Perangkat Keras Komputer
Perangkat Keras Komputer

Pengertian dan Macam-macam Perangkat Keras Komputer

Posted on

Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit memberikan informasi untuk anda tentang pengertian dan macam-macam perangkat keras komputer yang mungkin anda belum mengetahuinya. Komputer pada saat ini memang sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Dan juga komputer memiliki komponen-komponen yang biasa disebut dengan hardware.

Dalam dunia komputer, pengertian dari perangkat keras atau bisa disebut hardware adalah sebuah komponen fisik yang membentuk menjadi sistem operasi.

Baca Juga : Budaya Sunda

Selain itu juga hardware sendiri memiliki sifat yang berbeda-beda dengan software yaitu bisa kita lihat, diraba dan berbentk nyata. Jenis-jenis hardware pada komputer tidak hanya tertuju pada bagian dalam komputer saja, melainkan juga semua perangkat yang mendukng kinerja pada komputer tersebut.

Dari pada penasaran dan berlama-lama langsung saja yuk, simak ulasannya dibawah ini dengan benar-benar ya.

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer

  1. Motherboard

Motherboard
Motherboard

Motherboard merupakan sebuah papan sirkuit yang berguna untuk tempat berkumpulnya semua komponen-komponen penting seperti processor, hardisk, RAM dan lain-lain. Motherboard sendiri sebuah papan yang berbentuk PCB dan mempunyai chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang bertugas untuk menghubungkan masing-masing perangkat.

  1. Processor

Processor
Processor

Processor merupakan sebuah IC yang berfungsi mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. processor atau biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). Banyak juga orang yang menyebutnya sebagai otak dari sebuah komputer, karena alat ini berguna untuk melakukan perhitungan maupun memerintah sebuah program yang akan dijalankan oleh komputer tersebut.

  1. Hard Disk

Hard Disk
Hard Disk

Hard Disk atau hard disk drive atau bisa disingkat (HDD) merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk media penyimpanan. Didalam sebuah harddisk ini terdapat lebih dari satu piringan yang berguna sebagai memperbesar kapasitas data yang bisa ditampung leh hard disk tersebut.

  1. PC Cooler/ Heatsink

PC Cooler/ Heatsink
PC Cooler/ Heatsink

PC Cooler/ heatsink adalah perangkat komputer yang berguna sebagai pendingin komputer kalo komputer tersebut sudah panas ketika sedang dijalankan. Karena apabila komputer panas maka akan merusak hardware didalamnya, maka peranan PC cooner/ heatsink sangat penting untuk komputer tersebut.

  1. Monitor

Monitor
Monitor

Monitor adalah jenis perangkat keras yang juga termasuk kedalam kategori alat output yang berguna untuk menampilkan hasil dari pengolahan data berupa grafis. Tapi tiap merk monitor memiliki banyak ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Pada saat ini yang sering digunakan oleh banyak orang yaitu merk monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).

  1. SSD

SSD
SSD

Solid State Drive atau bisa disingkat SSD merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu hard disk. SSD adalah sebuah media penyimpanan yang berbentuk memory solid state untuk penyimpanan data komputer. SSD juga mempunyai fungsi yang sama persisi seper hard disk, tapi sedikit bebeda dengan hard disk.

Cara kerja dari Data SSD yaitu menyimpan di chip-chip memori flash yang saling berhubungan. Dan chip-chip tersebut mempunyai kecepatan dan reliablitasi yang lebih tinggi dari pada USB Thumb Drive (UFD). Bisa kita lihat dari segi harga bahwa SSD lebih mahal dari pada HDD meskipun begitu kedua alat ini mempunyai kapasitas yang sama.

  1. VGA Card

VGA Card
VGA Card

VGA atau Vidio Graphic Adapter merupakan jenis perangkat keras yang berguna sebagai pengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh alat monitor tersebut. VGA ini juga mempunyai processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit) yang biasanya para game maupun designer sangat membutuhkan perangkat keras ini untuk membantu bekerja mereka tanpa ada ini mereka tidak bisa apa-apa.

  1. Optical Drive

Optical Drive
Optical Drive

Optical Drive adalah sebuah alat perangkat keras yang berguna untuk membaca maupun menulis data dari kepingan sebuah CS/DVD yang terdapat pada komputer tersebut. Ada banyak jenis optical drive yang mungkin anda belum tahu yaitu CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Power Supply

Power Supply
Power Supply

Power Supply adalah perangakat keras yang berguna untuk penyuplai daya ke sebuah komponen-komponen agar bisa terhubung ke komponen lainnya, seperti motherboard, processor, VGA, dan sebagainya. Power supply sendiri banyak dibialng sebagai jantungnya komputer karena tanpa ada alat yang satu komputer tidak akan bisa hidup.

  1. RAM

RAM
RAM

RAM atau bisa disebut Random Acces Memory yaitu perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosesor. Prosesor ini berbeda dengan hard disk, karena penyimpanan pada RAM hanya bersifat sementara. Jadi ketika komputer tersebut dimatikan, maka data ataupun instruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ kosong kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.

Baca Juga : Perubahan Sosial Budaya

Sebenarnya sih masih banyak lagi macam-macam perangkat keras yang belum saya berikan untuk anda. Tapi insyallah kalau ada waktu longgar, saya akan memperbaruinya segera, baik sampai di sini dulu artikel yang saya buat untuk anda semoaga bisa bermanfaat bagi anda semua.

Gravatar Image
Seorang Pemuda Yang Ingin Sukses Di Masa Muda