Wow! Ini Dia Negara yang Memiliki Julukan Serta Alasannya Wajib Kamu Ketahui

Posted on

Halo sobat, bertemu kembali dengan artikel saya. Kali ini saya akan membahas tentang julukan di Negara dunia beserta alasannya, membahas soal julukan Negara serta alasannya, pasti sobat penasaran kan? Kenapa Negara-Negara memiliki julukan masing-masing. Seperti Belanda sebagai Negara Kincir Angin, Amerika Serikat sebagai Negeri Paman Sam yang sudah pernah saya bahas dilain waktu, Indonesia sebagai Zamrud Khatulistiwa dan masih banyak Negara lainnya.

negara di dunia
negara di dunia

Hm, penasaran bukan? mungkin selama ini sobat hanya tahu julukannya saja kan, tetapi alasannya masih bingung. Artikel ini juga sangat bermanfaat sekali bagi kamu sehingga dapat menambah wawasan pengetahuan serta sangat cocok sekali bagi kamu yang masih usia sekolah baik tingkat dasar maupun menengah. Karena julukan Negara ini juga biasanya muncul di dalam materi pengetahuan gegografi.

Nah, ingin mengetahui alasannya lebih lanjut? Oke, simak ya artikel berikut ini!

negara amerika serikat
negara amerika serikat
  1. Amerika Serikat “Negeri Paman Sam”

Negara yang pertama adalah Amerika Serikat, pasti kamu sering mendengar Negara ini kan? Ya, Negara ini juga dijuluki sebagai Negeri Paman Sam. Karena nama julukan ini awalnya berasal dari seorang penyupplai daging bertong-tong untuk para tentara tepatnya berada di New York. Orang tersebut bernama Samuel Wilson di tahun 1812. Samuel Wilson mengecap tong itu dengan huruf US (United States) tetapi para tentaar mengira bahwa kata itu artinya Uncle Sam (Paman Sam). Sehingga kejadian ini masuk ke dalam berita Koran lokal dan diterima di Amerika Serikat sebagai julukan “Paman Sam”. Kemudian hal ini diresmikan pada tanggal 7 September 1813. Perlu sobat ketahui juga, ternyata negeri Paman Sam ini termasuk salah satu penghasil film Hollywood terbaik lho, jika kamu sering melihat film-film luar negeri kebanyakan produksi fiml tersebut berasal dari Amerika Serikat. Selain itu, Negara ini juga termasuk Negara adikuasa atau adidaya karena memiliki kekuasaan lebih dalam bidang politik internasional.

  1. Australia “Negeri Kanguru”

Siapa yang tak kenal dengan Negara tetangga Indonesia ini yang berada di sebelah selatan? Ya, Negara Australia, Negara ini sudah menjadi terkenal di Negara-Negara dunia. Selain menjadi salah satu Negara maju, Negara Australia ini juga dijuluki sebagai “Negeri Kanguru”. Kanguru atau Kangguru ini menjadi salah satu binatang satwa di Australia. Kangguru merupakan hewan berkaki 4,dua kaki panjang di belakang,dua kaki pendek di depan dan kaki depan ini digunakan untuk meloncat. Terdapat tubuh unik yaitu ada kantong untuk melindungi anak-anaknya. Di dalam Nama Kangguru sendiri diambil dari bahasa suku asli Australia yaitu Aborogin yakni Gangguru. Kabgguru juga dapat ditemukan di papua Nugini dan papua, Indonesia. Namun jumlah speciesnya sangat sedikit. Dan di luar Australia juga jarang dijumpai. Hanya di Australia yang memiliki jumlah species yang banyak. Inilah yang membuat Negara Australia dijuluki sebagai “Negeri Kangguru”.

  1. China atau Tiongkok “Negeri Tirai Bambu”

Siapa yanhg tak pernah dengar julukan “Tirai Bambu” ini? Ya, julukan ini sangat terkenal di wilayah Asia yaitu China. Karena tanaman bambu China sangat terkenal. Bambu China tau disebut Bambusa Multiplex terkenal karena kualitasnya terbaik dan diakui diseluruh dunia. Bambu China ini sangat kuat dan tak mudah untuk dipatahkan. Kenapa Negara China disebut tirai? Karena mereka sangat tertutup dengan dunia luar bahkan Negara-negara sekitarnya mereka dipercaya karena menganut paham sosialis. Inilah kenapa Negara China dijuluki sebagai “Negara Tirai Bambu”.

