Mari Ketahui Nama Pakaian Adat Dari Seluruh Provinsi Indonesia

Posted on

Hallo apa kabar sahabat jempoltangan.com , saya disini akan membagi ilmu tentang nama pakaian adat yang ada di Negara kita Indonesia ini, sebelumnya pasti kalian sudah tau tentang bagaimana bentuk baju adat di daerah kalian masing-masing.

Baju adat tradisional yang ada di Negara kita Indinesia ini sangatlah banyak dan juga sangat beragam, hal ini merupakan termasuk nilai-nilai budaya yang ada di Negara Indonesia ini yang tidak ternilai ini, dan yang seharusnya kita semua juga yang akan menjaga dan yang melestarikan, kalo bukan kita, lalu siapa lagi, marilah kita sama-sama menjaga dan melestarikan budaya yang Indonesia punya ini.

Dan jangan sampai kita malah care atau peduli ketika budaya-budaya kita akan di klaim oleh Negara lain. Jadi marilah kita sama-sama menjaga kelestarian yang kita semua punya ini, karena belum tentu di dunia lain ada yang seperti di Indonesia ini, yang mudah-mudahan selalu mau melestarikan akan budaya,dan kalau bisa malah membuat Negara kita maju.

Ketahuilah kalian, bahwa Negara Indonesia ini adalah Negara yang kaya, bukan hanya dari sumber daya alam nya saja, tetapi juga nilai-nilai kebudayaan yang juga begitu luhur. Salah satu diantara keluhurannya ialah dari pakaian atau baju adat tradisional, di setiap provinsi tentulah juga memiliki pakaian yang khas daerahnya masing-masing.

Bahkan ada juga yang satu provinsi tetapi memiliki dua,tiga bahkan lebih banyak lagi baju daerah, dan ini adalah kekayaan budaya Indonesia yang sesungguhnya, dan jika kalian penasaran apa dan bagaimana saja pakaian adat berikut saya akan menunjukan pakaian adat seluruh Indonesia.

Pakaian Adat dari Nangroe Aceh Darusalam

Pakaian atau baju adat dari Nangroe Aceh Darusalam namanya adalah Ulee Balang, dan katanya pada zaman dahulu pakaian ini hanya boleh dipakai oleh kalangan yang ada di kerajaan saja, tetapi saat ini hampir semua orang dapat menggunakan pakaian ini.

Pakaian Adat dari Provinsi Sumatera Utara

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Sumatera Utara ini namanya adalah Ulos, kain atau pakain yang terbuat dari ulos ini tidak hanya di kenal di daerah Sumatera Utara , melainkan juga bisa secara nasional.

Pakaian Adat dari Provinsi Sumatera Barat

Pakaian atau baju adat dari provinsi Sumatera Barat namanya adalah pakaian bundo kandung dan pakaian penghulu, pakaian tradisional ini asli dari penduduk asli daerah Minangkabau.

Pakaian adat dari Provinsi Riau

Pakaian adat dari Provinsi Riau adalah pakaian atau baju adat yang asli tradisional dari Melayu, pakaian ini pada umumnya sudah terbagi menjadi 3 pakaian juga menurut daerahnya seperti Indragiri, Bengkalis Riau, Siak Riau.

Pakaian adat dari Provinsi kepulauan Riau

Pakaian atau baju adat dari provinsi kepulauan Riau namanya adalah pakaian atau baju adat Tradisional Melayu, pakaian ini sama dengan pakaian asli dari Provinsi Riau yang bagian daratan.

Pakaian adat dari Provinsi Sumatera Selatan

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Sumatera Selatan namanya adalah Aesan Gede, ada orang yang bilang bahwa pakaian atau baju adat yang asli dari Sumatera Selatan tersebut mendapatkan idea tau terinspirasinya dari zaman Kerajaan Sriwijaya yang juga pernah berjaya dibumi Sematera Selatan ini.

Pakaian adat dari Provinsi Bangka Belitung

Pakaian atau baju adat yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung namanya adalah pakaian Paksian, adapun pakaian ini sangat mirip dengan pakaian yang di Aesan Gede dari Sumatera Selatan.

Pakaian adat dari Provinsi Bengkulu

Pakian atau baju adat dari Provinsi Bengkulu pakaiannya sama seperti pakaian atau baju adat yang ada di daerah Sumatera lainnya, diantara pakaian wanita dan pria juga tidak terlihat perbedaan yang mencolokok, dan biasanya khasnya terletak pada aksesoris yang terbuat dari logam.

Pakaian adat dari Provinsi Lampung

Pakaian adat dari Provinsi Lampung namanya adalah Pakaian Tulang Bawang, pakaian asli Lampung tersebut memiliki perbedaan terletak di antara pakaian yang digunakan didaerah pesisir dan pakaian yang digunakan juga didaerah daratan.

Pakaian adat dari Provinsi DKI Jakarta

Pakaian atau baju adat dari Provinsi DKI Jakarta namanya adalah Pakaian Betawi, pakaian ini mendapat mengaruh (khusunya pada corak) dari berbagai macam daerah bahkan bangsa seperti Arab, Cina, Melayu, dan budaya barat.

Pakaian adat dari Provinsi Jawa Barat

Pakaian atau baju adat dari provinsi jawa barat namanya adalah kebaya, pakaian atau baju adat ini bisa digunakan untuk perempuan daripada laki-laki.

Pakaian adat dari Provinsi Banten

Pakaian atau baju adat dari provinsi banten namanya adalah pakaian atau baju adat pangsi, pakaian atau baju adat ini sering digunakan oleh suku baduy (orang banten) dalam kesehariannya orang banten.

