obat hati
obat hati

Beberapa Obat Hati Ketika Bersedih Menurut Islam

Posted on

Obat Hati Ketika Bersedih – Berlarut dalam kesedihan yang terus menerus itu sangatlah tidak baik, namuan memiliki sifat bersedih itu hal yang wajar setiap manusia. Kesedihan biasnya sering muncul ketika kita mengingta masa lalu yang sangat berkesan, tidak bisa menerima keadaan dan kondisi, mengalami kegagalan, rasa kecewa, patah hati, stress, dan saat kehilangan seseorang yang sangat berarti.

Ketika bersedih biasanya kita akan langsung reflex menangis, namun jika orang yang menagis itu belum tentu dia menangis. Dan orang yang menangis itu karena dia merasakan perasaan yang senang atau terharu. Bersedih itu sebenernya diperbolehkan dan memiliki dampak bagi tubuh, yaitu untuk membersihkan racun, dan mengungkapkan rasa yang trpendam dengan emosi, namun jika terus berlarut larut itu juga tidak baik.

Kesedihan yang teus menerus ini tidak diperbolehkan dalam islam, karena dapat melupakan kewajiban kepada allah swt dan juga dapat menganiaya dirinya sendiri. Oleh karena itu, janganlah besedih berlarut larut mencoba lah untuk mengikhlaskan dan bersabar. Karena allah tidak akan memberi cobaan melebihi batas kemampuan hambanya.

Dan sesuai dengan firman allah swt yaitu janganlah kamu merasa bersedih, karena sesungguhnya allah swt itu bersama kita. Kita harus yakin itu. Lalu bagaimanakah cara menghilangkan kesedihan itu? Disini saya akan membagikan tips menghilangkan kesedihan. Simak info di bawah ini

Obat hati Ketika Bersedih

bersabar
bersabar

Selalu ingat bahwa Allah Swt bersama kita

Sebagai hamba allah, jika kita mempunyai kesedihan atau masalah sebesar apapun selalu ingatlah bahwa kita itu punya tuhan yang lebih besar, dan kita tidak usah bersedih karena allah swt selalu ada bersama kita. Allah swt lah yang memiliki dunia dan seisinya dan allah lah yang maha kuasa di dunia ini. dengan sifatnya yang maha penyayang dan pengasih.

Allah swt tidak akan pernah memberikan cobaan di luar batas kemampuan kita, dan kita haus selalu yakin dengan berdoa di sertai usaha agar sesuatu hal yang kita lakuan selalu terbekahi. Dan allah tidak akan membiarkan hambanya berda dalam kesedihan yang terus menerus dan sebagai hamba harus selalu yakin bahwa dibalik kesusahan atau kesulitan itu pasti ada kemudahan.

Diibartkan seperti ketika ada hujan deras dan badai, namun ketika semuanya telah usai akan ada pelangi yang menyinari. Dan dengan kita mengingat allah akan membuat hati kita menjadi damai, tentram dan nyaman. Dalam firman allah swt yang isinya “ ingatlah, hanya dengan mengingat allah, hati akan merasa menjdai tentram.” (QS. Ar Ra’d:28)

Berdzikir kepada Allah Swt

Dengan mengucapkan kalimat kalimat yang memuji allah, akan membuat hati semakin damai dan tentram dan dengan berdzikir juga dapat menghilangkan rasa kesedihan, selain dapat mendamaikan dan mentrentramkan juga kita mendapat pahala atau ganjaran yang berlipat dari satu hurufnya. Dan setiap 1 huruf itu 10 pahala. Dan adapun ucapan dzikir yang dapat kita ucapkan yaitu laa haula wala quwwata illa billah dan dasbunallah wa ni’mal waqil. Dzikir tersebut tidak lain untuk meminta banyak pertolongan kepad illahi.

Membaca Al-Quran

Menurut islam obat hati yang sedih adalah dengan membaca atau melantunkan kitab suci al-quran dan membaca alquran itu tidak batasi oleh waktu. Membaca lquran itu boleh ketika kita senang ataupun ketika sedih dan ketika longgar atau keadaan sempit. Ketika membaca alquran akan mendapatkan pahala yang sangat luar biasa dan juga dengan membaca alquran merupakan obat hati yang bersedih dan hati akan menjadi tenang.

Curhat kepada orang yang dapat dipercaya

Ketika kita merasa bersedih pastinya kita membutuhkan saudara atau teman untuk meluangkan isi hati. Dan ketika kita merasa beban masalah yang berat dan dirasakannya sendiri, sehingga kia membutuhkan teman untuk curhat dan membaginya dengan orang lain. Namun jika itu benar-benar aib atau penting carilah orang yang bisa dipercaya. Kaetika meluangkan isi hati, kita akan merasa plong atau lega.

Dan dengan kita curhat kita, seakan akan membagai permasalahan yang telah kita hadapi dan kita juga mendapat solusi dan saran dari orang lain. Agar kita bisa lebih baik dan intropeksi lagi.

Jangan menyesal

Saat kita ada posisi kegagalan pastinya akan timbul rasa penyesalan, karena pada hakikatnya penyesalan itu selalu ada di akhir. Namun, penyesalan yang berlarut larut itu membuat hati menjadi sedih. Hilangkan dan lupakan kesalahan yang akan membuat kita menyesal dan bersedih dan intropeksi dan diri dan lakukan hal yang baik di hari esok agar kita mendapatkan hasil yang lebih baik.  Jadikanlah kegagalanmu saat ini sebagai pelajaran di masa yang akan mendatang.

Hindari rasa minder atau kurang percaya diri

Biasanya ketika kita bersedih, karena kita memiliki rasa iri terhadap orang lain. Karena memiliki kecukupan dan bisa melakukan apa saja yang melebihi kita. Seperti barang mewah, lebih pintar dari kita, mapan, kaya atau status sosial. Namun, kita harus menyadari dan mersa beruntungnya kita karena masih ada orang yang tidak mampu di sekelilingi kita. Dan masih banyak juga orang yang kurang beruntung dari kita.

Oleh karena itu jangan bersedih. Jadikanlah orang yang diatas kita sebagai acuan agar kita bisa semangat untuk mendapatkan hal yang baik.

Sholat sunnah

Ketika kita sedang terkena musibah atau masalah alangkah baiknya kita mengadu atau curhat kepada sang illahi, dan dengan kita mengerjakan sholat itu adalah bentuk kita saling berkomunikasi kepada allah swt. Dan yakinlah bahwa Allah Swt itu lebih dekat dari pada apa yang kita bayangkan. Dan allah swt itu maha mendengar dan dapat melihat kita, jadi doa dan perkataan apa saja allah pasti mendengarnya. Dan dengan sholat sunnah akan membuat hati menjadi tentram dan damai.

Bersabar

Jika kita terkena masalah atau cobaan, maka bersabarlah karena akan membuat hati menjadi tenang dan lebih iklas dalam segala hal. Dan allah swt menjanjikan kepada orang yang sabar akan bersamanya. Kita harus yakin itu.

Demikianlah diatas obat hati ketika bersedih, alangkah baiknya kita jangan berlarut larut dalam kesedihan. Mengikhlaskan dan bersabarlah dalam segala hal. Semoga bermanfaat dan terima kasih