  1. Indonesia “Zamrud Khatulistiwa”

Indonesia, Ya negeri tanah air ini memiliki banyak keistimewaannya. Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar yang dilalui oleh garis ekuator atau khatulistiwa. Inilah yang disebut Negeri Indonesia sebagai “Zamrud Khatulistiwa”. DI Indonesia sendiri terdapat Kota yang dilalui garis khatulisitwa dengan tepat yaitu Pontianak yang terdapat di Kalimantan Barat. Secara astronomis Indonesia juga terletak di 60 LU- 110 LS dan 950 BT- 1410 BT. Indonesia disebut sebagai Zamrud karena sangat indah karena kata-kata ini sangat cocok yang mencerminkan keindahan Negara Indonesia. Kata “Zamrud Khatulistiwa” memiliki makna yaitu keindahan batu zamrud kemudian dilintasi garis khatulistiwa.

  1. Belanda “Negeri Kincir Angin”

Siapa yang tak kenal dengan kincir angin? Ya, ternyata selain mainan, kincir angin juga menjadi julukan di Negara lain yaitu Belanda. Dibalik nama julukan yang terdapat pada Belanda ini, karena di Belanda hampir 70% wilayah terdiri dari laut, untuk memperluas wilayah tersebut, kemudian di tepi pantai yang mengelilingi Belanda dikeruk dan dibuat bendungan. Sehingga dalam proyek inilah kincir angin sangat berperan sebagai alat pengalihan kemudian dengan semakin canggihnya teknologi, kincir angin digunakan dalam bidang industri maupun pertanian.

  1. Thailand “Negeri Gajah Putih atau 1000 Pagoda”

Siapa yang tak kenal dengan Negara yang berada di Asia ini? Ya, Negara Thailand, Negara ini dijuluki sebagai “Gajah Putih” Sebenarnya gajah putih adalah hanya sebutan penamaan dan penggambaran semata saja. Karena di Thailand, gajah termasuk binatang yang suci. Di jaman dulu memang terdapat gajah putih yang ditumpangi sang Buddha Siddhartha Gautama menuju pohon suci untuk melakukan tapa. Lalu para Raja, juga memerintahkan untuk menemukan gajah putih dan diserahkan untuk melakukan upacara adat khusus. Dan Gajah Putih juga diyakini sebagai memperkokoh kerajaan dan keberkahan. Tradisi ini yang membuat Thailand dijuluki sebagai “Gajah Putih”.

  1. Jepang “Negeri Sakura atau Matahari Terbit”

Pasti kalian sering mendengar nama 2 julukan itu bukan? Ya, pertama kenapa dijuluki sebagai “Negeri Sakura” karena memiliki banyak bunga khas yaitu bunga sakura. Julukan kedua sebagai “Negeri Matahari Terbit” atau dalam Bahasa Jepangnya adalah Nippon atau Nihon karena menurut legenda, Kaisar Jepang adalah putra Dewa Matahari, bahkan bendera itu juga dari bendera Dewa tersebut. Itulah yang membuat Jepang dijuluki sebagai “Matahari Terbit”. Namun kata Nippon atau Nihon juga terdapat dalam mata uang, taaupun nama dalam kehidupan sehari-hari tetapi artinya sama halnya dengan Matahari Terbit. Selain itu, Tahukah sobat, meskipun Negara ini sangat kecil, tetapi membawa pengaruh besar di era modern karena teknologi yang semakin canggih. Jepang juga salah satu Negara Maju di dunia.

  1. Brazil “Negeri Samba”

Negara ini memiliki tarian yang unik dan khas yaitu Samba. Kebudayaan tarian Samba ini yang membuat Negara Brazil terkenal aka tariannya. Negara ini juga berbentuk seperti Negara Latin.  Tari Samba juga memiliki keunikan tersendiri yaitu dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari ataupun kegiatan seperti sepak bola. Sehingga tim sepak bola brazil juga disebut sebagai tim Samba.

  1. Filiphina “Negara Lumbung Padi”

Negara yang terdapat di Asia ini terkenal karena pertanian padi. Pertanian padi bukit Filiphina ini terletak di lereng-lereng Gunug Ifuago yang memiliki ketinggian 5000 kaki di atas permukaan air laut dan luas ladangnya pun mencapai 4000 mil persegi dan pertaniannya secara tradisional tanpa adanya pupuk. Petanian ini sudah dikenal sejak lama sekitar 2000 tahun silam oleh Suku Batad. Pertanian padi bukit Filiphina juga diakui warisan dunia oleh UNESCO ditahun 1995.

