Berikut 8 Negara yang Memiliki Pendidikan Terbaik Di Dunia

Posted on

Negara pendidikan terbaik di dunia – Membahas soal pendidikan, memang sudah seharusnya seseorang wajib mendapat pendidikan. Baik pendidikan formal atau non formal. Pendidikan memang sangat signifikan dan berperan untuk perkembangan seseorang mulai dari balita hingga dewasa. Pendidikan juga yang menentukan kualitas diri seseorang. Pendidikan bisa didapat darimana saja, baik di sekolah,bimbingan belajar, nasehat atau amanat dari orang lain. Tidak serta merta di lingkungan sekolah. Namun, pendidikan resmi memang harus didapat dari sekolah karena di sekolah diajarkan tentang pengetahuan,perhitungan, pesan dari seorang guru,belajar untuk bersosialisasi terhadap teman, dan bagaimana mengatasi masalah yang dialami dari diri sendiri.

Sistem pendidikan juga menjadi salah satu penentuan kualitas bangsa. Pendidikan memang salah satu faktor yang menentukan suatu Negara maju tidaknya atau berkualitas tidaknya tergantung dari sistem pendidikannya. Coba saja kita lihat dunia, di berbagai Negara salah satunya adalah Negara Maju, mereka bisa menjadikan negaranya Maju karena kualitas sistem pendidikan.

Maka, disini akan saya ulas sedikit tentang Negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan seperti apa yang membuat Negara mereka maju dan pendidikan dengan kualitas terbaik? Simak artikel berikut ini!

  1. Korea Selatan

pendidikan di korea selatan
pendidikan di korea selatan

Pasti Anda sangat kenal dengan Negara yang satu ini, ya Negara ginseng ini selain populer dengan K-POP nya yang mendunia. Ternyata memiliki system pendidikan terbaik lho. Ketika di tahun 2016, penelitian menunjukkan bahwa Korea Selatan berhasil mendahulukan Jepang dalam system pendidikannya karena memang saat ini Korea Selatan memiliki system pendidikan yang keras tetapi cermat bahkan karena amat kerasnya disana mereka hampir tak merasakan hari libur. Tak jarang dan tak heran jika disana banyak sekolah yang mewajibkannya belajar dalam kurun 7 hari selain itu mereka juga mengakses internet tinggi untuk kegiatan belajar sekolah mereka.

  1. Kanada

pendidikaan di kanada
pendidikaan di kanada

Di Negara yang satu ini juga tak kalah dengan Korea Selatan karena memiliki kualitas dan standar pendidikan tinggi menjadikannya terbaik di dunia. Negara yang yang terletak di Amerika Utara ini memiliki anggaran yang cukup besar untuk membantu melancarkan dan meningkatkan kualitas pendidikannya. Pemerintahannya juga sangat bertanggung jawab. Di kanada juga membuat kalender pendidikan yang dihitung harinya 180 samoai 190 hari sehingga kualitas siswa ataupun mahasiswa menjadi lebih produktif dan sanagt siap untuk berkompetisi bahkan di dunia kerja.

  1. Jepang

pendidikan di jepang
pendidikan di jepang

Jepang memang sejak dulu hingga sekarang selalu maju dalam bidang apapun. Mulai dari tekonologi, kendaraan, pendapatan perkapita bahkan system pendidikannya. Maka tak salah Jepang menjadi Negara maju dan terbaik di dunia. Jepang memang memiliki prinsip yang sangat baik sehingga membuat SDM sangat berkualitas. Selain itu, Jeoang juga menghargai tradisi dan selalu menjunjung tinggi dalam etikanya dan yang paling utama adalah sang guru.

Mereka juga sangat tertib dan mentaati peraturan baik lingkungan maupun sekolah. Murid dalam sekolahnya juga membatasi kurang lebih 28 siswa perkelasnya sehingga belajar lebih efektif. Banayak pembelajaran yang kreatif,inovatif serta pengajaran penuh dari huru sehingga membuat mereka semangat dalam belajar dan berlomba-lomba untuk memasuki sekolah favorit.

Di Indonesia saja banyak mahasiswa ataupun guru yang ingin menempuh pendidikan lebih lanjut ke Jepang  bahkan ada yang mendapat beasisiwa untuk studi di sana karena utnuk melakukan riset di Negara Jepang.