Pakaian adat dari Provinsi Jawa Tengah

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Banten namanya adalah Pakaian Kebaya, pakaian yang hampir mirip dengan pakaian Kebaya yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Pakaian adat dari Provinsi DI Yogyakarta

Pakaian atau baju adat dari Provinsi daerah istimewa Yokyakarta namanya adalah Pakaian atau baju Adat Tradisional Kesatrian, kita juga sering melihat pakaian ini ketika ada acara di kerajaan.

Pakaian adat dari Provinsi Jawa Timur

Pakaian atau baju adat dari Provinsi jawa timur namanya adalah Pesa’an, pakaian ini merupakan pakaian yang asli dari Jawa Timur, yang juga berasal dari daerah Madura dan daerah yang ada di sekitarnya.

Pakaian adat dari Provinsi Bali

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Bali itu sangatlah bervariasi, tetapi jikalau kita semua melihatnya sepintas saja, maka juga akan nampak terlihatnya sama. Lalu secara umumnya pakaian ini juga memiliki banyak sekali ornamen, aksesoris yang juga sangat memiliki nilai dan makna.

Pakaian adat dari Provinsi Nusa Tenggara Barat

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Nusa Tenggara Barat atau sering di singkat dengan singkatan NTB naman bajuya adalah Pakaian atau baju Adat Lombok, pakaian ini juga nampak simple tetapi sarat makna tentunya.

Pakaian adat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan yang biasanya di singkat dengan singkatan NTT juga begitu unik dan sangatlah menarik. Untuk pakaian prianya menggunakan Ti’langga atau aksesoris), dan sedangkan untuk para wanitanya menggunakan kebaya di bagian atas, dengan ukuran yang pendek dan juga kain tenun dibagian bawah.

Pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Barat

Pakain atau baju adat dari Provinsi Kalimantan Barat namanya adalah Pakaian atau baju Adat Perang, pakaian ini tergolong pakaian yang begitu unik seperti layaknya pakaian yang perang. Katanya pakaian ini tergolong sudah lama dipakai oleh masyarakat yang ada disana, dan juga berbahan dasar dari kulit kayu, dan pada umumnya adalah dari kulit kayu ampuro dan kapuo).

Pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Tengah

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Kalimantan Tengah juga hampir sama layaknya pakaian atau baju adat yang di buat Perang, yang asalnya dari provinsi tetangganya yakni Kalimantan Barat.

Pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Selatan

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Kalimantan Selatan ini terdiri dari tempat macam yakni Pengantin Bagajah, Gamuling Baular Lulut, Pengantin Baamar Galung Pancar Matahari, Pengantin Babaju Kun Galung Pacinan dan juga Pengantin Babaju Kubaya Panjang adapun semuanya adalah pakaian dari adat Suku Banjar.

Pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Timur

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Kalimantan Timur juga memiliki kemiripan dengan hampir di seluruh pakain dari adat di wilayah Kalimantan, adapun pakaian atau baju adat ini digunakannya untuk acara-acara tertentu saja, seperti acara perkawinan, acara upacara, tarian, dan juga acara-acara yang besar lainnya, yang diselengarakannya di Kalimantan Timur.

Pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Utara

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Kalimantan Utara namanya adalah Kulavi atau bisa juga disebut dengan Donggala, pakaian adat dari provinsi termuda atau saat menulis artikel ini, Kalimantan Utara ialah Provinsi termuda yang ada di Indonesia ini begitu unik tetapi cukup simple.

Pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Utara

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Sulawesi Utara ini begitu banyak dan juga beragam, di tiap-tiap daerah yang ada di Sulawesi Utara ini juga memiliki pakaian atau baju adatnya masing-masing, bahkan didalam satu daerah juga ada yang memiliki 7 pakaian atau baju adat.

Pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Tengah

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Sulawesi Tengah namanya adalah Pakaian atau baju Adat Tradisional Nggembe yang juga digunakan para remaja khusus yang putri saat ada acara pesta.

Pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Selatan

Pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Selatan namanya adalah Pakaian atau baju Adat Tradisional Bodo, pakaian atau baju adat ini begitu sangat terkenal sehingga ke nasional.

Pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Tenggara

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Sulawesi Tenggara namanya adalah Pakaian atau baju Adat Suku Tolaki, salah satunya suku yang terbesar, yang ada berada diwilayah tersebut.

Pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Barat

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Sulawesi Barat namanya adalah Lipa Saqbe Mandar atau yang didalam bahasa Indonesianya adalah Sarung Sutra Mandar.

Pakaian adat dari Provinsi Gorontalo

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Gorontalo namanya adalah Biliu atau bisa juga disebut dengan pakaian pengantin putrid dan pakaian Mukuta, pakaian pengantin putra yang biasanya pada umumnya pakaian ini digunakan untuk acara pernikahan atau acara perkawinan. Pada umumnya pakaian terdiri dari tiga warna yakni warna ungu, warna kuning keemasan dan juga ada warna hijau.

Pakaian adat dari Provinsi Maluku

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Maluku ini mananya adalah baju cele, dan pada umumnya pakaian asli dari Maluku ini mempunyai motif garis-garis geometris atau kotak-kotak.

Pakaian adat dari Provinsi Maluku Utara

Pakaian atau baju adat dari Provinsi Maluku Utara ini namanya adalah Pakaian Manteren Lamo atau bisa disebut dengan sebutan pakaian Sultan, pakaian ini juga terbilang cukup simple tetapi tetap elegan.

Demikian pengetahuan tentang macam-macam nama pakaian atau baju adat yang ada di Indonesia , mohon maaf bila ada kata dan penulisan yang salah, cukup sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.