  1. Irak “Negeri 1001 Malam”

Jika sobat mendengar kata-kata itu, pasti dalam pikirannya akan menuju pada daerah timur tengah yaitu Irak. Irak, dahulu termasuk dalam wilayah Persia, dan jukukan ini diambil dari kisah dahulu yaitu diceritakan ada seorang Sultan di daratan Persia bernama Raja Syahriar bahwa raja telah menangkap basah istrinya kala itu sedang berselingkuh, kemudian raja marah dan memberikan hukuman pancung terhadap istrinya bernama Syahrazad dan juga pria yang diselingkuhinya itu. Tetapi ketika sebelum hukuman di jatuhkan, setiap malam Syahrazad selalu memberikan ceria kepada sang Raja namun cerita tersebut selalu berakhir dengan menggantung atau suspense. Maksudnya cerita dalam cerita. Cerita-cerita Syahrazad yang terkenal saat kisahnya seperti Ali Baba, Abu Nawas, Aladdin dan Lampu Wasiat,Harun Ar-Rasyid,Sinbag Sang Pelaut dll. Ahirnya singkat cerita Syahrazad terbebas dari hukuman pancung dan dunia mendapat 1001 cerita sehingga Raja Shahriar menarik hukuman. Kini Syahrazad tetap dicintai oleh Raja dan masyarakatnya.

  1. Korea Selatan “Negeri Ginseng”

Siapa yang tak kenal dengan Negara satu ini? Ya, Negara Korea atau “Negeri Ginseng” ini sangat terkenal dengan K-pop nya. Memiliki wajah yang cantik jelita dan kulit halus sehingga Negara ini sangat terkenal di dunia akan entertainmentnya. Negeri Ginseng dijadikan julukan karena banyak memiliki tanaman Ginseng yang dibudidayakannya. Biasanyan ginseng dijadikan sebgaia sayur untuk dikonsumsi sehari-hari. Tanaman ginseng juga memilik banyak manfaat. Maka tak heran jika Korea Selatan disebut sebagai “Negeri Ginseng”.

  1. Singapura “Negeri 1001 Larangan”

Jika kamu mengetahui bahwa Irak “Negeri 1001 Malam”, namun, Singapura merupakan “Negeri 1001 Larangan”, sebenarnya jika kamu berkunjung ke SIngapura tak banyak larangan dari pemerintah. Namun peraturannya sangat ketat. Sehingga masyaraktanya seperti tak dapat bergerak. Namun pertauran itu membawa dampak positif sehingga meskipun Negara tersenut sangat kecil merupakan Negara sangat bersih,disiplin dan salah satu Negara maju di dunia.

  1. Inggris “The Black Country”

“The Black Country” arti dari Negara ini adalah Negara hitam? Kenapa disebut itu? Karena Negara Inggris juga salah satu Negara Maju di dunia karena keberhasilannya di bidang industri. Bahkan Negara ini menjadi kiblatnya industri di negara-negara lain. Nama ini berasal dari United Kingdom atau Inggris. Pusat industri Negara ini berada di Birmingham dan Sheffield. Nah, udara tersebut selalau berwarna hitam karena tertutup asap-asap industri yang banyak. Inilah yang membuat Inggris idjuluki sebagai “The Black Country”.

  1. Bulgaria “ Negeri Kuntum Mawar”

Pasti kamu sering mendengar nama bunga mawar bukan? Ya, ternyata juga ada Negara penghasil minyak mawar terbaik dan termahal di dunia lho, yaitu Bulgaria. Sehingga Negara ini dijuluki sebagai “Negeri Kuntum Mawar”. Minyak mawar ini yang dijadikan sebagai campuran parfum original karena bunga mawar sendiri memiliki wangi yang sangat pekat. Itulah kenapa dijuluki sebagai “Negeri Kuntum Mawar”. Tapi tak banyak orang mengetahui julukan tersebut.

