama kali yaitu DynaTAC. Seiring berkembangnya zaman, handphone memiliki tahap-tahap generasi mulai dari generasi 0 hingga generasi IV.

  1. Generasi 0

generasi handphone ke 0
generasi handphone ke 0

Pertama kali penemuan telepon genggam, awalnya melalui radio. Ketika perang dunia II saat itu departemen kepolisian Detroit Michigan menggunakan radio mobil satu arah, kemudian pada tahun 1921. Kemudian di tahun 1928 alat komunikasi ini bernama Handie-Talkie SCR536. Alat ini menghubungkan komunikasi secara langsung dengan PSTN landline, menggunakan system radio VHF disebut 0G yang memungkinkan komunikasi 2 arah bergantian. Karya ini yang menciptakan adalah Galvin Manufactory Corporation (Motorola).

  1. Generasi ke-1

handphone generasi ke 1
handphone generasi ke 1

Tahukah  Anda, pertama kali handphone mulai dikenal orang di tahun 1973 inilah yang disebut 1G. handphone ini adalah karya Martin Cooper. Handphone ini beroperasi 800 Mhz band dengan frekuensi antara 825 Mhz-894 Mhz dikenal istilah AMPS atau menggunakan teknologi analog .

  1. Generasi ke-2

handphone generasi ke 2
handphone generasi ke 2

Setelah generasi pertama telah mendunia, banyak para ahli yang mencoba meneliti handphone tersebut agar lebih sempurna. Kemudian handphone tersebut perlahan mulai canggih dilengkapi panggilan tunggu,pesan suara,sms. Anda juga perlu tahu perbedaan handphone ini sangat terlihat karena memiliki sinyal digital. Generasi ini muncul di tahun 1990-an dengan hasil 2G dan di Amerika Serikat memiliki teknologi CDMA adapun  di wilayah Eropa muncul teknologi GSM.

  1. Generasi ke-3

handphone generasi ke 3
handphone generasi ke 3

Seiring berkembangnya teknologi canggih dan perkembangan zaman, maka muncullah handphone model terbaru atau disebut 3G, handphone ini memiliki fitur dan jaringan lengkap salah satunya internet. Jadi,tidak hanya sebagai komunikasi atau mengirim pesan saja, tetapi juga sebagai akses internet. Sehingga memungkinkan untuk Anda video call’an. Di generasi ke-3 ini terdapat Enchance Datarates for GSM Evolution (EDGE),  CDMA 2000, Wideband-CDMA.

  1. Generasi ke-4

handphone generasi ke 4
handphone generasi ke 4

Nah, seiring pembuatan handphone mulai dari generasi ke 0 hingga sampai generasi ke-4 atau saat ini, handphone inilah yang sudah beredar banyak saat ini, atau disebut sekarang 4G (Fourth Generation). Alat komunikasi ini benar-benar sempurna, mulai dari bentuk handphone sehingga menggenggam dengan sempurna bahkan sampai fitur yang terdapat di handphone ini lengkap. Zaman telah berubah sesuai perkembangannya maka sekarang sudah tidak disebut handphone atau telepon genggam lagi, tetapi berubah menjadi nama smartphone atau ponsel pintar.

Smartphone ini menyediakan fitur baru yang memiliki teknologi nirkabel termasuk Wireless Broadband (WiBro), wireless LAN, 802, 16e, CDMA, Bluetooth dll. Bagaimana tidak? Dikatakan smartphone karena sudah banyak orang tertarik dengan telepon komunikasi tersebut,dengan kecanggihannya, aktivitas apapun yang mereka lakukan, pasti melekat dengan smartphone tersebut. Mulai dari anak sekolah,para pekerja ataupun anak kecil sudah bisa memilikinya dan selalu dibutuhkan  bahkan dibawa kemana-mana. Orang-orang juga bisa menggunakan smaprtphone nya untuk berbisnis sehingga mendapat penghasilan. Wah, canggih bukan, dengan teknologi yang serba modern sehingga mereka tidak sampai ketinggalan zaman, apapun keadaan kehidupan mereka rasakan sesuai dengan teknologi terbarunya.