  1. Finlandia

pendidikan di finlandia
pendidikan di finlandia

FInlandia juga merupakan pendidikan terbaik di dunia. Sebelumnya Finlandia pernah mendudduki urutan pertama dalam system pendidikan. Namun, akhir-akhir ini menjadi peringkat ke-4 karena terdapat perubahan dari pemerintah terdapat prubahan kebijakan sistem pembelajarannya yaitu tidak ada biaya gratis dalam dunia perkuliahan.  Namun, masih banyak hal yang positif seperti terdapat bebas biaya dalam pembelajaran sekolah, tidak adanya seragam dan pembelajaran UN serta suasana belajar masih tergolong informal. Namun, hal ini yang membuat Finlandia masih menjadi Negara dengan system pendidikan terbaik di dunia. Karena mereka memiliki prinsip untuk memilih guru-guru yang terbaik dan memberikan kecintaan terhadap siswa terutama usia dini.

  1. Irlandia

pendidikan di irlandia
pendidikan di irlandia

Irlandia merupakan Negara dengan memiliki sistem pendidikan terbaik. Pendidikannya juga sebenarnya hampir sama dengan Indonesia. Karena disana anak-anak juga tidak wajib bersekolah di usia 6 tahun. Namun, hampir 65 % dari mereka menyekolahkan balita hingga 4 tahun ke jenjang TK. Di sekolah nya juga menyediakan biaya gratis dan tingkat melek huruf juga mencapai 99%.

  1. Inggris

pendidikan di inggris
pendidikan di inggris

Meskipun di Inggris memiliki kebijakan pendidikan yang sedikit berbeda dan terdapat system otonomi daerahnya sehingga berpengaruh terhadap pendiidkannya. Namun, Inggris tetap menjadikan system pendidikannya menjadi terbaik di dunia. Karena termasuk pusat sekitar 170 institut dan 500 pendidikan lanjutan ayng memberikan mata kulaih sesuai dengan kemampuannya dan tidak akan ditemukan di tempat bahkan Negara lain. Program kuliah dan institutnya juga dipantau dan sistem yang teratur. Sehingga Inggris dapat memberikan jaminan kualitas system pendidikan terbaik sehingga mampu bersaing dengan hegara lain dan telah diakui di Internasional.

  1. Singapura

pendidikan di inggris
pendidikan di inggris

Siapa yang tak kenal dengan Negara yang satu ini? Ya, Negara ini terletak di Asia Tenggara dan menjadi Negara tetangga Indonesia. Meskipun negaranya sangat kecil dan sedikit memiliki SDA. Tetapi Negara ini mampu membawa perubahan dunia dan menjadi salah satu Negara Maju di dunia. Bagaimana tidak pemerintahannya sangat otoriter dan memiliki etos kerja yang tinggi maka tak salah jika Singapura juga memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Karena Singapura juga sangat berkomitmen dalam mebangun ekonomi melalui basis pendidkan dan penegtahuan. Selain itu, Singapura juga memiliki kualitas pengajar dan infrastruktur yang sangat baik sehingga telah diakui oleh dunia.

Baca : Fakta Menarik Negara Maju Singapura

  1. Belanda

pendidikan di belanda
pendidikan di belanda

Negara ini memang salah satu negaar yang pernah menjajah Indonesia selama 2 ½ abad. Tetapi dengan kemajuan teknologi dan perkembangan jaman. Belanda memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Karena pemerintahan Belanda berusaha untuk memberikan kesejahteraan kepada siswa-siswinya dan memberikan pendidikan global dengan lainnya. Di Belanda juga tidak emmberikan pekerjaan rumah sehingga membuat anak-anak strss dan mereka jyga mengajarkan pembelajaran agama terhadap siswa-siswinya. Itulah mengaoa Belanda menjadi salah satu yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.

Itulah 8 Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Nah, bagaimana dengan Indonesia? Jika saja semua orang memiliki kemauan dan etos kerja yang tinggi maka masyarakat bangsa Indonesia juga tak kalah dengan Negara-negara lain. Pasti bisa membawa nama bangsa Indonesia menjadi yang terbaik. Karena kita yakin bahwa di Indonesia sebenarnya memiliki banyak orang-orang yang sangat cerdas hanya saja terhalang oleh ekonomi dan dukungan yang kurang dari orang sekitarnya. Sekian semoga bermanfaat bagi Anda dan bisa menjadi motivasi untuk selalu semangat dalam menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.