  1. Perancis atau Paris “Kota Mode”

Perancis atau Paris, siapa yang tak kenal dengan Negara ini? Ya, terkenal dengan bangunan arsitektur Menara Eiffel nya. Selain itu, Perancis juga merupakan salah satu kota mode, karena merupakan pusat utama industri modenya seperti desain,ritel,produksi,pameran dll. Jika Anda berkunjung ke kota ini jangan kaget jika menjumpai fashion-fashion modis dan ternama. Namun, saat ini tidak hanya Perancis saja yang menjadi pusat mode tak hanya Perancis kemudian disusul oleh New York,London,Milan.

  1. Italia “Negeri Spaghetti”

Siapa yang sering mendengar spaghetti? Ya, makanan yang menjadi promadona terutama di Negara Indonesia ini sangat lezat. Bahkan di belahan dunia sudah banayak yang memburu makanan ini. Mungkin tak banyak orang yang mengetahui asal makanan ini, yang penting rasanya khas dan lezat. Ternyata spaghetti berasal dari Italia, makanan mie yang berbentuk lidi kemudian dimasak 9 hingga 12 menit dalam air mendidih al dente artinya tidak lengket di gigi. Ya rasanya sangat lezat yang disajikan dengan siraman saos daging cincang dan parutan keju parmesan. Spgahetti yang terkenal biasanya adalah ala Bolognesse. Selain itu, macamnya pun sangat bervariasi sehingga Negara ini sangat cocok dijuluki sebagai “Negeri Spaghetti”.

  1. Myanmar “Tanah Emas”

Sama halnya dengan Indonesia, Penghasil tambang terbesar juga dihasilkan oleh Myanmar. Ya, Myanmar salah satu Negara penghasil SDA terbesar di dunia. Karena memiliki kekayaan melimpah sehingga tak jarang orang menjuluki Negara ini sebagai “Tanah Emas”. Selain itu, hutan hujan tropis dengan kayu langka juga dimilikinya sehingga menjadi rumah bagi satwa liar.

  1. Selandia baru “Negeri Kiwi”

Sama seperti Australia yang memiliki fauna Kangguru sehingga dijuluki “Negeri Kangguru”. Negara Selandia Baru ini juga memiliki burung bernama Burung Kiwi. Species burung ini adalah burung yang tidak dapat terbang dan speciesnya pun ternaytas hanya ada di wilayah Selandia Baru saja. Inilah kenapa Selandia Baru disebut “Negeri Kiwi”.

  1. Nepal ”Negeri 1000 Kuil”

Nama julukan ini sangat cocok diberikan kepada Negara Nepal karena kuilnya sangat banyak, bukan bermaksud untuk berlebihan tapi memang berdasarkan fakta. Dalam satu komplek dapat menemukan banyak kuil bahkan ratusan candi baik yang besar maupun kecil di wilayah dinasti monarki. Di Lembah Kathmandu sekitar 7 komleks kuil Hindu-Budha. Sehingga kuil tercatat dalam UNESCO sebagai situs warisan dunia.

  1. Saudi Arabia “Negara Minyak”

Siapa yang tak kenal dengan Negara ini? Ya, yang sering kita dengar ketika ada ibadah Haji atau Umroh. Ya, ternyata Saudi Arabia merupakan Negeri tersohor di Wilayah Timur Tengah sehingga mendapat julukan sebagai “Negara Minyak”. Bagaimana tidak, Negara ini memiliki kekayaan minyak terbesar, penghasilannya juga didapat dari minyak. Sehingga menjadikannya sebagai sektor utama. Pihak dari keluarga Kerajaan Saudi Arabia juga mampu membentuk peran permainan dan kekuatan, baik berada dalam negeri atau luar negeri. Sehingga pantas dijuluki sebagai “Negara Minyak”.

Itulah beberapa Negara yang memiliki julukan dan alasannya. Bagaimana? apakah sobat sekarang sudah mengetahuinya? Memang ada beberapa Negara mendapat julukan sesuai penghasilan utamanya, budidaya flora fauna ataupun modenya. Kini sobat tak hanya sekedar mengetahui julukan Negara saja, tetapi mengetahui alasan atau peristiwa yang terjadi dibalik julukan itu. Eits, Negara yang tak memiliki julukan bukan berarti tak memiliki perisitwa atau sejarahnya lho.

Semoga bermanfaat bagi sobat dan bisa menjadi pengetahuan seputar Negara-Negara di dunia.

Sekian, sampai jumpa di episode artikel berikutnya ya…