Kota Medan

Oleh-Oleh Khas Kota Medan yang Menjadi Pilihan Saat Berkunjung

Posted on

Kota Medan, mendengar kata medan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, Medan adalah ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Dan medan juga termasuk kota terbesar nomer tiga setelah Jakarta dan Surabaya. Wilayah Medan merupakan pintu gerbang bagian barat, karena keberadaannya pelabuhan belawan dan bandar udara  Internasional Kuala Namu yang termasuk bandara daftar bandara nomer kedua di Indonesia.

Indonesia mempunyai keanekaragaman suku dan budaya, Medan terkenal dengan oleh-olehnya yang khas yang perlu kalian coba. Jadi sangatlah sayang jika kamu melewatkan makanan khas Medan ini. Walaupun Medan berada di bagian utara Pulau Sumatera, namun kamu perlu coba kuliner khas dari Medan.

Apasih makanan khas Medan? Apa kalian sudah pernah mencobanya ? mungkin ini sangatlah cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Mari kita simak oleh-oleh khas Medan, berikut ini.

Oleh-Oleh Khas Kota Medan

Bika Ambon

bika ambon
bika ambon

Bika ambon ini makanan khas Medan yang sudah populer di seluruh penjuru Indonesia. Banyak orang yang mengira bahwa bika ambon ini berasal dari Ambon. Tapi ternyata makanan oleh-oleh ini adalah satu satu dari kota Medan. Bika ambon adalah kue yang memiliki warna kuning dan di permukaanya terdapat lubang-lubang kecil. Ini sangat cocok disajikan ketika masih hangat.

Rasa dari bika ambon sangatlah khas dan berbeda dengan yang lainnya. Rasa yang dimiliki sangatlah enak dan apabila dimakan ketika hangat, tapi ketika dingin juga bika ambon tetaplah enak.

Bolu Meranti

bolu meranti
bolu meranti

Mendengar kata bolu, mungkin sudah cukup umum. Namun bolu yang satu ini memiliki cita rasa yang khas dan berbeda. Tekstur dari bolunya lembut dan enak.  Rugi, jika kita berkunjung ke kota Medan namun tidak mencoba bolu meranti ini. Apa si bedanya dengan bolu yang lainnya? Rasa yang dimiliki bolu meranti enak dan lezat jadi bikin anda ketagihan dan ingin membelinnya. Walaupun bentuk dari bolu meranti hampir dengan kue lapis yang lainnya, namun bolu meranti ini berbeda.

Ada banyak varian rasa dari bolu meranti ini, yaitu kacang, nanas, keju, mocca, stroberi, dan masih banyak lagi. dan ada juga yang berbeda yaitu bolu dengan rasa abon dan ayam. Ini perlu kamu coba dan juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Medan.

Durian Medan

durian medan
durian medan

Durian adalah makanan yang memiliki aroma yang khas, banyak orang yang menyukai buah ini, namun sebagian orang ada yang tidak suka dengan aroma dari buah durian ini. Durian medan ini memiliki rasa yang sangat enak dan lezat. Aroma yang ada pada durian Medan ini memberikan rasa nikmat saat memakannya.

Harga durian ini juga lebih mahal dari pada buah yang lainnya. Budidaya buah durian di kota Medan ini sangatlah menarik dan bisa menjadi peluang usaha bagi anda. Jika kamu berkunjung ke Kota Medan. Jangan lupa untuk mencoba durian Medan ini.

Soto medan

soto medan

Soto adalah makanan yang paling cukup populer. Banyak orang yang menyukainnya. Nah, di Kota Medan ini juga ada soto yang menjadi makanan khas dari kota Medan. Soto yang sering dijuluki soto Medan ini mempunyai rasa yang khas dan ini sangat berbeda dengan soto yang lainnya.

Soto Medan ini kaya dengan rempah-rempah, jadi rasanya sangatlah enak dan mantap jika kita mencicipinya. Kelebihan dari soto terletak pada kuahnya yang memiliki rasa yang gurih dan enak. Ini cocok sekali dijadikan sebagai kuliner bagi anda yang berkunjung ke kota Medan.

Manisan jambu

manisan_jambu
manisan_jambu

Manisan jambu, mungkin terdengar asing di telinga kita. Manisan ummnya itu mangga, salak, rambutan, pepaya dan lain sebagainya. Namun, Manisan jambu asli medan ini sangatlah cocok dijadikan oleh-oleh. Karena dari tekstur dan rasanya yang manis ini paling pas dimakan saat siang hari sambil nyantai dan menikmati es segar. Bagi kamu yang ingin manisan jambu, bisa minta tolong ke teman yang asli Medan. Cobain deh pasti enak dan ketagihan.

Teri medan

sambal teri bajak medan
sambal teri bajak medan

Mencari kuliner dengan rasa yang asin, ikan asin bisa anda jadikan sebagai pilihan yang pas. Ikan teri ini sangatlah mudah didapatkan dan ini menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Ikan teri bisa kalian temukan di seluruh pasar Indonesia.

Ikan teri Medan ini sangatlah mudah untuk diolah, salah satunya sebagai bahan pelengkap sambal, cita rasa sambal akan berbeda dan makin nikmat. Dan yang menjadi incaran untuk saat ini adalah teri bajak Medan. Ini bisa anda dapatkan di kota Medan.

Sirup Buah Markisa

sirup pohon pinang
sirup pohon pinang

Sirup buah markisa merpukana minuman khas dari kota Medan, dan ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Sirup buah markisa ini terkenal dengan rasanya yang manis dan segar. Kualitas dari sirup ini tidak perlu diragukan, karena mengandung gula asli. Buah markisa ini dapat ditemukan di dataran tinggi karo, berastagi. Jadi ini merupakan minuman unggulan wilayah tersebut.

Dari banyaknya produk sirup markisa yang ada di kota Medan, produk  sirup markisa pohon pinang dan sarang tawon ini adalah yang paling laris di serbu. Dan ini sudah terkenal sejak lama dan mudah didapatkan di penjuru kota.

Kopi Sidikalang

kopisidikalang
kopisidikalang

Jika kalian berkunjung ke kota Medan, kopi sidikalang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Kopi cukup terkenal di kota Medan. Kopi ini berasal dari daerah sidikalang yang berada di dataran tinggi pada  ketinggian 1472 meter. Kopi sidikalang ini memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Rasa nya sangatlah kuat dan mengandung kafein yang tinggi. Ini sanggta cocok dinikmati untuk kalian yang pecinta kopi.

Bakso Lembu

bakso lembu
bakso lembu

Bakso lembu adalah makanan khas medan. Bakso lembu ini dibuat menggunakan daging lembu, bumbu bakso dan tepung. Rasa dari bakso lembu ini bisa mnegoyang lidah dan tentunya ini tidak kalah dengan bakso di daerah lainnya.

Pancake Medan

pancake-durian-medan-original
pancake-durian-medan

Di kota Medan, pancake durian ini merupakan salah satu makanan favorit, walaupun pancake adalah makanan dari luar Negeri. Banyak varian rasa yang bisa kamu coba dan dapatkan, yaitu salah satunya durian. Rasa dari durian ini sangatlah enak dan pastinya bikin kalian ingin mencobanya. Buruan coba. Barangkali dikota anda sudah ada yang menjualnya.

Demikian diatas adalah oleh-oleh khas Medan yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke kota Medan, semoga bermanfaat dan terimakasih.